Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
TNGP 2018 Hasilkan Buku Antologi (H-272(990))
Buku Alumni peserta TNGP 2018

TNGP 2018 Hasilkan Buku Antologi (H-272(990))

Acara Temu Nasional Guru Penulis (TNGP) tahun 2018 masih teringat karena ada bukti nyata yaitu karya bersama berupa Buku Ayo Berbincang Tentang Literasi .

Dalam buku yang merupakan kolaborasi 27 peserta TNGP 2018 ada 35 tulisan, di mana penulis menyumbangkan 3 tulisan salah satunya tentang kisah perjalanan naik Kereta Api dari Surabaya ke Jakarta untuk mengikuti TNGP

Ini kisah perjalanku ke Jakarta dari Surabaya untuk mengikuti Temu Nasional Guru Penulis (TNGP) yang diadakan oleh Mediaguru Indonesia di Kantor Kemendikbud dan Perpusnas Jakarta (25-26 November 2018).

Ada 310 peserta yang datang dari seluruh Indonesia dengan menggunakan moda transportasi yang berbeda-beda sesuai dengan lokasi keberangkatan, jarak tempuh, ketersediaan moda transportasi dan tarif perjalanan dari masing-masing moda tranportasi.

Penulis yang kebetulan berangkat dari Surabaya menuju Jakarta menggunakan moda transportasi Kereta Api Kertajaya berangkat dari stasiun Surabaya Pasar Turi berhenti di stasiun Jakarta Pasar Senen.

Ini kisah perjalanku ke Jakarta dari Surabaya untuk mengikuti Temu Nasional Guru Penulis (TNGP) yang diadakan oleh Mediaguru Indonesia di Kantor Kemendikbud dan Perpusnas Jakarta (25-26 November 2018).

Ada 310 peserta yang datang dari seluruh Indonesia dengan menggunakan moda transportasi yang berbeda-beda sesuai dengan lokasi keberangkatan, jarak tempuh, ketersediaan moda transportasi dan tarif perjalanan dari masing-masing moda tranportasi, ada yang naik pesawat, kapal laut, mobil pribadi, bus dan lain sebagainya.

Saat itu ada beberapa peserta yang berada dalam kereta yang sama, karena acaranya pada hari Sabtu pagi pukul 09.00 WIB, penulis berangkat Jumat sore pukul 17.00 dan tiba di Jakarta pukul 06.00 WIB.

Perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan justru penulis manfaatkan untuk menuliskan reportase perjalanan dan penulis unggah di blog penulis, dalam perjalaan timbul gagasan untuk membuat buku karya bersama (Buku Antologi) tentang motivasi dan kenangan mengikuti kegiatan tahunan Temu Nasional Guru Penulis (TNGP) 2018.

Setelah acara TNGP selesai penulis bertindak selaku koordinator dan kurator naskah dari para peserta yang berminat mengikuti program Berkarya Bersama membuat buku Antologi, dalam waktu dua pekan berhasil terkumpul sekitar 36 naskah dari 27 penulis karena ada beberapa penulis yang mengumpulkan naskah lebih dari satu.

Akhirnya naskah yang sudah penulis kurasi akhirnya penulis kirimkan ke Penerbit Pustaka Mediaguru untuk diproses lebih lanjut sampai akhirnya sebulan berikutnya yaitu sekitar awal tahun 2019 buku dengan judul Ayo Berbincang Tentang Literasi terbit dengan Kata Pengantar Pemred Mediaguru Eko Prasetyo.

Istanaku, 29 September 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wih, kereeeen. TNGP membuahkan karya. Smg sehat dan bahagia selalu, Pak Haji

30 Sep
Balas

Alhamdulillah Barokallah

30 Sep

Selalu kreatif. Ada saja ide yg bisa dimunculkan. Mantap, Pak Haji. Salam sehat dan sukses selalu.

30 Sep
Balas

Alhamdulillah , ayo daftar TNGP 2022 Bu Cicik, biar bisa tret-tret ke Jakarta seperti Bonek

30 Sep



search

New Post