Sumiati

Saya lahir di Malang kabupaten tepatnya 29 Mei 1972 . SDN Kalianyar 2 Kecamatan Tamanan Kabupaten BondowosJawa Timur Kota kecil di kaki bukit Gunung...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rangkuman Materi Kelas IV Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku
(Sumber gambar dari : Google.com)

Rangkuman Materi Kelas IV Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

# Tantangan hari ke-12

Wilayah Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan beraneka ragam budaya yang berbeda-beda. Hal ini dapat kita buktikan ketika ada kegiatan pawai budaya. Ada pakaian adat, rumah adat, senjata tradisional, tari-tarian, lagu daerah, adat-istiadat, makanan daerah, alat musik, bahasa daerah dan masih banyak lagi yang berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain. Pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku ada beberapa materi yang dipelajari yaitu

1. Gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Dalam mempelajari gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam suatu teks perlu diingatkan pengertian dari kata, kalimat, dan tata cara penulisan kalimat yang benar. Kata adalah gabungan dari beberapa huruf yang memiliki arti. Kalimat adalah gabungan dari dua kata atau lebih baik dalam bentuk lisan atau tulisan yang disusun dalam pola tertentu sehingga memiliki sebuah arti. Cara penulisan kalimat yang benar adalah harus memperhatikan kaidah penulisan kalimat yang benar, misal : penulisan huruf kapital, penulisan tanda baca, untuk mengenal pengetahuan siswa yang di dapat dari kelas sebelumnya. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan dapat berupa kalimat inti atau pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah gagasan atau ide yang menjelaskan gagasan pokok.

Cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung, adalah dengan menemukan kalimat utama yang memuat gagasan pokok yang disajikan dalam kalimat utama terlebih dahulu, baru kemudian menentukan gagasan pendukung.

2. Makna persatuan dan kesatuan bangsa

Kata persatuan berasal dari kata satu yang artinya utuh, sesuatu yang tidak terpisah. persatuan artinya tidak terpecah-pecah, gabungan, dan keterpaduan. Kesatuan berarti keadaan utuh tidak terpecah-pecah, gabungan keterpaduan dari keanekaragaman dan kemajemukan. Setiap orang berbeda baik dari suku bangsa, sosial, dan budaya. Makna persatuan dan kesatuan erat hubungannya dengan keutuhan. Sehingga persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Persatuan dan kesatuan bangsa tumbuh dari unsur-unsur sosial budaya masyarakat Indonesia. Keberagaman adalah Anugrah Tuhan Yang Maha Esa dan wajib kita syukuri. Wujud syukur dapat kita lakukan dalam bentuk saling menghargai antar suku dan pemeluk agama atau kepercayaan yang berbeda. Contoh keragaman budaya Indonesia : rumah adat yang berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain (Julang Ngepak dari Banten, Tongkonan dari Toraja Sulawesi Selatan, Honai dari Papua), tarian tradisional (Tari Reog dari Ponorogo Jawa Timur, Tari Pendet dari Bali, Tari Bungong Jeumpo dari Nanggore Aceh Darussalam), dan masih banyak lagi contoh yang lain. Jadi persatuan dan kesatuan adalah keadaan satu atau tunggal yang menuntut adanya keterpaduan dari keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia tanpa adanya perpecahan. Pengikat dari keberagaman adalah persatuan dan kesatuan. Dengan sikap persatuan dan kesatuan setiap orang bisa bekerja sama dengan orang yang berbeda-beda.

3. Setiap daerah mempunyai alat musik tradisional yang berbeda-beda dalam hal bentuk dan cara memainkannya, sehingga menimbulkan bunyi yang indah ketika dimainkan atau dibunyikan. Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suati benda akan mengakibatkan udara disekitarnya bergetar. Getaran yang ditimbulkan menyebabkan terjadinya gelombang bunyi. Benda-benda yang bergetar menghasilkan bunyi disebut dengan sumber bunyi. Bunyi dapat merambat melalui benda padat ( dapat dibuktikan dengan menempelkan telinga pada rel kereta api yang jauh akan terdengar cukup jelas), benda cair (suara lumba-lumba dalam air laut akan dapat tertangkap dalam radar kapal selam), dan benda gas (semua suara atau bunyi yang dapat kita dengar).

Sifat-sifat bunyi merambat :a.) Bunyi merupakan gelombang yang perambatan arahnya sejajar dengan arah getarnya. Bunyi dapat terdengar jika ada sumber bunyi, media penghantar, dan pendengar. b.) Bunyi tidak dapat merambat tanpa media perantara (benda padat, benda cair, dan benda gas). c.)Bunyi merambat melalui benda padat dan benda cair akan terdengar lebih jelas dibanding bunyi yang merambat melalui udara jika jaraknya jauh.

Berdasarkan frekuensinya (getaran yang dihasilkan dalam 1 detik ). Bunyi dibedakan menjadi : a.)bunyi infrasonik yang mempunyai frekuensi kurang dari 20 Hz, bunyi ini hanya dapat di dengar oleh kelelawar, jangkrik, dan kuda. b.) Bunyi audio sonic yang mempunyai frekuensi 20-20.000Hz, bunyi ini dapat didengar oleh manusia. c.) Bunyi Ultrasonik mempunyai frekuensi lebih dari 20.000 Hz, bunyi ini dapat didengar oleh lumba-lumba. Disamping itu ada gaung dan gema . Gaung adalah bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli, sehingga bunyi terpantul berulang-ulang. Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli. Nada adalah bunyi yang mempunyai frekuensi teratur (contohnya bunyi alat musik). Desah adalah bunyi yang memiliki frekuensi tidak teratur (contohnya adalah nafas manusia). Dentum adalah bunyi yang mempunyai amplitudo besar dan terdengar mendadak. Warna bunyi atau timbre adalah bunyi yang mempunyai frekuensi sama tetapi terdengar berbeda. Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena ada benda lain yang bergetar (resonansi menguntungkan contohnya bunyi alat musik, resonansi yang merugikan bunyi contohnya deru pesawat terbang yang memekakkan telinga).

Penulis : SUMIATI GURU SDN KALIANYAR 2 KECAMATAN TAMANAN KABUPATEN BONDOWOSO PROV. JAWA TIMUR

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yg bermanfaat

05 Aug
Balas

Terimakasih bunda

07 Aug

Luar biasa bu rangkumannya sangat jelas. Salam semangat terus....

04 Aug
Balas

Terimakasih bu

04 Aug

Keren mbak..semangat..sangat menginspirasi

03 Aug
Balas

Terimakasih

03 Aug

Guru hebat...muridnya pasti hebat..semoga menjadi inspirasi...

04 Aug
Balas

Aamiiin

05 Aug

Mantapp buuu

05 Aug
Balas

Terimakasih

07 Aug

Terimakasih

07 Aug

Semangat terus bu

03 Aug
Balas

Ya bu aamiiin

04 Aug

Mantap bun... salam sukses selalu

03 Aug
Balas

Terimakasih bunda

03 Aug

Mantap Bunda.. salam

03 Aug
Balas

Terimakasih bunda ....salam juga

03 Aug

Maturnuwun mbak

03 Aug
Balas



search

New Post