Alfauzan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jadilah Seorang Guru Pembeda

Jadilah Seorang Guru Pembeda

Guru bagaikan rembulan yang selalu memberikan cahaya bagi malam, mendamaikan hati, menyejukan perasaan muridnya tatkala diterpa kegelapan dalam perjalanan kehidupannya

Guru yang baik akan selalu mengantarkan cahaya harapan bagi perubahan yang dihadapi oleh muridnya, sebaliknya ketika guru gagal menghadirkan cahaya harapan terhadap murid-muridnya yang sedang bertumbuh, tentu akan mempengaruhi proses perkembangan jiwa dan semangatnya dalam menatap masa depan yang belum ada kepastiannya

Maka peran strategis gurulah yang diharapkan terus menerus memancarkan cahaya harapan serta melakukan indoktrinisasi nilai- nilai optimisme bagi.muridnya dalam menatap masa depan yang diharapkannya lebih baik dari.kindisi sekarang yang dihadapinya.

Sebaliknya ketika guru gagal memberikan keyakinan akan masa depannya maka dapat dipastikan kehancuran bagi peradaban kemanusiaan di.masa yang akan datang.

Untuk itu kita sangat meyakini bahwa peran serta guru sangatlah besar dalam melakukan transformasi nilai terhadap muridnya, sehingga diharapkan transformasi nilai-nilai oleh sang guru menjadi harapan dan perhatian bagi muridnya dalam menatap masa depannya yang lebih baik hendaknya.

Dalam kerangka itulah kita harus memastikan seorang guru wajib memiliki kharakter yang kuat, tangguh dan berwibawa bagi muridnya baik ucapan, perbuatan serta sikapnya dalam keseharian.

Karena pada gilirannya seorang guru akan dianggap oleh muridnya sebagai orang tua di lingkungan tempat belajarnya, hal itu tentu tidak terlepas dari kuatnya pengaruh dari kharisma sang guru tersebut sehingga sampai terbawa ke rumahnya karakter sang guru itu, guru yang demikian tentu akan menjadi teman tempat dia berbagi suka duka, ketika ada hal-hal yang bersifat pribadi dan personal bagi sang murid.

Guru dalam menjalankan tugasnya di samping harus memiliki kekayaan intelektual juga harus berjiwa besar, tulus hatinya dalam pengabdian baik dalam mengajar, mendidik, maupun dalam membentuk karakter yang baik bagi siswanya, karena harus diakui ada guru yang mendapat tempat yang khusus bagi muridnya melampaui apa yang semestinya di dapat dari orang tua kandungnya

Keberhasilan dari seorang murid adalah bentuk keberhasilan nyata dari perjuangan seorang guru. karena tugas utama seorang guru adalah mentransferk nilai2-nilai baik berupa ilmu pengetahuan, sikap mental maupun kecakapan dan keterampilanyang akan berguna sebagai bekalnya dalam menghadapi kehidupan di masa yang akan datang.

Kepribadian seorang guru sangat menentukan keberhasilannya dalam sebuah proses kegiatan pembelajaran, oleh karenanya seorang guru harus bisa menghidupkan dan mengoptimalkan suasana proses kegiatan belajar mengajar dengan baik.

Menjadi guru profesional wajib bagi seorang pendidik, artinya disini seorang guru tugasnya di samping mengajar dan mendidik , juga menanamkan nilai-nilai kharakter yang baik dan kuat bagi muridnya dengan segala kepiawaiannya dalam mengelola proses pembelajaran.

Mengelola proses pembelajaran harus memperhatikan berbagai hal, agar apa yang akan disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh murid, seorang guru harus memiliki keterampilan dalam mengajar mempersiapkan model pembelajaran dengan metode serta materi yang akan diajarkan.

Namun secara tekhnis guru harus memiliki profesionalitas serta standar kompetensi yang telah ditetapkan aturan pemerintah. Ada empat Standar Kompetensi Guru, yaitu: Kompetensi Pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial,

Ke empat standar Kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah sebagai jaminan seorang guru dalam memgemban amanah yang hebat dan mewah dalam berkontribusi mendidik generasi yang dapat diandalkan di masa yang akan datang.

Di samping itu secara personal seorang guru juga harus mampu menciptakan suasana kelas yang dinamis, kondusif, afektif dan tentunya menyenangkan, sehingga dalam pembelajaran antara guru dan murid terjadi interaksi yang baik dan tidak akan timbul rasa membosankan selama proses pembelajaran berlangsung.

Ketika seorang guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, kelas yang hidup, partisipasi siswa yang aktif selama proses pembelajaran berlangsung luar biasa, murid merasakan suasana hatinya penuh gairah dan berbahagia, maka di saat itulah seorang guru menjadi pembeda yang menghebatkan bagi muridnya.

Seorang guru profesional harus pintar dalam memilih strategi pembelajaran yang akan digunakan. Karena semangat dan niat belajar seorang murid tergantung kepada gurunya. Guru yang berhasil adalah guru yang mampu mentransferkan nilai-nilai dan ilmunya dengan mudah kepada muridnya.

Harapan kita setiap guru harus mampu menjadi guru yang ideal dan memiliki daya tarik bagi muridnya, sehingga dipastikan akan mendapat tempat tersendiri di hati muridnya. Karena guru yang memiliki daya tarik bagi muridnya akan sangat dirindukan kehadirannya oleh murid-muridnya. sehingga akan mudah bagi seorang guru dalam menyampaikan materi dan penanaman nilai-nilai.

Untuk menjadi guru yang mampu sebagai pembeda yang kehadirannya ditunggu oleh murid-muridnya harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Mendidiknya dengan penuh kasih sayang, menghargai dan memberikan perhatian yang tulus kepadanya.

2. Menciptkan suasana persahabatan yang tulus dari hati. sehingga mereka merasakan gurunya adalah idola baginya.

3. Terus memberikan motivasi kepadanya melalui cerita pengalaman, atau kata-kata yang membangun, agar peserta didik terus bersemangat dalam kegiatan belajar mengajar.

4. Memberikan penghargaan dan pujian ketika murid memiliki capaian prestasi yang membanggakan bagi dirinya.

5. Terus memberikan sentuhan dan pengayaan terhadap materi pembelajaran, yang memungkinkan mereka memiliki semangat yang tinggi untuk terus belajar.

6. Jadikan murid kita sebagai sahabat tempat mereka berbagi suka duka yang sedang dihadapinya baik persoalan pribadinya yang sedang tumbuh mengalami perubahan baik fisik maupun mentalnya.

7. Terus hadir di saat yang tepat serta datang disaat yang diperlukan, sehingga akan membuat hatinya terpaut dengan hati sang guru, ketika itu telah terjadi, maka itulah sesungguhnya guru pembeda yang mampu menghadirkan sesuatu bagi muridnya.

Semoga bermanfaat bagi kita semua terutama bagi para guru wassalam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

17 Dec
Balas



search

New Post