Ainaul Mardliyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Nilai dan Peran Guru Penggerak (Koneksi Antar Materi)
Filosofi Ki Hajar Dewantara dalam Nilai dan Peran Guru

Nilai dan Peran Guru Penggerak (Koneksi Antar Materi)

Nilai dan Peran Guru Penggerak

Dalam refleksi filosofi Ki Hajar Dewantara, menjadi seorang Guru ibarat seperti petani yang menerima berbagai jenis benih untuk di tanam. Perlakuan tentu berbeda karena masing-masing memiliki karakter unik sehingga mampu menumbuhkan semua kodrat benih menjadi tanaman unggul sesuai jenisnya.

Seperti itulah tugas Guru, menjaga, merawat dan menuntun dengan sabar tunas bangsa untuk berkarakter dalam tumbuh sesuai kebutuhannya.

Menjadi seorang Guru merupakan tugas mulia karena mengemban amanah mengukir generasi emas masa depan.

Tentu hal ini, memerlukan nilai karakter yang tertanam kuat pada sosok pribadi seorang Guru.

Terlebih sebagai Guru Penggerak, diharapkan perannya dapat membangun budaya belajar segenap komunitas di sekolah serta menciptakan Merdeka Belajar dan Berkarya untuk Pelajar Pancasila.

Sebagai Guru Penggerak, nilai karakter yang sangat penting adalah :

1. Religius

Nilai Religius sangat penting untuk menuntun diri dan siswa dalam perjalanan kehidupan meraih keselamatan dan kebahagiaan.

Mensyukuri dan mempelajari kebesaran Allah dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Profesional

Mengutamakan tugas dan terus belajar sepanjang hayat.

3. Mandiri

Teguh pendirian dan mampu menyelesaikan tugas dengan potensi diri.

4. Kolaboratif

Mampu mengajak siswa dan warga sekolah dalam menciptakan situasi kondusif untuk pembelajaran

5. Kreatif

Mampu melihat peluang perbaikan dalam refleksi kegiatan.

6. Toleransi

Menjadikan perbedaan budaya, pendapat maupun sikap sebagai kekuatan untuk kemajuan bersama.

Apabila nilai dan peran Guru diterapkan di sekolah, dampak positif bagi siswa adalah siswa adalah :

Siswa menjadi lebih gembira dan nyaman dalam menemukan suasana belajar yang kondusif, menemukan pembiasaan karakter yang menyenangkan serta lebih termotivasi memperoleh ilmu pengetahuan untuk bekal masa depan.

Kontribusi dalam berinovasi adalah merencanakan dan melaksanakan program kegiatan siswa yang melibatkan siswa secara aktif sesuai bakat dan potensinya.

Pengalaman belajar yang saya berikan ke siswa diantaranya, mengajak siswa mengenal potensinya. Memberi motivasi dalam meningkatkan prestasi diri. Menggemakan yel-yel motivasi saat pembelajaran, menggunakan model pembelajaran bervariasi dengan games menarik serta menuntun siswa menyelesaikan kesulitan belajar dengan sabar. Juga berpikir bijaksana dalam menghadapi permasalahan.

Semoga nilai dan peran Guru penggerak dapat menjadi inspirasi saya dan kita semua untuk lebih baik esok hari.

Merdeka Belajar - Merdeka Berkarya

(Bogor, 13 Nopember 2020)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Artikel yang mantap dan bergizi ibuku. Barokalloh, salam sukses. Terimkasih sdh mampir ke blog saya pagi ini.

20 Nov
Balas

Jazakillah bu Yayah....

20 Nov

Sangat bermanfaat tulisannya bunda , menambah wawasan sukses terus ya nda

22 Nov
Balas

Hatur nuhun bu Evi... Terimakasih support nya

02 Dec



search

New Post