Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rekrutmen Pendamping PPH Kemenag (H-227(945))

Rekrutmen Pendamping PPH Kemenag (H-227(945))

Kementerian Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama (BPJPH) memberikan kesempatan kepada putra-putri Indonesia yang berpendidikan minimal SLTA untuk menjadi Tenaga Pendamping Proses Produk Halal (PPH)

Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham mengatakan, rekrutmen pendamping PPH ini dilakukan dalam rangka mempercepat pencapaian target 10 juta produk bersertifikat halal tahun 2022.

"Para Pendamping PPH ini nantinya bertugas untuk membantu proses sertifikasi halal dengan mekanisme pernyataan pelaku usaha (self declare)," ujar Aqil, Jumat (12/8/2022) seperti dikutip dari laman kulonprogo.kemenag.go.id.

Aqil menyampaikan, rekrutmen Pendamping PPH ini dilakukan di 229 kecamatan pada 13 provinsi di Indonesia, yaitu Bali, Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

“Provinsi-provinsi ini menjadi target percepatan sertifikasi halal semester ke-2 tahun 2022 ini,” ungkap Aqil.

Ia menambahkan, Pendamping PPH adalah orang perorangan yang melakukan proses pendampingan PPH.

“Biasanya, rekrutmen Pendamping PPH dilakukan oleh Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LPPPH). Tapi untuk kali ini, kita laksanakan secara terpusat melalui laman ptsp.halal.go.id,” ujar Aqil.

Proses pendaftaran dilakukan secara online pada 15-31 Agustus 2022 melalui laman ptsp.halal.go.id.

Syarat lowongan pendamping proses produk halal

Untuk menjadi pendamping PPH, ada beberapa syarat harus dipenuhi pelamar:

-Warga negara Indonesia (WNI)

-Beragama Islam

-Memiliki wawasan luas dan memahami syariat mengenai kehalalan produk

-Berpendidikan paling rendah lulusan MA/SMA atau sederajat

-Memiliki rekening bank yang masih berlaku

Para pelamar nantinya akan mengikuti proses pelatihan di Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LPPPH) yang mereka pilih.

Bagi pelamar yang lolos dan mendapatkan sertifikat, maka mereka berhak menjadi pendamping PPH.

Menurut Aqil, kuota pendamping PPH yang disediakan adalah 6.179 orang.

Kuota rekrutmen pendamping PPH per provinsi

Menurutnya, proses rekrutmen pendamping PPH dilakukan 229 kecamatan pada 13 provinsi di Indonesia.

Provinsi-provinsi tersebut adalah Bali, Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

"Provinsi-provinsi ini menjadi target percepatan sertifikasi halal semester kedua tahun 2022 ini," jelas dia.

Berikut kuota rekrutmen pendamping PPH per provinsi:

-Bali: 242 orang

-Banten: 100 orang

-DI Yogyakarta: 114 orang

-DKI Jakarta: 318 orang

-Jawa Barat: 3.600 orang

-Jawa Tengah: 800 orang

-Jawa Timur: 300 orang

-Kalimantan Timur: 11 orang

-Kepulauan Bangka Belitung: 33 orang

-Riau: 17 orang

-Sulawesi Tengah: 400 orang

-Sumatera Selatan: 205 orang

-Sumatera Utara: 100 orang

Sebagai persiapan, calon pelamar dapat mempelajari kriteria produk yang masuk kategori self declare pada laman ini.

Self declare tersebut sesuai dengan Keputusan Kepala BPJPH nomor 33 Tahun 2022.

Seperti diketahui, pendampingan PPH Merupakan proses verifikasi dan validasi pernyataan kehalalan oleh pelaku usaha (self declare).

Tahun ini, BPJPH memberikan fasilitasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) sebesar 25 ribu kuota.

Ayo manfaatkan kesempatan bagi kalian yang masih belum bekerja untuk menjadi tenaga PPH semoga bermanfaat

Madrasahku, 15 Agustus 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan p Haji sllu informatif. Trmksh sdh berbagi

15 Aug
Balas

Alhamdulillah bisa berbagi Bu Siska

15 Aug

Informasi yang sangat berarti, tks Pak Syaihu, sehat selalu

15 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah

15 Aug

Kesempatan bagus

15 Aug
Balas

Silahkan dimanfaatkan

15 Aug

Kesempatan bagus

15 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah

15 Aug

Kesempatan bagus

15 Aug
Balas

Kesempatan bagus

15 Aug
Balas

Kesempatan bagus

15 Aug
Balas

Kesempatan bagus

15 Aug
Balas

Alhamdulillah

15 Aug

Kesempatan bagus pakde bagi yg blom mendapatkan pekerjaan

15 Aug
Balas

Alhamdulillah silahkan dibagikan kalau diperlukan, Barokallah

15 Aug

Ulasan yang sangat informatif Pak Ahmad, salam sehat dan sukses selalu.

15 Aug
Balas

Alhamdulillah bisa berbagi mudah-mudahan bermanfaat

15 Aug

Kesempatan bagus bagi yg blum mendapatkan pekerjaan..halal dan barokah..

15 Aug
Balas

Alhamdulillah bisa jadi bursa kerja yang menarik

15 Aug

Semoga Papua juga bisa jadi target dan sasaran berikutnya, salam literasi pak syaikhu

15 Aug
Balas

Alhamdulillah Pak Suparman, Barokallah

15 Aug



search

New Post