Alfauzan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Teruslah Belajar Ikhlas Dalam Beramal

Teruslah Belajar Ikhlas Dalam Beramal

Kelak akan ada hari-hari panjang yang sangat  berat dan melelahkan. Semua manusia pasti memerlukan bantuan dan perlindungan.

Ketahuilah sesungguhnya pada saat itu, tidak ada lagi yang bisa membantu, tidak ada lagi yang bisa melindungi, tidak ada lagi yang bisa melindungi dan menaungi Kecuali hanya Allah Swt.

Namun perlu diketahui dan dipahami bahwa mulai detik ini, saat ini, perlindungan dan pertolongan itu *_dapat dan bisa kita siapkan dari sekarang_*. Dengan memperbanyak amal kebaikan dengan ikhlas hanya mengharapkan ridhaNya semata, dan yang lebih utama adalah amal kebaikan yang dilakukan secara tersembunyi, tidak perlu dipublikasikan, tidak periu juga diceritakan kepada siapapun, untuk menjaga keilhlasannya.

Berat memang godaannya, namun itulah perjuangan dan latihan ikhlas yang wajib ditanamkan dan dilakukan agar mendapatkan sesuatu yang membawa manfaat dalam membantu kita meraih ridha serta berkah dari-Nya

Yakinkan diri kita, untuk terus melatih hati kita, agar terus menerus belajar ikhlas itu, tanamkan terus pelan-pelan bahwa muara semua yang kita ikhtiarkan akan menuju kepadaNya, dan sadari bahwa biarkan saja hanya Allah Swt. yang mengetahui amal yang kita perbuat itu, agar terasa indah dan nilainya.

Tentu sebagai insan dan makhluNya, kita akan terus merasakan betapa godaan serta keinginan- keinginan halus yang akan selalu terus  mempengaruhi qalbu kita, untuk menceritakan kepada orang lain tentang apa yang telah,  sedang dan yang akan kita perbuat, namun kita harus mampu menahan godaan-godaan tersebut, berupaya sekuat tenaga dan pikiran yang jernih untuk tidak menyampaikan atau menceritakan kepada siapapun amal kebaikan kita itu.

Kita pastikan itu adalah rahasia kita dengan Allah Swt, yang mesti terus kita sembunyikan kepada sesama makhluk, karena membuka rahasia kita kepada makhluk pasti senangnya sesaat, sementara nilai rahasia yang telah dibukakan pasti akan berkurang serta merusak kemurnian serta kesuciannya, biarlah rahasia kita itu tetap terjaga dengan Allah, agar nilainya benar-benar menjadi nilai terbaik di sisi-Nya.

Ketika amal atau kebaikan kita diberitakan dan disampaikan kepada orang lain, dipastikan sedikit banyaknya akan mengurangi nilainya serta akan merusak keikhlasan yang menjadi kunci semua amal tersebut.

Biarlah tidak ada manusia yang memuji, karena target kita bukan pujian dari manusia bahkan dikhawatirkan ketika amal kebaikan kita tersampaikan kepada orang lain, mungkin yang akan kita dapatkan pujian yang semu bahkan celaan tersembunyi dari orang-orang yang tidak menyukai kita.

Untuk itu berupayalah terus melatih diri menjadi seorang yang semakin hari semakin matang serta faham bagaimana sesungguhnya mengelola amal atau kebaikan yang telah kita perbuat.

Sebaliknya, ketika kita pernah bahkan sering membantu seseorang dengan cara-cara yang tidak pernah kita ceritakan kepada siapapun, kita lakukan berlandaskan keikhlasan semata karena-Nya, maka pasti di hati dan batin kita merasakan kenyamanan,  ketenangan dan kedamaian yang luar biasa., Allah Karim...

Sekali lagi pastikan bahwa apapun amal kebaikan yang pernah kita lakukan biarlah menjadi rahasia diri kita dengan Allah. Yakinkan diri kita bahwa kelak semua kebaikan yang berlandaskan keikhlasan tersebut akan menjadi pelindung dan penyelamat bagi kita, sebagaimana disampaikan dalam sebuah Hadits Nabi berikut ini :

Nabi saw bersabda yang artinya : *_”Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya… (salah satu adalah), seseorang yang bersedekah kemudian menyembunyikan sedekahnya, hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya” (HR. Bukhari dan Muslim)_*.

Menampakkan sedekah itu boleh. Namun jika menyembunyikan dari manusia, tentu jauh lebih terjaga keikhlasannya, karena amal yang dilandasi keikhlasan sekali lagi pasti nilainya luar biasa, biar hanya Allah saja yang mengetahuinya, yakinkan diri kita bahwa amal ikhlas yang kita lakukan itu akan menjadi amal yang melindungi kita kelak di hari penghabisan. Saat tidak ada lagi yang bisa melindungi diri kita kecuali hanya perlindungan dan naungan dari Allah SWT.

Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin......

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Persiapkan bekal untuk perjalanan panjang yang sebenarnya. Baarakallaahu

14 May
Balas



search

New Post