Alfahri

Memulai karir, sebagai guru Sekolah Dasar Negeri Jorong Koto Kecamatan Teluk Kabung Kodya Padang di akhir tahun 1981, Setelah diwisuda sebagai mahasiswa di...

Selengkapnya
Navigasi Web

Semoga Tak Ada Sesal di Akhir Hayat Kita

Sesungguhnya Allah lewat Rasul-Nya memberikan arahan, bahwa amalan yang kita perbuat dinilai pada apa yang telah kita gapai untuk yang terakhir kalinya, tergantung ujungya.

Innamal ‘amaalu bilkhawaatim

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya/ujungnya.” (HR. Bukhari, no. 6607)

Tapi ingat! Ujung atau akhir itu tergantung dominasi amal, tergantuang akan kebiasaan yang kita bangun sehari-hari, yang doyan tahajjud berharap bisa wafat saat tahajjud, yang dominan dhuha harapannya wafat ketika dhuha, yang selalu baca Al-quran, keinginannya wafat saat tilawah, yang selalu melaksanakan shalat berjemaah di masjid, kalau bisa berharap, maka dia berharap disudahi saja hidup ini disaat sujud terakhirnya di masjid.

Bagaimanapun juga secara akal, hari-hari yang sekarang ini kita habiskan adalah hari-hari yang akan berakhir dengan kematian, tidak pandang usia. Jika kita sayang terhadap jiwa kita, maka isilah selalu dengan amalan-amalan kualitas terbaik, yang paling sempurna dari sisi batin dan zhahirnya. Berusaha lah kita secara maksimal dalam melakukannya, singkirkan berbagai hal yang akan membuat kita lupa dan lalai, dalam mempesiapkan bekal untuk menghadapi kematian, dan singkirkan juga kenikmatan dunia yang sebentar lagi akan kita tinggalkan. Abaikan saja orang-orang yang menghambat perjalanan kita, termasuk segala hal yang akan melalaikan kita dalam mendekatkan diri kepada Allah. Pusatkan perhatian untuk negeri yang bakal kita masuki. Kerahkan semua kemampuan terbaik kita sehingga kita tidak akan menyesali diri kita bila maut benar-benar menjemput kita.

Jauhilah semaksimal mungkin perbuatan yang tidak berarti dan tidak ada manfaatnya untuk akhirat kita, apalagi yang mengandung dosa. Kekuatan kita dengan umur yang sudah terpakai sekarang, nyaris habis. Baik yang masih tergolong muda apa lagi yang telah lanjut usia. “mumbang jatuh kelapa jatuh, tak kenal muda atau tua,” makanya, jangan sia-siakan kesempatan yang masih ada ini. Karena sakaratul maut itu musibah yang paling menyakitkan, sebentar lagi ia pasti datang. Berhati-hatilah dengan kewaspadaan tingkat tinggi akan tipu daya setan yang semakin besar. Jangan biarkan diri kita tergoda dengan aktivitas yang tidak akan menghantarkan kita memperoleh ridha Allah, jangan biarkan setan menyambar hari-hari kita dengan menggoda kita sehingga yang menjadi perhatian kita hanya ridha manusia. Jaga diri kita sampai untuk hari yang terakhir sehingga kita menjadi orang shalih yang sebenarnya di mata Allah. siapa tahu disaat yang paling sempurna tersebut, nyawa kita diambil oleh Yang Maha Memiliki sehingga dengan itulah kita dinilai oleh Allah.

Kesempatan hidup yang masih Allah berikan pada kita merupakan karunia yang tiada terkira tandingannya. Jika kita mampu memanfaatkan dengan maksimal, kemungkinan kita dapat melampaui mereka yang tidak berkesempatan lagi. Jadi jangan sampai kita jadi pesimis dalam mengejar ketertinggalan kita dari orang lain, kita akan dapat menyusul mereka, selama kita masih hidup dan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada, maka masih sangat mungkin kita lebih dari mereka.

Kisah Mimpi Thalhah bin Ubaidillah

Barangkali kita sudah sering mendengar kajian dari para guru-guru kita, ustad dan buya. Bahwa diketahui, seseorang bisa masuk surga bukan karena tersebab amalannya semata. Tetapi karena rahmat Allah, seperti disebutkan dalam hadist Jabir bin Abdillah radhiyallahu'anhu, Nabi Saw bersabda:.

"Tidak ada amalan seorangpun yang bisa memasukannya ke dalam surga, dan menyelamatkannya dari neraka. Tidak juga denganku, kecuali dengan rahmat dari Allah." (HR.Muslim no.2817)

Demikian pula mengenai derajat-derajat yang diraih orang bertaqwa di surga kelak, berbeda-beda antara satu dengan lainnya sesuai dengan amalannya ketika di dunia.

Melalui sebuah hadist dari Ibnu Majah. Diriwayatkan mengenai tafsir mimpi dari seorang sahabat nabi yang bernama Thalhah bin Ubaidillah. Thalhah menceritakan dahulu ada dua orang pemuda datang kepada Nabi Saw dan sama-sama masuk Islam, hingga akhirnya mereka wafat. Salah satunya lebih bersungguh-sungguh dan semangat dalam beramal dibandingkan dengan temannya. Suatu ketika yang pertama ikut perang dan mati syahid.

Sedangkan temannya masih hidup setahun setelahnya, lalu meninggal di atas ranjangnya.Thalhah berkata. Lalu aku bermimpi seakan aku berada di sisi pintu surga..Kedua orang itu ada di sana. Keluarlah seseorang dari surga.

Lalu orang yang matinya di atas ranjang dipersilahkan untuk masuk surga terlebih dahulu. Setelah itu temanya yang terbunuh dipersilhkan masuk Lalu dikatakan kepadaku, "Pulanglah, belum waktunya untukmu. Di pagi harinya Thalhah menceritakan mimpinya ke orang-orang.

Mereka merasa heran..Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda..

Mengapa kalian heran? "Mereka berkata: "Wahai Rasulullah. Yang pertama lebih bersungguh-sungguh dan mati syahid. Sedangkan yang kedua ternyata masuk surga dahulu ? "Beliau bersabda: "Bukankah ia hidup setelahnya setahun?"

Bukankah ia mendapati Ramadhan dan sholat dan puasa sekian banyak dalam setahun? Mereka berkata, "Benar. "Beliau bersabda, "Derajat keduanya sejauh langit dan bumi. Karena mahalnya umur seorang mukmin, maka dahulu ada seorang salaf mengatakan , "Sungguh, satu jam kamu hidup padanya yang kamu beristiqfar kepada Allah Swt lebih baik daripada kamu mati selama setahun."

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang mantap. Hanya rahmat Allah yang kita harap. Makasih ulasannya, Pak

25 Jun
Balas

Alhamdulillah, terima ksih atas doa dan supportnya bu Ernasari, salam literasi Bu .

25 Jun

Mantap ulasannya. Smg niat kita selalu karena Allah dan berakhir dengan baik juga. Makasih ilmunya, Pak

28 Jun
Balas

Mksh ats kunjungan nya dan motivasi nya bu Ernasari...

29 Jun

Lagi sibuk ya, Pak? Ayo membuat tulisan lagi hehe.... Sukses selalu, Pak

02 Jul
Balas

Sibuk dikit aza bu Ernasari ..mksh ats doa dan support nya ya bu..

03 Jul

Terima kasih pencerahannya Pak.

26 Jun
Balas

Yups bu Mirdayanti.. mksh jg ats support nyo yo bu..salam literasi bu

26 Jun

Saling mengingatkan pak...sehat dan sukses selalu

26 Jun
Balas

Mksih ats atensi and support nya bu Oria..

26 Jun

Mantap Pak, diingatkan.

27 Jun
Balas

Mksih atas kunjungan dan support nya bu Sri..

28 Jun

Mantap ulasannya Pak. Semoga bisa jadi pengingat diri. Salam literasi.

25 Jun
Balas

lagi belajar menulis bu, maksih atas supportnya bu Kepsek Yenni.. salam literasi juga dari Lintau Bu.. semoga makin sukses dalam mencerdaskan anak2 bangsa.

25 Jun

Aamiin ya rabbal'alamiin. Sama-sama Pak.

26 Jun

Ulasan yang keren

05 Jul
Balas

Maksih ats supportnya Ibu Nanih Solihat...

10 Jul

Semoga sisa usia yang kita punya, tak berlalu dengan percuma

25 Jun
Balas

Ulasan yang keren Pak

29 Jun
Balas

Mksh ats support nyo bu Sofiawati

29 Jun

Ulasan yang keren pak

17 Jul
Balas

Maksih atas supportnya bu Sofiawati

29 Jul

Tulisan penuh gizi, terima kasih sudah ingatkan kami. Semoga kita senantiasa bisa ingat Allah dalam setiap nafas dan langkah kita, selalu diberi kesempatan unt berbuat baik dan berbagi ilmu yg nafiah.

29 Jun
Balas

Mksh ats kunjungan nya serta support nya yg luas bisa bu Rina, smoga Allah kbulkan doa2 kita bu Rina..

29 Jun

Ulasan yang bagus pak, mengingatkan kita untuk selalu beramal saleh dan menjadikan Allah sebagai tempat bersandar agar ridhonya kita dapatkan. Sehingga di akhir hidup kita tak ada sesal.

26 Jun
Balas

Alhamdulillah, maksh atas kunjungannya dan supportnya serta donya Bu Karmini, semoga Allah berikan yang terbaik buat kita, di akhir hayat kita.salam literasi Bu.

27 Jun

Alhamdulillah slalu diingatkan makasih Pak.. Inspiratif sekali

02 Jul
Balas

Saya follow ya Pak Fahri

02 Jul

Ulasan yg Ok banget pak. Sukses slalu

09 Jul
Balas

Aamiin ya Allah..maksh Bu Sri Nurhayati

10 Jul

Keren ulasannya pak. Sangat bermanfaat sekali. Salam sukses selalu pak

06 Jul
Balas

Makasih atas support dan atensinya ya BU Nelfia,,salam literasi bu.

09 Jul

Ulasan yang sangat bermanfaat. Terima kasih

27 Jun
Balas

Mksh atas support dan kunjungan nya bu Nurrohmah...

28 Jun

Saling mengingatkan ya klo silaturahmi penting

26 Jun
Balas

Ya benar bu Andi Alnillah, maksh atas kunjungannya bu!

26 Jun

Luar biasa, uasannya sangat mencerahkan dan inspiratif. Sukses Pak Alfahri

30 Jun
Balas

Mksih ats support dan doa nya pak Rochadi.. slm literasi pak.

30 Jun

Keren banget Pak. Muhasabah diri yang bermanfaat. Semoga kita senantiasa ingat akan kematian, dan istiqamah dalam beribadah dan taqwa kepada Allah.

29 Jun
Balas

Keren banget Pak. Muhasabah diri yang bermanfaat. Semoga kita senantiasa ingat akan kematian, dan istiqamah dalam beribadah dan taqwa kepada Allah.

29 Jun
Balas

Mksih ats kunjungan nya serta support nya bu samsimar, semoga Allah berikan yg terbaik buat hidup kita2 ini bu.. Aamiin ya Allah

29 Jun

Terima kasih atas pencerahannya, Pak Alfahri. Semoga Allah membalas dengan pahala yang berlimpah.

28 Jun
Balas

Mksih bnyak atas support doa and kunjungan nya bu Sri.. Aaamiin ya Allah

29 Jun

Terima kasih sudah diingatkan, Pak Fahri. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung.

12 Jul
Balas

Ya Bu Sri..itulah salah satu tugas mulia kita dalam hidup ini bu, yakni saling mengingatkan buat akhirat kita..salam literasi Bu Sri yang familiar.

13 Jul

Ulasan yang sarat makna Pak, semoga sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta. Salam literasi

26 Jun
Balas

Maksh atas support dan doanya bu Seir, doa yang sama buat ibu...salam literasi bu.

27 Jun

Ulasan yang sangat bermanfaat. Barokallah Pak.

27 Jun
Balas

Mksh atas support dan kunjungan nya bu Nanik

28 Jun

Itulah yg kita kuatirkan Mas Bambang, semoga kita bisa mengakhiri hidup ini dengan banyak kebaikan, husnul khatimah.. Aamiin ya Allah, Aamiin ya Rabb..mksh atas kunjungan ya mas.

25 Jun
Balas



search

New Post