Ali Mahsun

Pengabdi di MTs Negeri 1 Grobogan Jawa Tengah, mata pelajaran bahasa Inggris. Ingin mempererat silaturahmi, hubungi di [email protected] ...

Selengkapnya
Navigasi Web
(PENTIGRAF) Arti Sebuah Nama
Gambar: https://satujam.com/

(PENTIGRAF) Arti Sebuah Nama

(Terukir asa pada sebuah nama; Doa)

Siang itu kantor kelurahan desa Kedungsuko terasa heboh. Gara-garanya, seorang warga bernama Jian Raisin, protes karena tidak tercatat dalam daftar calon pemilih di Pilkada bulan depan. Menurut petugas pencatat pemutaakhiran data, nama Jian-Raisin tidak terlihat oleh kaca mata berlensa lup yang digunakannya. Parahnya, dia bukan mengapresiasi, tapi malah mengusulkan untuk berganti nama dengan yang lebih komersial, katanya.

Mendengar aduan istrinya, Two-kyo menggelegak darah mudanya. Dia sudah pasang kuda-kuda untuk melabrak petugas yang menurutnya telah melecehkan nama pemberian mertuanya, namun istrinya itu justru melarang. Istrinya beranggapan bahwa namanya memang sudah out-of-date sehingga harus diganti, agar tidak menjadi bahan olokan rekan kerjanya. Sudah lama dia menginginkannya, namun tak berani mengungkapkan. Inilah waktu yang tepat, dia ingin mengubah namanya dengan yang lebih nonjok dan ‘berarti’.

Semua persiapan telah dilakukan, dari memasak ‘jenang abang’ sampai mengumpulkan berkas untuk dibawa ke kantor catatan sipil. Dengan tekad bulat, nama yang sudah disandang selama tiga dasawarsa itu, akan diubah dengan yang lebih ‘bermakna’. Setelah semua siap, dia mengundang pak RW untuk memimpin upacara pengubahan nama itu. Sebelum upacara dimulai, pak RW disodori secarik kertas berisi tulisan nama baru itu. Dengan tenang namun tegas, pak RW berkata, “Dengan ini saya umumken, nama Jian-Raisin diganti dengan Jian-thenan.” Hadirinpun pada berbisik, “Huhh!...., sebelas duabelas dengan yang lama.”

 

Grobogan, 18 Juli 2020

 

#Pentigraf (14)

#tantangangurumenulis_18_gurusiana.id

By: Mistersun

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jian juga ya Pak. Cuma lebih Tenar.

18 Jul
Balas

Ya bu Nur. Padahal gak Jian-jian lo ya

19 Jul

Jian apik

18 Jul
Balas

Penulisnya mungkin Jian Ragenah. He he he...bu Endang. Salam literasi

18 Jul

Keren Pak pentigrafnya, salam literasi

19 Jul
Balas

Terima kasih. Sukses bersama orang-orang hebat di sini

19 Jul

Jian joss tenan Pak. Salam literasi :)

18 Jul
Balas

Selamat sukses di komunitas orang-orang hebat, bu Dian

18 Jul

Haaa, komen yang dengar lucu

18 Jul
Balas

Mantul bu Rahmi. Sukses selalu. Salam literasi

18 Jul

Hehehheh jian,,,,mantap Pak pentigrafnya

18 Jul
Balas

Padahal gak Jian-jian lo bu Tia. Kita dipertemukan komunitas orang-orang hebat. Salam literasi

18 Jul

salam kenal ya Jian-tenar..Semoga cepat ganti nama Wish-thenar . sukses ya Pak

18 Jul
Balas

Terima Kasih bu Sisca. Sukses bersama komunitas orang-orang hebat di sini.

18 Jul



search

New Post