Ali Mustahib Elyas

Lahir di Pati Jawa Tengah pada 1967. Pendidikan dasar hingga menegah atas (Ibtidaiyah-Aliyah) ditempuh di satu madrasah yang sama. Sejak 1985 tinggal di Jakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web
Emosi Menulis dan Menulis Emosi

Emosi Menulis dan Menulis Emosi

Emosi itu kan, perasaan yang mendalam. Baik berupa perasaan senang, sedih, marah dan sebagainya. Jadi ya gak ada salahnya kita emosi. Malah terbukti, orang yang gak biasa menulis, tiba-tiba lancar menulis pas sedang emosi. Kalau begitu, sebetulnya emosi itu energi yang bisa kita peralat untuk memicu produktifitas dan dikendalikan agar tetap mengarah ke hal-hal yang konstruktif.

Lain soal kalau emosi sudah menjelma menjadi emosional. Perasaan mendalam itu akan semakin dalam dan terasa menusuk-nusuk hati dan menyesakkan dada. Kalau sudah begini, emosi bisa gak terkendali alias tanpa didasari obyektifitas dan bahkan bisa menimbulkan ledakan. Ia akan muncul sebagai ucapan sumpah serapah, makian, histeria, dan nada-nada sumbang lainnya. Bisa juga menjelma sebagai tulisan yang susunan kalimatnya tidak tertata dan absurd.

Emosi menulis atau melibatkan emosi ketika menulis, jelas dibutuhkan. Karena ini akan membuat setiap kata menjadi berdaya. Menulis emosi atau menuliskan sesuatu ketika sedang emosi, biasanya akan semakin menyeret penulisnya ke suasana emosional yang berakibat pada tertumpahnya kata-kata yang tidak seperti biasanya. Maka menulis emosi sebetulnya ada baiknya juga. Yaitu "kelancaran" dalam menulis. Cuma yg perlu diperhatikan, tulisan seperti ini akan lebih baik kalau tidak buru-buru dipublish karena hanya akan merusak citra diri sang penulis dan kurang bermanfaat bagi orang lain. Sebaiknya tulisan seperti ini disimpan dulu dalam catatan pribadi dan kelak bisa diedit menjadi tulisan yang lebih indah seperti hasil dari emosi menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren. Terimakasih ilmunya pak

26 Dec
Balas



search

New Post