Alfauzan, S.Ag, MM

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jadilah Orang Yang Senantiasa Dicintai Allah Swt

Jadilah Orang Yang Senantiasa Dicintai Allah Swt

Orang-orang yang dicintai Allah Swt dipastikan merasakan kehidupan yang membahagiakan baik lahir maupun batinnya, karena ketika seorang hamba telah mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang Allah Swt pasti kehidupannya akan bahagia baik di dunia apalagi di akhirat.

Orang yang dicintai oleh Allah Swt tersebut hanya dia sendiri yang bisa *merasakan* melalui perenungan dan kenikmatan hidup yang terjadi pada dirinya yang dijalani sepanjang kehidupannya.

Dicintai oleh Allah adalah impian tertinggi setiap manusia, karena tidak ada rasa cinta yang melebihi cintaNya Allah pada kita manusia di dunia apalagi di akhirat kelak, karena kalau Allah sudah cinta kepada kita, pastilah akan mendapatkan kemudahan dalam kehidupan ini.

Kita harus yakin bahwa Allah Swt, akan selalu menjaga manusia yang dicintaiNya, kapanpun dan dimanapun ia berada, manusia yang dicintai Allahb Swt senantiasa akan mendekatkan dirinya kepadaNya, karena jika manusia mau berpikir maka sebagai bentuk kasih sayang Allah pada dirinya terlihat dari tanda tanda berikut ini :

1.* Allah akan menjadikannya paham agama*

Seorang hamba yang dicintai Allah adalah dia akan mudah memahami dan cepat mengerti agama Islam. Dalam mempelajari agama rasanya begitu mudah seperti diberi petunjuk kepadanya. Seperti yang dijelaskan dalam hadists berikut ini :

*“Allah memberikan dunia pada yang Dia cintai dan yang Dia benci. Tetapi Dia tidak memberikan (kesadaran) beragama, kecuali kepada yang Dia cintai. Maka barang siapa diberikan (kesadaran) beragama oleh Allah, berarti ia dicintai olehNya.” (HR. Imam Ahmad)*

Oleh karena itu, berbahagialah jika kita diberi kemudahan dalam memahami agama, karena itu merupakan tanda kita termasuk dalam ciri-ciri manusia yang dicintai Allah Swt.

*“Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan padanya, Allah akan faqihkan ia dalam masalah agama.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)*

2.*Allah akan memberikan ujian dan cobaan*

Ketika seseorang diberikan ujian atau cobaan oleh Allah Swt. maka itu merupakan cara Allah mencintai hambanya, Karena di balik ujian itu ada pahala jika kita bersabar, Dengan diberikannya ujian, artinya Allah Swt sedang memperhatikan kita.

*“Sesungguhnya pahala besar karena balasan untuk ujian yang berat. Sungguh, jika Allah mencintai suatu kaum, maka Dia akan menimpakan ujian untuik mereka. Barangsiapa yang ridho, maka ia yang akan meraih ridho Allah. Barangsiapa yang tidak suka, maka Allah pun akan murka.” (HR Ibnu Majah)*.

Selanjutnya Allah SWT juga menjelaskan dalam firmanNya Qur’an Surat Al Anbiya ayat 35 sebagai berikut :

*“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan yang (sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.”*

3.*Orang yang dijadikan Allah beramal soleh sebelum kematian*.

Manusia yang dicintai Allah Swt berikutnya adalah ia memiliki amal soleh yang berlipat yang dilakukan sebelum kematiannya sehingga menjadikan dia husnul khotimah. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

*“Jika Allah mencintai seorang hamba, Allah akan memaniskannya.” Lalu sahabat bertanya, “apa itu memaniskannya ya Rasulullah?, "Rasululullah menjawab: “Allah akan memberi ia petunjuk untuk melakukan kebaikan saat menjelang ajalnya, sehingga orang yang ada di sekelilingnya meridhainya.(HR.*

Maka perbanyaklah menangis mengingat dosa, selama Allah masih memberi hidayah berupa iman, islam kepada kita, Jaga iman kita dengan mengerjakan amal soleh.

4. *Dipercepat sanksinya di dunia.*

Manusia yang dicintai Allah Swt, disegerakan sanksinya di dunia. Karena sanksi di akhirat itu lebih pedih, Dan Allah tidak ingin manusia yang dicintai merasakan pedihnya azab Neraka.

Jadi kita merasa setelah berbuat kesalahan Allah langsung menegur kita dengan memberikan ujian, yakini itu pertanda Allah sayang kepada kita sebagaimana Sabda Rasulullah SAW

*“Apabila Allah menginginkan kebaikan kepada hamba Nya, Allah akan segerakan sanksi untuknya di dunia. Dan apabila Allah menginginkan keburukan pada hamba Nya, Allah akan menahan azab baginya akibat dosanya (di dunia), sampai Allah membalasnya (dengan sempurna) pada hari kiamat.” (HR Tirmidzi dan Al-Hakim)*

5.*Allah Swt selalu menjaganya.*

Ketahuilah bahwasanya Allah Swt akan senantiasa menjaga hambanya kapanpun dan dimanapun, sebagai bentuk penjagaan Allah terhadap manusia yang dicintaiNya diantaranya melalui malaikat sebagaimana dijelaskan dalam firmanNya pada Surat Ar-Ra’du ayat 11:

*“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah.”*

Jadi manusia yang dicintai Allah, maka akan Allah kirim malaikat untuk menjaganya, sehingga sangat kecil kemungkinannya terjerumus pada dosa dan kemaksiatan yang setiap saat bisa saja manusia terjebak ke dalam jurang kemaksiatan tersebut.

6.*Allah selalu membuka pintu taubat dan memberikan pengampunanNya.*

Allah membukakan pintu taubat, ketika hambaNya memohon ampunan dengan sungguh-sungguh kepadaNya, sebagaimana dijelaskan dalam firmanNya pada surat Az Zumar ayat 53: yang artinya sebagai berikut :

*"Katakanlah hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya.”*

Mereka yang senantiasa bersungguh-sungguh bertaubat pada Allah Swt, maka Allah akan memberikannya ampunanNya sehingga akan membuat hambaNya memperoleh peluang dan kesempatan sehingga berkah dan RidhoNya akan menjadikan ia sebagai hamba yang dicintaiNya...

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi!

04 Feb
Balas

Terimakasih bapak ibu hebat salam literasi dari Pessel Sumbar

04 Feb
Balas

Terimakasih bapak ibu teruslah berbagi apa yang bisa sehingga bermanfaat bagi kita semua Salam literasi

04 Feb
Balas

Terima kasih ilmunya, Pak. Salam literasi

04 Feb
Balas

Ulasan yang sangat inspiratif pak.

04 Feb
Balas

Bagus sekali pak,salam literasi

04 Feb
Balas

Masyaallah tabarakallah

16 Jan
Balas



search

New Post