Ai Tin Sumartini

Ai Tin Sumartini, M.Pd, lahir di Cikajang Garut Jawa Barat. Pengabdian sebagai guru PPKn sejak tahun 1994. Pendidikan terakhir S2 Program Studi PKn di SPs UPI B...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bersinarnya Webinar di Bulan Lahir Pancasila

Bersinarnya Webinar di Bulan Lahir Pancasila

#tantanganGurusiana

#harike135

Bersinarnya Webinar  di Bulan Lahirnya Pancasila

Webinar di masa pandemi merupakan salah satu alternatif kegiatan berkumpulnya banyak orang secara virtual. Kegiatan seminar dalam jaringan sangat membantu banyak pihak terutama para akademisi serta pendidik untuk terus menimba ilmu dan berbagi ilmu. Dengan webinar baik peserta, nara sumber, keynote speaker, maupun penyelenggara dapat bergabung dalam satu aplikasi  meeting dalam jaringan internet. Bahkan bukan hanya webinar yang dilaksanakan hanya satu hari dengan durasi antara 2-3 jam, kegiatan berbasis workshop yang menghasilkan karya pun dapat dilakukan  dengan waktu yang disediakan sampai beberapa hari  bahkan ditambah bimbingan secara online sampai tujuan dalam workshop itu menghasilkan karya.

Sebagaimana dipahami, bahwa bulan Juni merupakan bulan lahirnya Pancasila. Tepat  1 Juni 1945 saat sidang BPUPKI yang membahas rumusan dasar negara, Ir. Soekarno sebagai orang ketiga yang mengusulkan rumusan dasar negara, yang sebelumnya usulan juga dikemukakan oleh Mr. Mohammad Yamin dan Mr. Soepomo, sekaligus mengajukan agar nama dasar negara Indonesia adalah “Pancasila”. Masing-masing pengusul mengajukan rumusan dasar negara yang sama, yaitu lima dasar, sekalipun istilah serta urutannya berbeda tetapi masing-masing dasar memiliki makna dan nilai yang sama.

Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni sebagai pengingat kepada kita semua sebagai bangsa Indonesia, agar senantiasa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu terpatri dalam segala pola pikir, pola tindak, dan sikap dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam penyelenggaraan kenegaraan. Pancasila bukan sekedar dilafalkan kelima silanya, bukan sekedar diwacanakan. Tetapi benar-benar harus mempribadi dalam setiap jiwa bangsa Indonesia, sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa.

Dalam sepekan ini, bertebaran di media sosial, Whatsapp, facebook, instagram tentang penyelenggaraan webinar yang mengupas tentang Implementasi Nilai-nilai Pancasila saat ini, yang dikaitkan dengan masa pandemi Covid 19 maupun menjelang kenormalan baru. Dengan bersinarnya webinar menjadi momentum yang tepat untuk menggali kembali nilai-nilai Pancasila, yang sebelumnya sudah sangat jarang menjadi bahan diskusi ilmiah. Di tengah kondisi yang serba sulit dan keterbatasan akibat dampak pandemik, maka webinar ini dapat dijadikan sebagai changer, penambah energi dan daya sehingga makin menambah keyakinan, pemahaman dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila apapun kondisi kita.

Dengan webinar kebangsaan dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, yang menghadirkan nara sumber para pejabat negara, pemangku kebijakan, akademisi, tokoh-tokoh bangsa memberikan ruang wawasan yang cukup mencerahkan terutama bagi kaum pendidik. Apalagi dapat dilakukan di rumah masing-masing dan tak berbayar. Tinggal daftar sesuai dengan link yang diberikan, serta menunggu konfirmasi apakah kita termasuk salah satu peserta atau tidak. Sebelumnya sangat jarang mengikuti kegiatan forum ilmiah, karena keterbatasan waktu dan kesempatan.

Melalui webinar ini kita dapat menyimak paparan setiap narsumber serta diskusi yang dikemukakan para narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing. Bertemu dalam suatu ruang aplikasi meeting dengan sesama peserta dari berbagai unsur di seluruh wilayah tanah air. Komunikasi dan silaturahmi bisa berlanjut dalam forum media sosial yang dibentuk oleh panitia penyelenggara. Sehingga informasi terkait acara atau program serupa dapat segera diketahui.

Berharap dengan webinar kebangsaan ini, tidak sebatas paparan dan diskusi forum ilmiah dalam tataran teori dan pemikiran saja. Tetapi nilai-nilai Pancasila, yang terdiri dari nilai dasar ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial dapat diaplikasikan oleh segenap elemen masyarakat maupun pemerintah sebagai pemangku kebijakan. Agar senantiasa Pancasila tetap menjadi pedoman dan landasan dalam penyelenggaraan kenegaraan serta pedoman berperilaku bagi seluruh bangsa Indonesia.

 

 

 

Kobar, 02052020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga tak lagi lagi yang mepertentangkan Pancasila denga lainnya , sehingga negeri ini aman damai selalu

02 Jun
Balas

Aamiin yaa robbal alamin

02 Jun

Aamiin yaa robbal alamin

02 Jun

Semoga tak lagi lagi yang mepertentangkan Pancasila denga lainnya , sehingga negeri ini aman damai selalu

02 Jun
Balas

Semoga tak lagi lagi yang mepertentangkan Pancasila denga lainnya , sehingga negeri ini aman damai selalu

02 Jun
Balas



search

New Post