AKHMADI, SH

Saya adalah seorang guru ASN yang bertugas di SMP Negeri 44 Jakarta, meluangkan waktu untuk menulis dengan niat berbagi pengalaman kepada pembaca, tugas ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Memanfaatkan Waktu Libur
Dokpri

Memanfaatkan Waktu Libur

oleh : Akhmadi

Guru SMP Negeri 44 Jakarta

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

16 Januari 2024 saya memanfaatkan waktu hibur saya untuk servis beberapa motor yang biasa digunakan anak ke sekolah. Kegiatan rutin dan berkala yang biasa saya lakukan. Kegiatan pertama menuju ke bengkel spesialis shockbreaker. motor yang saya memiliki mengalami lemah di shockbreaker belakang hal ini ternyata sesuai hasil cek dari bengkel ternyata olinya sudah berkurang.

Shockbreaker yang lemah ternyata dengan keterampilan yang dimiliki dapat di tambah oli entah bagaimana caranya, butuh waktu kurang lebih 20-30 menit karena antri juga, lumayan cepat juga dengan biaya yang masih relatif murah Rp. 80.000,- (delapan puluh ribu rupiah) lumayan menghemat dibanding harus beli baru saya cek di shopee harga Rp 149.000,- dan pengalaman yang lalu motor beat pernah saya ganti alhamdulillah awet juga.

Setelah selesai saya bergegas ke tukang ganti jok dalam perjalanan ternyata motor sudah nyaman untuk dikendarai sebelumnya terasa mantul seperti bola bekel kecuali saat berboncengan lebih nyaman. Kemudian saya beranjak untuk mengganti kulit jok motor yang terkena cakaran kucing sehingga di waktu musim hujan seperti ini air masuk ke jok dan membuat celana pengendara menjadi basah saya menuju ke spesialis jok yang sudah berlangganan. Ada beberapa pilihan atau varian baik yang polos maupun motif. Dari bahan yang biasa, sedang maupun yang berkualitas tertinggi tersedia, tergantung dengan kemampuan keuangan dan keinginan kita. Saya mencoba mengamati dari proses mengerjakan begitu cepat dan terampilnya tukang ini. Dibantu oleh istrinya yang membongkar kulit luar kemudian suaminya cek busa, jika dirasakan kurang maka busa akan ditambah tetapi jika dirasakan sudah baik biasanya hanya di amplas aja untuk menyesuaikan bentuk jok. Kulit jok yang kita pilih dikerjakan dengan menggunakan staples yang terhubung dengan kompresor dan hasilnya sangat rapi dan cepat kurang lebih durasi tidak lebih dari 10 menit. Kegiatan selanjutnya yaitu menuju ke bengkel motor untuk melaksanakan servis rutin yaitu membersihkan mesin, mengganti oli mesin, oli gardan, dan sparepart lain yang dianggap perlu diganti termasuk filter udara, penambahan air pendingin mesin/cooler. Tenaga servis yang saya amati semuanya terampil, menguasai permasalahan motor berbagai merek dan tipe pelayanan yang cepat membuat bengkel ini menjadi ramai. Pelayanan kurang lebih 15-30 menit tergantung dengan permasalahan sepeda motor yang ada. Saya amati ada yang sedang servis sepeda motor, ada yang sedang membongkar total mesin, ada yang mengganti roda, ada yang sedang cek kelistrikan dan masih banyak kegiatan yang lain diantara mekanik saling berkerjasama, termasuk penggunaan alat secara bergantian.

Kegiatan yang saya amati dari awal sampai akhir saya menyimpulkan bahwa saya berpikir bahwa masyarakat kita adalah orang yang cerdas, terampil dan memiliki banyak akal untuk menciptakan suatu hal antara lain berinovasi, siap menerima tantangan dan kreatif. sehingga untuk mendukung masyarakat agar terampil harus menjadi prioritas utama dari pemerintah baik pusat maupun daerah. Keterampilan itu dapat berasal dari pendidikan formal maupun non formal sehingga target yang dicapai adalah menciptakan masyarakat yang mandiri tidak selalu mengharapkan bantuan dari pemerintah apapun namanya itu, karena di dalam agama juga mengajarkan bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah yang artinya bahwa memberi lebih baik daripada menerima, semoga tulisan ini bermanfaat kepada para pembaca yang telah sudi mampir ke blog saya, terima kasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post