Ailen Rossananda

Ailen Rossa Nanda, lahir di Bukittinggi pada hari Minggu tanggal 6 April 1969. Merupakan anak kedua dari enam bersaudara. Menempuh pendidikan dasar di kota kela...

Selengkapnya
Navigasi Web
DISKUSI DARING

DISKUSI DARING

Sesuai dengan janji bahwa hari ini aka nada kelas virtual Bahasa Indonesia dengan aplikasi webex. Usul salah satu siswa karena tidak semua mereka memeiliki aplikasi tersbut, maka disepakati tatap maya dengan google meet. Setiap siswa pasti memiliki akun google karena semua mata pelajaran menggunakan kelas maya google.

Pukul 10.50 kelas sudah dibuka. Satu dua siswa sudah bergabung. Tepat pukul 11.00 tergabung 13 nomor siswa. Ternyata siswa ada yang sedang berkumpul. Jadi mereka bergabung di satu nomor sebanyak tiga orang.

Tanpa menunggu kelas penuh pembeljaran dibuka oleh guru, appersepsi, menyampaikan KD dan memandu siswa untuk presentasi. Kelompok yang tampil pertama diberi nilai plus dengan alasan tugas menganalisis teks editorial diberikan kemarin. Hanya satu hari bagi mereka untuk mempersiapkannya.

Kelompok yang bersedia tampil adalah kelompok Syahrani dan kawan-kawan. Dipandu oleh Syahrani secara bergantian mereka membacakan hasil analisis teks editorial. Mungkin karena ini kali pertama diskusi virtual, terdapat pembicaaan satu arah. Sebernarnya di kelas maya ini tidak ada alasan tidak bisa berdiskusi. Berawal dari kegiatan webinar media guru yang saya ikuti dan pelatihan-pelatihan online, tidak ada kendala untuk mengadakan diskusi secara virtual.

Kelompok yang tampil ini menayangkan hasil kerja mereka. Mereka membacakan dan memancing tanggapan.namun sayang, pada pertemuan pertama ini tidak ada yang menanggapi, hanya ketika disuruh menyimpulkan pembelajaran, ada siswa yang bersedia. Jadi walaupun diskusi kurang hangat tetapi pembelajaran dapat dikatakan sukses karena telah memenuhi langkah-langkah pembelajaran. Semoga pada pertemuan selanjutnya peserta diskusi dapat menyimak dengan baik presentasi kawannya dan dapat memberi tanggapan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post