Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Satu Abad NU, Merawat Jagat Membangun Peradaban (1120)

Satu Abad NU, Merawat Jagat Membangun Peradaban (1120)

Nahdlatul Ulama akan melaksanakan puncak Peringatan Hari Lahirnya yang dikemas dalam acara Resepsi Puncak Satu Abad Nahdhatul Ulama, Selasa 7 Februari 2023 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Pada puncak acara esuk hari akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, para menteri kabinet bersatu para ulama, ratusan ribu warga Nahdliyyin dari seluruh Indonesia bahkan perwakilan dari cabang NU di seluruh dunia.

Mulai sore ini pengaturan kendaraan yang menuju ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo sudah diatur oleh Polda Jatim.

Polda Jatim dibantu 40.000 Banser siap mengamankan dan mengatur lalu lintas dan kendaraan peserta yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya kedatangan warga Nahdliyyin dari Wilayah Indonesia Timur yang menggunakan angkutan Kapal Laut. Dari Bandara Juanda kedatangan peserta dari seluruh Indonesia dan dunia lewat jalur udara.

Gerbang tol Sidoarjo, Waru, Tanggul Angin dan Porong untuk pengguna mobil dari seluruh Wilayah Jawa, Bali dan Sumatera.

Akan di atur penempatannya oleh Polisi yang dibantu anggota Banser dan organisasi kepemudaan lainnya.

Tema Peringatan Harlah 1 Abad NU : 

"Merawat Jagat, Membangun Peradaban"

24 Jam Nonstop Acara Puncak Peringatan 1 Abad NU

Acara Awal Mulai Pukul 00-00 - 06.00 WIB ( Selasa, 7 Februari 2023)

Acara Ritual Keagaman

1. Qiyamul lail. Kegiatan tersebut akan diisi dengan pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Ratib al-Attas, Asmaul Husna, ijazah kubra, hingga shalat subuh berjamaah dan dilanjutkan selawatan bersama Habib Syech.

"Ritual ini akan dipimpin oleh para kiai, habaib, hingga ratusan ulama internasional," ujar Rahmat sekretaris Panitia.

Pagi - Siang (08-00-12.00 WIB) Acara Formal Puncak Resepsi 1 Abad NU :  

 

Kegiatan ini akan diisi dengan istighosah kubro untuk keselamatan dan kesejahteraan bangsa dan rangkaian sambutan dari :

1. Ketua Panitia: Eric Tohir 

2. Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa 

3. Khutbah iftitah dari Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, 

4. Sambutan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, 

5. Amanat Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo.

Dalam kegiatan pagi tersebut, bakal ada penampilan marching band dan iringan musik orchestra pimpinan Addie MS, dipadukan dengan koreografi Denny Malik dari 12.000 anggota Banser, serta penampilan Qosimah dan Woro Widowati.

Rahmat menyampaikan kegiatan ini bakal diikuti oleh sekitar 350 ulama dunia yang mengikuti Muktamar Internasional Fiqih Peradaban pada Senin (6/2) di Surabaya. Dalam kesempatan itu, akan ada juga pembacaan rekomendasi dari muktamar tersebut sekaligus diserahkan kepada Jokowi.

Selanjutnya, Gus Yahya bakal memberikan penghargaan secara khusus kepada dua ulama internasional yang sangat berpengaruh di dunia. 

Acara Karnaval Nusantara Siang - Sore (13.00-17.00 WIB)

Acara yang terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif dan ekonomi kerakyatan serta pelestarian budaya bangsa akan digelar pada siang sampai sore.

Acara dikemas dengan tema  Karnaval Nusantara dan Nahdlatut Tujjar Fest. Karnaval yang menampilkan puluhan jenis tarian ini akan berlangsung di Jalan Cokronegoro, Jalan Sultan Agung, Jalan Teuku Umar, Jalan Pahlawan, dan berakhir di GOR Delta Sidoarjo. Kegiatan ini akan dibuka oleh Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali.

Sementara Nahdlatut Tujjar Fest akan dihadiri oleh sejumlah menteri, di antaranya Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Rahmat menyebut festival ini akan berlangsug

Acara Malam Hari Hiburan Rakyat

 

Pada malam harinya, digelar kegiatan hiburan rakyat bakal diisi sejumlah artis dalam dan luar negeriseperti 

-Slank yang akan berkolaborasi dengan Ikatan Seni Hadrah Indonesia (Ishari) dan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor H Yaqut Cholil Qoumas.

-Selain itu, musisi legendaris Indonesia Rhoma Irama turut berkolaborasi dengan Sekjen PBNU H Saifullah Yusuf. 

- Musisi Internasional Maher Zain juga akan berduet dengan Erick Thohir. 

- Acara juga akan dimeriahkan oleh penampilan stand up comedy dari Cak Lontong dan Akbar.

NU sudah satu abad merawat jagat dan membangun peradaban, maka memasuki abad kedua NU akan Istiqomah merawat dan menjaga jagat dan alam semesta dan terus  merawat peradaban dengan nilai-nilai luhur sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah.

Selamat Memperingati 1 Abad NU, semoga tetap Istiqomah menjadi pengawal NKRI menuju Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur, Aamiin.

Persiapan menuju ke Sidoarjo ikut Peringatan 1 Abad NU, 

Istanaku, 7 Februari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Perjalanan kami menuju resepsi 1 abad NU penuh perjuangan fisik mental, usaha do'a, harus berjalan sejauh 3,4 km pp 6,8 km, untuk mengikuti sejarah 1 abad NU. Allahu a'lam, ternyata kaki yang nyeri kini sembuh.

08 Feb
Balas

Selamat hari lahir NU....tetap jaya dan sukses untuk Nahdiyiin...

07 Feb
Balas

Selamat hari lahir NU. Sukses dan berkah selalu

08 Feb
Balas

Selamat hari lahir NU. Salam sukses

08 Feb
Balas



search

New Post