AKHMADI, SH

Saya adalah seorang guru ASN yang bertugas di SMP Negeri 44 Jakarta, meluangkan waktu untuk menulis dengan niat berbagi pengalaman kepada pembaca, tugas ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Proyek Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5) ke-1 di SMP Negeri 44 Jakarta
Propela

Proyek Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5) ke-1 di SMP Negeri 44 Jakarta

Senin, 4 September 2023 hingga 15 September 2023 jadwal Proyek Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini bagian dari Kurikulum Merdeka, selain pengetahuan peserta didik juga melaksanakan Proyek Penguatan Pelajar Pancasila (P5). Ketentuan umum dalam 1(satu) tahun minimal peserta didik mengerjakan 3 (tiga) Proyek. Pada tahun ini mengambil tema” Kearifan Lokal” semester ganjil ini SMP Negeri 44 Jakarta melaksanakan 2 (dua) proyek dan semester Genap 1 (satu) proyek.

Setiap proyek pelaksanaannya diagendakan 10 (sepuluh) hari, proyek pertama dengan jadwal tanggal 4-15 September 2023.

1. Kegiatan identifikasi

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia salah satunya yaitu penentu atau penetapan identitas seseorang, benda, dan sebagainya. Dengan identifikasi terhadap sumber materi yang ada diidentifikasi secara lengkap. Identifikasi pada Tari Tradisional mempelajari tentang Definisi, Ciri-Ciri, Keunikan, dan Fungsinya.

Tari adalah jenis seni pertunjukkan terdiri dari gerakan-gerakan yang selaras dengan musik pengiringnya. Tari yang lahir tumbuh berkembang dalam suatu masyarakat yang kemudian diturunkan atau diwariskan secara terus-menerus dari generasi ke generasi merupakan definisi dari tari tradisional. Tari tradisional adalah tarian yang merupakan perwujudan budaya di suatu daerah. Dilansir dari Authentic Indonesia, Indonesia memiliki lebih dari 300 jenis tarian tradisional yang berasal dari wilayah berbeda.

Ciri-ciri tari tradisonal dapat dilihat sebagai berikut:

1. Menggunakan musik tradisional khas daerah

2. Menggunakan pakaian khas daerah

3. Menggunakan perlengkapan tari

4. Diajarkan secara turun-temurun

5. Berhubungan erat dengan budaya daerah

6. Pola gerakan yang khas dan pakem

7. Mengandung filosofi atau makna khas daerah

8. Memiliki aturan khusus dalam penyelenggaraannya

Tari tradisional tidak hanya berfungsi sebagai hiburan serta sarana komunikasi, melainkan sebagai upacara ritual adat, penobatan, kematian, dan acara penting lainnya. Keunikan tari tradisional melingkupi gerakan, musik iringan, busana, serta riasan yang berbeda dan mencerminkan budaya di setiap daerahnya. Contoh keunikah tari tradisional Indonesia:

Tari Bali memiliki keunikan pada gerakan mata yang disebut dengan seledet. Sembari menarikan tarian Bali, penari akan melakukan seledet dengan melirik ke kanan dan ke kiri dengan mata terbuka lebar, tidak berkedip, dan disertai gerakan alis yang mengangkat. Tari Saman asal Aceh memiliki keunikan pada gerakannya. Tari Saman dilakukan secara berkelompok dan ditarikan dalam gerakan yang sangat harmonis. Gerakan penari saman sangatlah kompak, serempak, serta penuh makna, sehingga tarian Saman sangat terkenal hingga ke manca negara.

2. Kegiatan Eksplorasi dan ideasi

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia eksplorasi penjelajahan lapangan dengan tujuan memperoleh pengetahuan lebih banyak (tentang keadaan), terutama sumber-sumber alam yang terdapat di tempat itu; penyelidikan; penjajakan. Dalam kegiatan ini peserta didik diberikan waktu untuk mengeksplor berbagai sumber agar memiliki pengetahuan yang cukup untuk mencari ide ide yang akan dikerjakan dalam bentuk proyek yang bertemakan kearifan lokal.

3. Kegiatan Aksi

Kegiatan aksi merupakan kegiatan yang berupa Tindakan/action terhadap tema yang telah didapat. Untuk menari peserta didik sudah mempraktikkan Gerakan tarian yang dipilihnya. Gerakan dasar ataupun ditambah dengan kreasi masing-masing peserta. Peserta didik konsentrasi penuh terhadap Gerakan tari ini, sehingga menjiwai makna dan filosofis tari yang dipraktikkan.

Perlengkapan yang digunakanpun memiliki makna dan arti, sehingga peserta didik tetap mempraktikkan atribut yang digunakan dalam tarian. Gerakan yang serasi, kompak, senada dan seirama akan menimbulkan kesan yang baik.

4. Kegiatan Selebrasi

Kegiatan selebrasi merupakan kegiatan unjuk kebolehan terhadap proyek yang dilakukan oleh peserta didik. Diibaratkan seorang petani yang sedang panen. Maka kegiatan ini akan memamerkan sejumlah proyek/hasil karya yang telah dibuat oleh peserta didik. Bagi peserta didik yang membuat proyek berupa makanan khas, maka akan ditampilkan makanan khas tersebut. Jika berupa tarian, peserta didik akan tampil menari disaksikan oleh komunitas sekolah dari kepala sekolah, guru, tendik, siswa dan komite sekolah.

5. Kegiatan Refleksi

Kegiatan refleksi, refleksi sendiri dalam kamus Bahasa Indonesia adalah cerminan/gambaran. Dengan Kegiatan ini kita ingin mengetahui cerminan/gambarannya suatu kegiatan berjalan baik atau tidak, mengalami gendala atau tidak dan hal hal apa yang mendukung serta menghambat dalam kegiatan ini. sebaiknya refleksi tetap dilakukan pada kegiatan dalam bentuk apapun. Karena refleksi sangatlah penting. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pada suatu kegiatan. Kritik dan masukan yang sifatnya membangun tentu dinantikan.

Sumber :

üKBBI

ühttps://www.kompas.com/skola/read/2021/04/20/154643169/tari-tradisional-definisi-ciri-ciri-keunikan-dan-fungsinya

Penulis :

Akhmadi, SH

Guru SMPN 44 Jakarta

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post