Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem (H-1198)

Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem (H-1198)

Cuaca yang ekstrem beberapa pekan terakhir ternyata memang sudah diperkirakan oleh Badan Meteorologi, Kilmatlogi dan Gefisika (BMKG), akibat perubahan cuaca, efek Lanino dan akibat Gerhana Matahari beberapa hari lalu, tepatnya di akhir Ramadan.

Untuk area Jawa Timur dan Surabaya Raya pada khususnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menginformasikan prakiraan cuaca beserta peringatan dini terkait potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Jawa Timur untuk hari ini, Selasa (2/5/2023).

Pada pagi hari, potensi hujan di wilayah, Surabaya, Gresik, Sidoerjo, Kabupaten Malang, Lumajang, dan Bondowoso. Sedangkan siang-sore hari, di wilayah wilayah Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, dan Sampang. Untuk dini hari, hujan perpotensi terjadi di wilayah Lamongan.

Dua hari terakhir di Surabaya-Gresik-Sidoarjo terjadi hujan sejak dini hari, dimulai sekitar pukul 03.00 WIB, sampai menjelang terbitnya matahari sekitar pukul 05.30 WIB.

Seoerti hari ini penulis saat bangun pukul 03.30 WIB saat akan berangkat ke majid untuk melaksanakan salat Subuh berjamaah hujan sudah mengguyur begitu derasnya, bahkan saking derasnya untuk menuju masjid yang hanya berjarak 20 meter di belakang rumah, penulis bersama istri harus membawa payung agar tidak basah pakaian untuk salat subuh berjamaah.

Hujan sempat berhenti beberapa saat, namun kembali hujan mengguyur dengan derasnya, sampai-sampai jalanan di drpan rumah penuh dengan genangan air hujan.

Tiga puluh menit berhenti hujan, penulis sempat antar istri ke pasar untuk belanja kebutuhan dapur sehari-hari, sampai pukul 06.15 WIB saat penulis berangkat ke tempat kerja hujan rintik-rintik masih menyertai perjalanan penulis dari rumah ke kantor yang berjarak 6 Km atau sekira 20 menit dengan kendaraan roda dua, dengan menggunakan jas hujan dan helem tertutup agar tidak tersiram air hujan yang menggenang di jalan oleh kendaraan lain yang melintas.

Tips Menghadapi Cuaca ekstrem yang berakibat hujan sewaktu-waktu Bagi Pengendara

1. Siapakan jas hujan bagi pengendara roda dua

2. Siapkan kondisi mobil yang siap melaju saat hujan, periksa lampu, alat pengibas air di kaca depan dan belakang, agar pandangan ke depan tidak terganggu.

3. Selalu berhati-hati dalam perjalanan.

4. Berkendara pelan-pelan teruama di jalanan yang tergenang air agar tidak menimbulkan kerugian pada diri sendiri dan orang lain

5. Waspada dengan kendaraan di depan, kadang berhenti tiba-tiba karena mesin kendaraan kemasukan air (khususnya pendendara sepeda motor), juga bisa jadi mobil mogok ketika genangan air begitu tinggi pada jalanan yang banjir.

6. Lebih awal berangkat ke tempat kerja, mengantisipasi jalanan macet, banjir, mogok kendaraan dan sebab lainnya.

Menurut Perkiraan BMKG Juanda cuaca untuk pagi hingga sore hari, diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan hingga lebat disertai petir.

Kemudian malam hari nya, diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan-sedang.

Selanjutnya untuk dini hari, cuaca diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Suhu udara berada di kisaran 15-33 derajat Celcius kelembapan udara 65-100 %, dan angin didominasi dari timur laut-timur dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Selalu berhati-hati di jalan raya utamanya pada musim hujan, sedia payung sebelum hujan, persiapkan diri sebaik mungkin menghadapi cuaca estrem yang sulit diprediksi.

Istanaku, 3-05-2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post