Alifah Nh

Pendidik di SMPN 1 Ngoro Mojokerto Alumni kelas menulis MG angkt 1 Surabaya Buku perdana Cergam "Tongkat Sakti Eyang Surgi"...

Selengkapnya
Navigasi Web

MAYANG RONTEK

#TAGUR 92#

Bentuk Transformasi Budaya Pengantin Mojoputri di Kabupaten Mojokerto

Tari Mayang Rontek merupakan tarian rakyat khas Kabupaten Mojokerto. Tari Mayang Rontek diciptakan oleh seniman Mojokerto, Setu, pada tahun 1993. Tarian ini menceritakan tentang proses arak-arakan Pengantin Mojoputri yang ada di kerajaan Majapahit,

Tari Mayang Rontek merupakan proses transformasi dari prosesi pengantin Mojoputri, dari wujud visualisasi prosesi yang merefleksikan karakter-karakter budaya pada zaman Majapahit, menjadi sebuah bentuk tarian yang mengadaptasi dan diakulturasi dengan unsur-unsur nilai budaya pada era modern saat ini.

Nama Mayang Rontek diambil dari ubohrampe (sarana atau prasarana) temanten. Mayang diambil dari sekar mayang yang mempunyai arti tongkol bunga atau kembang. Sedangkan Rontek adalah hiasan di atas tombak yang berbentuk rumbai- rumbai. Jadi arti dari nama Mayang Rontek adalah sebuah kembang mayang yang terdiri dari rontek-rontek atau rumbai-rumbai yang berbentuk kembang (bunga) sebagai bunga persembahan dalam pernikahan.

Tarian ini bisa ditarikan tunggal atau pun kelompok. Dalam bentuk kelompok biasanya berjumlah ganjil minimal 5 dan maksimal 9. Tari ini bisa ditarikan oleh remaja putri dari tingkat SMP hingga SMA.

#salam budaya

#budaya Mojokerto

#Mojokerto, 25 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen bgt bu. Harus di lestarikan ya bu

30 Aug
Balas

Salam. Budaya bunda... Keren

25 Aug
Balas

Terimakasih

26 Aug



search

New Post