Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Stasiun Pasar Senen Saksi Kehadiranku di TNGP 2022 (H- 1038))
Dari kiri Rochadi, penulis, istri, Kharirotus Sakdiyah bersama suami dan anaknya

Stasiun Pasar Senen Saksi Kehadiranku di TNGP 2022 (H- 1038))

 

Apakah Anda pernah menggunakan moda transportasi kereta api? Pernahkah anda mengamati desain bangunan Stasius Kereta Api di Pulau Jawa? yang rata-rata adalah peninggalan zaman penjajahan Belanda.

Pengalaman penulis beberapa hari lalu saat menggunakan moda transportasi Kereta api dari Surabaya ke Jakarta pergi pulang. 

Berangkat dari Stasiun Pasar Turi Surabaya, penulis berhenti di Stasiun Pasar Senen Jakarta sebagai peeberhentian terakhir. Penumpang akan keluar dari kereta api dengan barang bawaaannya untuk masuk ke terowongan bawah tanah dengan menuruni tangga yang lumayan apalagi kalau membawa barang yang lumayan banyak maka dimulailah periode susah dan berat saat turun tangga, kemudian jalan di lorong, diakhiri naik tangga menuju pintu keluar Stasiun Pasar Senen.

Demikan juga saat akan naik Kereta dari Pasar Senen, penumpang akan menunggu di ruang tunggu stasiun, ketika ada pengumuman kereta dataang penumpang dipersilahkan masuk ke Stasiun dengan menuruni tangga, jalan di lorong bawah tanah, diakhiri dengan naik taangga lagi menuju tempat gerbong Kereta siap membawa kita sesuai dengan tujuan perjalanan masing-masing penumpang.

Setiap calon penumpang yang masuk ke dalam stasiun Pasar Senen ini akan merasakan sensasi berada di dalam bangunan lama pada masa kolonial. Terowongan-terowongan yang ada di stasiun ini menambah keunikan dan kesan jaman dulu seperti tempat bersembunyi prajurit-prajurit di masa perang. Namun, tidak ada kesan mencekam sama sekali, justru akan menikmati suasana seperti ke masa lalu.

Desain Stasiun Pasar Senen dengan terowongan bawah tanah dilengkapi dengan tangga naik dan turun, tidak dijumpai di Stasiun Poncol dan Tawang di Semarang, Stasiun Cirebon, juga Stasiun Pasar Turi, Stasiun Kota dan Stasiun Gubeng di Surabaya.

Stasiun Pasar Senen telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya yang terdaftar di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dengan nomor registrasi RNCB.19930329.02.000810 berdasarkan Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor: PM.13/ PW.007/MKP/05 dan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 Tahun 1993.

Apakah dengan penetapan Stasiun Pasar Senen tidak ada upaya untuk memudahkan calon penumpang yang akan masuk dan keluar Stasiun Pasar Senen, misalnya dengan membangun lift untuk penumpang khususnya yang membawa barang, atau mengajak anak kecil dan orang tua agar mudah dalam melakukan aktivitas keluar masuk Stasiun Pasar Senen  Jakarta.

Itulah pengalaman penulis dan mungkin peserta TNGP lain utamanya dari Jawa Timur dan Jawa Tengah yang menggunakan transportasi Kereta Api, akan menjumpai suasana yang kurang menyenangkan ketika akan naik atau turun di Stasiun Pasar Senen Jakarta.

Tapi apapun kenangan itu Stasiun Pasar Senen sebagai salah satu bukti kehadiran saya pada kegiatan Temu Nasional Guru Penulis (TNGP)  yang berlangsung di Jakarta 12-13 November 2022

Madrasahku, 16 Nivember 2022

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa sukses selalu..selamat ya

16 Nov
Balas

Keren Pak Haji

17 Nov
Balas

Masya Allah. Sampsi sedetai itu.Pak Haji. Ulasan yang informatif dan bermanfaat.Alhamdulillah juga saya bisa berfoto dengan guru hebat yang memginspirasi. Salam.sukses.Barokallah.

16 Nov
Balas

Masya Allah. Sampsi sedetai itu.Pak Haji. Ulasan yang informatif dan bermanfaat.Alhamdulillah juga saya bisa berfoto dengan guru hebat yang memginspirasi. Salam.sukses.Barokallah.

16 Nov
Balas

Tolong kirim fotonya ke WA saya ibu di 082233554444

16 Nov

Pengalaman indah yang tak terlpakan ya Pak. Sukses selalu

16 Nov
Balas

Betul Pak Rochadi

16 Nov

Mantap, Pak Haji. Selamat atas prestasinya. Salam sukses.

16 Nov
Balas

Terima kasih Bu Cicik

16 Nov

Mantap Pak, selamat atas prestasi nya.. sukses selalu.

16 Nov
Balas

Alhamdulillah

16 Nov

Selamat pak Haji sempat ikut

17 Nov
Balas

TNGP 2022...sesuatuuu

16 Nov
Balas

Mantap ulasannya. Selamat untuk Gurusiana 1000 ya Pak Haji.

17 Nov
Balas



search

New Post