Ainaul Mardliyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Refleksi Pemikiran Ki Hajar Dewantara  Koneksi Antar Materi
Pembiasaan Penguatan Karakter

Refleksi Pemikiran Ki Hajar Dewantara Koneksi Antar Materi

Dulu, banyak diantara kita yang menganggap siswa ibarat kertas putih yang kosong. Kita berharap siswa menerima apa pun yang kita transfer, menuruti yang kita kehendaki tanpa memperhatikan perasaan mereka. Akibatnya pengajaran pun berpusat pada guru. Siswa tertekan dan terhambat kreativitasnya.

Namun, setelah mengenal lebih dekat pemikiran Ki Hajar Dewantara, ternyata siswa bukanlah kertas putih kosong. Mereka sejak lahir memiliki pola masing-masing. Keunikan siswa merupakan pola potensi dan bakatnya masing-masing. Tugas Guru menuntun siswa tumbuh dan berkembang sesuai kodrat alam dan kodrat jaman.

Siswa ibarat benih dan guru petani. Siswa ibarat tunas-tunas yang tumbuh subur karena dirawat oleh Penjaga Taman hati. Seperti itulah Guru, memberikan pupuk motivasi, menyirami dengan nasehat dan memberi sinar petunjuk agar siswa tumbuh sesuai harapan.

Refleksi pemikiran Ki Hajar yang lain adalah Pedidikan membangun peradaban dengan budi pekerti yang mulia. Pembiasaan karakter terus ditanamkan dengan kesabaran.

Pendidikan merupakan tempat persemaian benih untuk menumbuhkan siswa berkembang optimal dengan selamat dan bahagia.

Pendidikan mengasah kebersamaan, kekeluargaan serta menjadi sahabat dalam siswa menemukan pengetahuan.

Guru menuntun siswa sebagai among, memberi siswa arahan agar tidak salah berjalan. Memantik kemampuan dasar mereka dengan memanfaatkan kearifan lokal dan budaya tanah air dalam proses pembelajaran.

Dalam langkah aplikasi di kelas dan sekolah, kita perlu memahami siswa sebagai pribadi yang unik dan istimewa. Menghargai mereka dalam perbedaan, sering menyapa kabar dan menemani mereka menemukan bakatnya. Siswa diberikan kesempatan berkreasi dalam menyelesaikan masalah.

Mari membangun ekosistem pendidikan Indonesia yang merdeka belajar dan berpihak pada siswa.

Bersama kita hadirkan pelajar Pancasila yang bertakwa dan berakhlak mulia. Menanamkan gotong royong, kreatif, mandiri, bernalar kritis dalam kebhinekaan global.

Ainaul Mardliyah

CGP SMPN 3 Ciawi Kab. Bogor

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Kak..

28 Oct
Balas

Hatur nuhun Kak

28 Oct

Luar biasa bunda Ainun...siswa bukan selembar kertas kosong yang bebas kita tuliskan apapun. Tetapi siswa merupakan benih, sangat setuju. Benih yang nanti nya akan menghasilkan tanaman yang beragam jenis nya dan bermanfaat.

28 Oct
Balas

Hatur nuhun bu Laila.. Benih yg tumbuh subur.. Insyaa Allah

28 Oct

Tulisan yg bervitamin buat kita para cekgu bunda, siswa itu tunas yg harus dijaga taman hatinya, keren bnget sukses sll bunda

28 Oct
Balas

Aamiin, hatur nuhun bunda Evi

28 Oct

Mantull bunda, salama literasi.

29 Oct
Balas

Hatur nuhun bu, salam literasi

29 Oct

Sukses selalu bu salam literasi

28 Oct
Balas

Aamiin. Makasih Bu

28 Oct

Mantap,Bu. Salam sukses

28 Oct
Balas

Aamiin, hatur nuhun Bu

28 Oct



search

New Post