Aisyah Nurlaela

Aisyah Nurlaela, guru Bahasa Indonesia di SMP Islam Islam Cendekia Cianjur. Hobi menulis digelutinya sejak di bangku sekolah hingga kini. Motto : ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, SICC Gelar Kegiatan Literasi Sekolah

Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, SICC Gelar Kegiatan Literasi Sekolah

Bertepatan Dengan Hari Sumpah Pemuda, SICC Gelar Kegiatan Literasi Sekolah

Dalam rangka meningkatkan literasi di sekolah, Tim Literasi SMP Islam Cendekia Cianjur, yang terdiri dari penggerak dan para Duta Literasi di SMP Islam Cendekia Cianjur (SICC) mengadakan kegiatan GLS ( Gerakan Literasi Sekolah)

Bertempat di lapang serbaguna SMP Islam Cendekia, pada Kamis 28 Oktober 2021, Kegiatan ini diikuti oleh semua pengajar dan siswa SMP Islam Cendekia Cianjur.

Sebelum kegiatan dimulai, para siswa sudah diinstruksikan untuk membawa buku untuk kegiatan “Kamis Hening” yakni kegiatan membaca bersama di lapang sekolah yang luas tersebut.

Kegiatan yang diprakarsai Tim Literasi ini dimulai dengan membaca buku bersama, pembukaan, Informasi mengenai GSMB ( Gerakan Sekolah Menulis Buku), informasi perpustakaan, dan informasi tentang seleksi Duta Literasi SICC. Untuk kegiatan membaca yang biasa dilaksanakan setiap Kamis dan biasa disebut program “Kamis Hening” belum bisa dilaksanakan secara maksimal karena padat nya kegiatan dan berbenturan dengan KBM, sehingga kegiatan membaca hanya dilakasanakan kurang lebih 10 menit sebelum acara dimulai. Ke depan nya, kegiatan membaca bersama “ Kamis Hening” akan digalakan lagi sesuai jadwal selama kurang lebih 20 menit.

Informasi mengenai GSMB disampaikan oleh Aisyah Nurlaela, di dalam nya diulas semangat hari Sumpah Pemuda dengan bersama membacakan Sumpah pemuda, kemudian disampaikan garis besar hal-hal mengenai syarat, dan manfaat yang akan didapatkan dari event Nasional tersebut, selain itu, disampaikan juga siapa saja yang akan mengikuti, serta motivasi kepada siswa agar lebih semangat lagi dalam kegiatan literasi seperti membaca, menulis, diskusi, menyimak, presentasi dan lain-lain. Siswa juga termotivasi karena disampaikan informasi jika mereka mengikuti kegiatan ini, mereka berkesempatan menjadi duta sekolah dan perwakilan duta tingkat nasional.

Acara berikutnya informasi mengenai perpustakaan oleh Syifa Awaliyah, setelah sekian lama vakum karena pandemi, kini kegiatan literasi menggeliat Kembali, salahsatu nya dengan dibuka nya kembali perpustakaan, jika hari-hari sebelum nya memang agak dibatasi, dan kegiatan literasi pun lebih banyak online, misalnya melaksanakan lomba menulis, story telling dan lain sebagainya. Secara bertahap semua kegiatan pembiasaan yang sempat tertunda, kini berangsur membaik.

Informasi yang tak kalah penting dan ditunggu oleh para siswa adalah informasi tentang seleksi Duta Literasi SICC, bagaimana tidak? Duta Literasi ini sangat mereka impikan karena pengalaman serta gelar yang mereka sandang tentu saja penuh tantangan dan tanggung jawab, namun “mengasyikan” istilah mereka.

Informasi seleksi Duta Literasi SICC ini disampaikan oleh penggerak literasi Vera Herawati yang sangat berkompeten dan semangat dalam dunia literasi baca dan tulis menulis.

Selanjutnya tak kalah antusias adalah Ketika Bu Vera memberikan mikrofon kepada para duta yang berbaris rapi di depan para siswa. Antusias dan tepuk tangan siswa terutama siswa puteri kelas 7 yang memang masih banyak kesempatan untuk itu, mereka berharap bisa menjadi duta literasi seperti kakak kelas nya yang telah lebih dulu menjadi duta bergengsi ini.

Semangat untuk para pemuda-pemudi Indonesia, mari isi hari Sumpah Pemuda ini dengan kegiatan yang positif.

Cianjur, 28 Oktober 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportase yang mantul Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

01 Nov
Balas

Salam Literasi

31 Oct
Balas

Terima kasih Bunda Vivi

02 Jan
Balas

Terima kasih Bunda Vivi

02 Jan
Balas



search

New Post