Ali Anton Senoaji

Data Penulis : Nama Lengkap : Ali Anton Senoaji NIP &...

Selengkapnya
Navigasi Web

Guru Bangkit, Maju Negeriku

Guru Bangkit, Maju Negeriku

Ali Anton Senoaji

SMK Negeri 3 Yogyakarta

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) adalah organisasi perjuangan, ketenagakerjaan dan profesi, yang selalu berupaya mewujudkan guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. PGRI mempunyai peranan strategis dalam reformasi pendidikan nasional. PGRI berperan dan bertanggung jawab serta memperjuangkan dalam upaya mewujudkan serta melindungi hak-hak dan martabat guru dalam aspek profesi dan kesejahteraannya. PGRI sebagai organisasi guru, menjadi mitra pemerintah (Kemendikbud RI), selalu hadir menjadi garda terdepan untuk menyampaikan solusi pemikiran, sebagai upaya membangun kembali pendidikan di Indonesia yang berkualitas guna mempersiapkan guru-guru profesional menyikapi revolusi industri 4.0. Guru harus memberikan pengalaman kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman kognitif (olah pikir), afektif (olah rasa) dan psikomotorik (olah raga), agar para siswa menjadi pribadi yang memiliki keseimbangan jasmani maupun rohani, memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

Pengurus Besar PGRI dan seluruh guru se-Indonesia pada tanggal 25 November 2021, akan memperingati hari Hari Guru Nasioanal (HGN) yang ke-76 tahun. Dengan mengusung tema “Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” dengan #GuruMenolakMenyerahkarenaCorona.

Guna menyongsong Hari Guru Nasional (HGN) yang ke-76 tahun, PGRI Kota Yogyakarta sejak tanggal 18 Oktober – 25 November 2021 menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yang antara lain, Pelatihan Membuat Video, Lomba Sesorah, Lomba Video Pembelajaran, Lomba Artikel Non Penelitian, Lomba Menyanyi Solo, Lomba MTQ, Pertandingan Tenis Meja dan Bulutangkis. Dan sebagai puncak kegiatan akan menyelenggarakan Webinar dengan tema “Langkah Strategis PGRI Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kualitas Pemebelajaran Menuju Pendidikan Abad 21”

Tidak ketinggalan pula, PGRI Cabang Jetis Kota Yogyakarta dalam Kelompok Kerja (Pokja) Lingkar Belajar Guru (LBG) PGRI Cabang Jetis Kota Yogyakarta mengadakan forum diskusi yang dilakukan dalam dua tahap dari tanggal 21 Oktober hingga 4 November 2021. Lingkar Belajar Guru merupakan kegiatan diskusi para anggota PGRI guna membahas berbagai hal yang essensial, antara lain berkaitan dengan keorganisasian PGRI, keprofesian dan ketenagakerjaan. Kegiatan diskusi ini dilakukan di dua tempat yaitu di SMP Negeri 12 Yogyakarta dan SMP Negeri 6 Yogyakarta, yang di ikuti para guru di Kota Yogyakarta dari berbagai tingkatan TK hingga SMA/SMK.

Secara umum masih banyak persoalan-persoalan dunia pendidikan di Indonesia yang dapat kita lihat dan rasakan dengan keprihatinan yang mendalam, antara lain ; rendahnya pemerataan pendidikan, rendahnya mutu pendidikan, rendahnya relevansi pendidikan dengan tuntutan masyarakat/industri, rendahnya efektifitas pendidikan. Apalagi dalam kondisi pandemi, kurang lebih hampir dua tahun, dapat dipastikan mutu pendidikan di Indonesia menjadi terpuruk/rendah, dan ada rasa kekhawatiran juga siswa sekolah mengalami ketertinggalan pendidikan (learning loss)

Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting bagi suatu bangsa, karena dari pendidikan, akan terbentuk generasi yang berkarakter mulia, generasi muda yang beradab, cerdas, kreatif, berkualitas untuk menghadapi dan memecahkan permasalahan hidup yang akan dihadapi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju dan cepat, akan memaksa semua orang terutama guru/pendidik untuk mengupdate teknologi terbaru. Dunia pendidikan di Indonesia (baca : Yogyakarta) akan terus berbenah dan berubah secara signifikan sehingga akan banyak merubah pola pikir guru menjadi lebih modern (melek teknologi). Guru harus bangkit untuk berubah, guru harus menjadi agen perubahan, untuk menjadikan pendidikan di Indonesia lebih baik dan maju. Selamat Hari Guru Nasional yang ke-76, “Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” #GuruAgent PerubahanPerilaku.

Ali Anton Senoaji

Guru SMKN 3 Yogyakarta

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post