Alfauzan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
6 Ajaran Pokok Dalam Tarekat Naqsabadiyah

6 Ajaran Pokok Dalam Tarekat Naqsabadiyah

Tarekat Naqsyabandiyah adalah sebuah tarekat utama dari ajaran tasawuf sunni. Namanya berasal dari Bahaudin al-Bukhari an-Naqsyabandi. Para guru Naqsyabandiyah menelusuri garis keturunan mereka hingga nabi Muhammad melalui Abu Bakar– khalifah pertama Islam– dan Ali bin Abi Thalib–khalifah keempat Islam

Berikut 6 Ajarannya yang perlu diketahui dan diamalkan agar makin dekat dengan Allah Swt sang Khaliq sbb :

*1. Tobat :*

Tobat atau pertobatan adalah pengakuan dosa, penyesalan yang tulus, dan niat untuk memperbaiki diri dan kembali kepada Allah SWT.

*2. Uzlah (Pengasingan Diri)*

Pengasingan diri dari keramaian manusia adalah praktik yang dianjurkan dalam tarekat ini. Ini membantu individu untuk fokus pada ibadah dan perjalanan spiritual mereka dengan lebih mendalam.

*3. Zuhud (Ketidak materialisan) :*

Konsep zuhud mengajarkan untuk tidak terlalu terikat pada kekayaan dunia dan materi. Para pengikut tarekat ini diajarkan untuk hidup sederhana dan tidak terlalu mengikuti nafsu duniawi.

*4. Takwa :*

Takwa adalah ketakutan dan ketaatan kepada Allah SWT. Ini mencakup kepatuhan terhadap ajaran-ajaran Islam dan menjalani kehidupan yang penuh kesadaran tentang Allah.

*5. Qana'ah (Menerima Kehendak Allah) :*

Qana'ah berarti menerima keputusan Allah dengan hati yang lapang. Ini mencakup sikap rela terhadap apa yang Allah tetapkan dalam hidup seseorang.

*6. Taslim (Berserah Diri) :*

Taslim adalah prinsip untuk berserah diri sepenuhnya kepada Allah. Ini mencakup pengakuan bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah, dan individu harus menerima dengan tulus.

Selain enam pokok ajarannya ini, tarekat Naqsabandi ini juga mengenal *"Rukun Yang Enam, Dalam Tarekat Naqsabandi" sbb :*

*1. Ilmu* *2. Penyantun* *3. Kesabaran* *4. Rela terhadap takdir Allah* *5. Ikhlas* dan *6. Berakhlak baik*

Semoga bermanfaat bagi kita semua aamiin...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

10 Oct
Balas



search

New Post