Alfauzan, S.Ag, MM

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Wakil Bupati Pasaman Barat Buka Rakor KKMTs Provinsi Sumatera Barat

Wakil Bupati Pasaman Barat Buka Rakor KKMTs Provinsi Sumatera Barat

Pasaman Barat, humas–Kegiatan Musyawarah Kerja Kepala MTs (MKKMTs) tingkat Provinsi Sumatera Barat ini merupakan sebuah pertemuan Akbar Kepala Madrasah yang luar biasa, karena bisa bertemu seluruh Kepala MTs se Sumatera Barat pada satu tempat yang tentu kita semua mengetahui cukup jauh perjalanan bagi sebagian Kwpala Madrasah untuk bisa sampai ke Simpang Empat Pasaman Barat ini, Namun karena adanya ikatan emosional persaudaraan dan persahabatan, alhamdulillah kita harapkan pertemuan ini bisa terlaksana dengan baik dan maksimal hari ini.

Demikian sanbutan hangat wakil Bupati Pasaman Barat H Risnawanto saat membuka Kegiatan Musyawarqh Kerja Kepala Madrasah ( MKKMTs ) Kamis 20 Januari 2022 bertempat di ruangan serbaguna MTsN 4 Pasaman Barat.

Lebih jauh wakil Bupati mengucapkan Alhamdullah kegiatan MK2MTs ini dihadiri Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, yang diwakili Kabid Pendidikan Madrasah, Syamsul Arifin. "selamat datang di Pasaman Barat pak Kakanwil"

Kehadiran Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, yang diwakili Kabid Pendidikan Madrasah H. Syamsul Arifin, bersama rombongan, semoga membawa berkah bagi Madrasah di Pasaman Barat khususnya, Sumatera Barat pada umumnya, dan kita yakin pertemuan yang dilaksanakan hari ini di samping untuk saling berbagi ilmu dan berbagi pengalaman bagi semua kepala madrasah, tentunya lebih dari itu semoga pertemuan ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan mutu pendidikan, tegas H Risnawanto.

Wakil Bupati Pasaman Barat, juga menyampaikan bahwa kehadirannya juga di dampingi oleh Staf Ahli Bidang Agama, Kantor Bupati Adrianto, anggoa DPRD Pasaman Barat, semata mata adalah bentuk kerja sama dan kepedulian kita antara pemerintah Daerah dan Kementerian Agama untuk saling bersinergi dalam membangun umat khususnya bidang pendidikan, ulasnya

Selain itu menurut Wabup hadir bersama hari ini Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, dan jajaranya kita yakin adalah dalam rangka memberikan support terhadap bagaimana maju dan makin meningkatnya mutu pendidikan, karena sesuai visi misi kita Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat salah satunya adalah meningkatkan mutu pendidikan seluruh siswa di Pasaman Barat ini, tambah Wabup.

Semoga ke depan terus tercipta sinergisitas antara Pemerintah Daerah dan jajaran Kementerian Agama serta instansi vertikal lainnya untu saling bekerja bersama membangun pendidikan danlembaga pendidikan yang bukan saja bagus fisiknya namun juga meningkat kwalitasnya terang Wakil Bupati.

Kepala Kanwil, diwakili Kabid Penmad, Syamsul Arifin, menyampaikan, seiring perkembangan zaman dan untuk meningkatkan proses pembelajatan, yang pada akhirnya terbentuknya generasi berkualitas, serta siap bersaiang di dunia global. Banyak hal berupa informasi, aturan dan regulasi yang harus diketahui, dimiliki serta diaplikasikan pada setiap rutiniasnya.terang Kabid.

Penyebaran vurus corona atau Covid-19, yang selama ini menjadi momok menakutkan bagi sebagian warga. Dalam dunia pendidikan, ternyata banyak dampak atau akibat yang ditimbulkan dari kondisi ini. Salah satunya adalah pemberlakuan pembelajaran secara daring yang tentu pasti ada kendala di lapangan dalam pelaksanaannya karena berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh siswa dalam penggunaan IT, ujarnya

Di samping itu pemanfaatan fasiltas teknologi dan informasi yang ada juga dikhawatirkan memiliki dampak bawaan yang  lumayan mengkhawatirkan bagi siswa ketika salah dalam penggunaannya, karena semua yang ada di Internet bisa di akses oleh siawa-siswa kita yang apabila tidak dilakukan pengawasan kita khawatir mereka akan terpengaruh oleh hal -hal.negatif yang belum.pantas mereka konsumsi, ujar Kabid.

Kendala lainnya di lapangan yang kita temui adalah masalah penggunaan tekhnolgi komputer dan Android ini pada pembelajaran online bagi setiap warga madrasah, mulai dari pengelolaan pembelajaran, tenaga pengajar, peserta didik, bahkan orangtua siswa, masih kurang faham dan kurang mampu dalam menggunakan fasilitas Teknolgi dan Informasi (TI) tersebut, sambung Kabid

H Syamsul Arifin juga meminta dengan lugas bahwa khusus kepala madrasah wajib menguasai tekhnologi komputer dengan  baik dan maksimal karena di era transformasi digital sekarang dituntut semua kepala Madrasah dan pimpinan lainnya mampu mengoperasikan komputer tersebut dengan baik, tidak zamannya lagi seorang pimpinan hanya pandai membuka dan menutup komputernya tegas Kabid.

Di samping itu H Syamsul Arifin, menyampaikan bahwa seorang kepala madrasah hari ini harus mampu menjadi selebriti di madrasahnya, penampilannya harus elegan, wangi dan mampu menjadi inspirator untuk menggerakan madrasah agar berlari kencang menghadirkan berbagai prestasi kelas dunia, sehingga madrasahnya akan menjadi magnet tersendiri untuk menghadirkan siswa siswi hebat berbakat, mandiri dan sarat prestasi, terang Kabid penuh semangat.

Di bagian akhir sambutannya Kabid Penmqd menyampaikan bahwa MKKMTs se Sumatera Barat yang dilaksanakan di MTsN 4 Pasaman Barat, Simpang Empat hari ini, adalah wahana penyampaian informasi, sosialisasi aturan dan regulasi yang ada. Selain itu, menyamakan persepsi semua pimpinan Madrasah agar para guru  menjalankan proses pembalajaran dengan siswanya di Madrasah masing-masing makin bersahabat dengan semua aturan yang terkait dengan suasana masa pandemi terkait model dan sistem pembelajaran yang harus dilaksanakan, tegas Syamsul Arifin

Selanjutnya Ketua MK2MTs Sumatera Barat, Ade Febrian, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan minimal setiap dua bulan sekali, seperti di Pasaman Barat hari ini (Kamis-red), merupakan program kerja tahunan.Kegiatan ini, juga sarana saling berbagi informasi, sharing ilmu dan pengalaman, sekaligus ajang silaturrahi antar kepala MTs se Sumatera Barat.

Ade Febrian berharap kepada semua Kepala Madrasah yang hadir untuk.sama- sama mengikuti seluruh rangkaian acara rakor sampai selesai, karena kita sudah jauh-jquh datang dari 19 Kabuoqten Kota di Sumatera Barat, maka manfaatkanlah waktu yang ada ini untuk saling berbagi dan bersinergi sehingga agenda kerja kita bisa tuntas terlaksana dengan maksimal hari ini, harapnya.

Kemudian selaku tuan rumah Kepala MTsN 4 Pasaman Barat, Gusmayenti melalorkan tentang madrasahnya yang berada di kawasan ibukota kabupaten, merupakan lembaga pendidikan paforit, dengan jumlah siswa hingga awal semester II tahun pelajaran 2021-2022, sebanyak 1.138 orang. untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran di madrasah ini, rombongan belajar (Rombel) yang dipakai sebanyak 31 lokal, dengan 70 orang tenaga pengajar, PNS dan non PNS.

Berukutnya Kepala Madrasah juga menyampaikan bahwa MTsN 4 Pasaman Barat terletak di kabupaten yang berada di kawasan pesisir pantai Barat Sumatera, dan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara, terang Gusmayenti.

MTsN 4 Pasaman Barat alhamdulilah termasuk kategori Madrasah besar, karena jumlah siswanya yang sudah melebihi 1000 siswa, namun kondisi lahan berikut bangunan yang ada  masih terbatas.untuk itu kami berharap pada tahun tahun berikutnya bagaimana MTsN 4 Pasamana Barat ini juga mendapat bantuan bangunan melelui Kementerian Agama oleh Kementerian PUPR atau dengan pola bangunan SBSN harap Kamad.

Untuk meningkatkan kualitas dan prestasi pembelajaran serta membantu para siswa meringankan biaya di madrasah tentu kita membutuhkan bantuan semua pihak, baik dari pemerintah Daerah, Kementerian terkait serta masyarakat, alumni dan para dermawan dari manapun, sehingga semua itu akan menjadi daya lecut kami dengan seluruh majelis guru dan pegawai untuk terus meningkatan mutu madrasah ke depan, jelasnya.

Di akhir sambutanya kepala Madrasah juga melaporkan tentang kondisi Madrasah, jumlah serta keberadaan asrama yang bisa dimanfaatkan oleh siswa sebagai sarana penunjang program pembelajaran di madrasah, kemudian juga permohonan maaf atas pelayanan dan ucapan terimakasih atas semua bantuan tenaga dan semangat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah

28 Mar
Balas



search

New Post