Ailen Rossananda

Ailen Rossa Nanda, lahir di Bukittinggi pada hari Minggu tanggal 6 April 1969. Merupakan anak kedua dari enam bersaudara. Menempuh pendidikan dasar di kota kela...

Selengkapnya
Navigasi Web
20. DOPING

20. DOPING

Doping merupakan obat-obatan untuk menambah tenaga. Doping ada yang dari obat kimia dengan berbagai merk, ada juga dari obat herbal dan alami. Pentingkah ini dalam beribadah umrah? Menurut saya penting, karena keterbatasan waktu, agar ibadah kita maksimal perlu upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang saya lakukan jauh sebelum keberangkatan adalah jalan pagi setidaknya sekali seminggu. Meminum ramuan herbal seperti jahe, madu. Demikian juga untuk persediaan selama di Makkah. Oya, bagi yang siklus haidnya teratur, dan sayang jika haid datang saat beribadah, bisa disuntik hormone untuk menghentikan sementara.

Mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan atau minum multivitamin? Yang pasti kita kurang tidur. Tidur yang seharusnya delapan jam sehari, selama di Madinah dan Makkah akan rugi kita jika tidur delapan jam.

Kelelahan sudah kita rasaakan saat keberangkatan mulai dari tanah air. Harus rela kurang tidur. Antrean di imigrasi yang mengular menguji kesabaran kita. Walau capek dan ngantuk harus diikuti. Belum lagi antre mencari koper di bagasi. Setelah shalat Isya sekitar pukul 9 malam biasanya langsung tertidur karena capek. Pukul 2 dini hari sudah harus bangun kembali untuk ke Mesjid. Begitulah seterusnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan bermanfaat. Sukses selalu, Bunda. Salam literasi

04 Sep
Balas

Terima kasih telah berbagi, bunda. barakallahu fiik

05 Sep
Balas



search

New Post