AKHMADI, SH

Saya adalah seorang guru ASN yang bertugas di SMP Negeri 44 Jakarta, meluangkan waktu untuk menulis dengan niat berbagi pengalaman kepada pembaca, tugas ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari Kesaktian Pancasila
Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila

oleh : Akhmadi

Guru SMP Negeri 44 Jakarta

Tanggal 1 Oktober 2023 SMP Negeri 44 Jakarta melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari kesaktian Pancasila. Upacara Ini dihadiri oleh Kepala sekolah, guru, teknik dan siswa kelas 7, 8 dan 9. Hari Kesaktian Pancasila merupakan rangkaian dari peristiwa kelam yaitu adanya pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 peristiwa ini dikenal dengan G30S PKI.

Adapun Latar Belakang G30S PKI adalah PKI ingin menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno. Salah satunya karena muncul ketidakharmonisan antara ideologi komunisme yang diyakini oleh PKI dengan nasionalisme yang dijalankan pemerintah. PKI ingin ideologi Indonesia berubah dari nasionalisme menjadi komunisme. Selain itu, ada ketidakharmonisan antara PKI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berseberangan politik.

Maka dari itu, PKI ingin menyingkirkan petinggi TNI agar dapat merebut kekuasaan. Di sisi lain, PKI khawatir kesehatan Presiden Soekarno menurun dan usianya tidak lama lagi, sehingga akan terjadi peralihan kekuasaan. Berbagai latar belakang ini akhirnya memunculkan gerakan pemberontakan dari PKI dengan menculik dan membunuh sejumlah petinggi TNI Angkatan Darat pada 30 September 1965.

Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila berawal dari 1966, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Soeharto menetapkan 1 Oktober sebagai peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Dengan penetapan itu, seluruh pasukan TNI AD wajib menggelar peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang para korban G30S PKI.

Pada 1967, Soeharto yang terpilih menjadi Presiden ke-2 Indonesia menetapkan Hari Kesaktian Pancasila sebagai hari yang wajib diperingati oleh seluruh masyarakat.Penetapan itu tertulis di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 153 Tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230927131530-569-1004389/rangkuman-peristiwa-g30s-pki-cikal-bakal-hari-kesaktian-pancasila

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap ulasannya

01 Oct
Balas



search

New Post