Ali Mokhamad

Ali Mokhamad. Guru SMA Semen Tonasa, Pangkep, Sulsel. Lahir di Lumajang, 1 Februari 1968. Menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Hasanuddin Fakultas ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Berkarya, Guru Berjaya

Guru Berkarya, Guru Berjaya

Guru Berkarya, Guru Berjaya

Oleh Ali Mokhamad

(Guru SMAS Semen Tonasa Pangkep)

Guru benar-benar dituntut untuk memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan profesinya. Oleh karena itu, guru seharusnya tidak boleh berhenti dan tidak boleh lelah untuk belajar. Belajar bisa kepada siapa saja, bisa kepada teman seprofesi, orang tua, buku, media massa, dan yang tidak boleh ketinggalan belajar dari peserta didik. Hal inilah yang mengharuskan guru untuk berada dalam suatu komunitas yang mewadahi untuk menuangkan ide dan kreativitasnya. Sehingga nantinya guru bisa menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bukan hanya bagi dirinya, tetapi juga bagi warga sekolah dan kemajuan dunia pendidikan pada umumnya.

Guru yang kaya akan ide-ide dan keterampilan akan dapat memotivasi dirinya dan warga sekolah untuk berkarya. Sehingga melalui karya-karya yang dihasilkannya, seorang guru dapat berbagi pengalaman dan keterampilan sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Agar guru dapat menghasilkan karya-karya, seorang guru dapat melakukan serangkaiana proses selama dia menjalankan tugasnya. Awalnya bisa dengan mengkaji berbagai permasalahan yang dihadapi baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Berdasarkan permasalahan inilah, selanjutnya guru dapat melakukan tahapan-tahapan yang ia lakukan. Setelah guru mencatatat berbagai permasalahan, semua bisa dituliskan kembali pengalamannya dalam bentuk cerpen, puisi, opini, PTK, kolom maupun bentuk karya lainnya.

Hal-hal tersebut merupakan dasar-dasar dan merupakan indikasi lahirnya karya-karya guru. Guru mau tidak mau, suka dan tidak suka harus selalu berkarya. Dengan berkarya, guru akan bisa mengantarkan impian-impian anak didik. Anak didik sebagai objek pendidikan akan terus menerima proses sosialisasi dan internalisasi berbagai hal dari guru. Sehingga guru yang telah memiliki karya berarti telah menunjukkan kemampuan dalam bidang tugasnya secara professional. Dengan karyanya, guru akan selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman dan mengupdate pengetahuan dan keterampilannya. Dengan demikian, maka guru akan semakain berjaya. Berjaya dalam menjalankan tugas-tugasnya dan berjaya dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Beberapa hal penting yang harus dilakukan guru agar dapat berkarya antara lain memiliki perencanaan yang mumpuni. Maksudnya dengan perencanaan yang mumpuni agar menghasilkan karya-karya yang mumpuni pula. Selain itu, alokasi waktu yang efektif

Di Tengah-tengah kesibukan seorang guru dalam menjalankan tugasnya, guru harus membagi waktu yang tepat. Jangan menunggu kesempatan, tetapi yang terpenting adalah ciptakan kesempatan. Jika alokasi waktu efektif, maka hal tersebut bisa saja mengganggu tugas wajib seorang guru maupun keluarganya. Selain itu, ciptakan suasana cinta dan riang. Cintai apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang dicintai. Dengan cara ini, maka guru akan memiliki kenyamanan hati dalam melakukan berbagai pekerjaan. Suasana hati akan ikut menentukan pekerjaan yang sedang dilakukan. Maka hati haruslah dalam kondisi terbaik, agar karya yang dihasilkan juga terbaik. Terakhir adalah pantang menyerah dan tidak suka mengeluh. Apapun pekerjaan yang dilakukan dan sesulit apapun yang dialaminya, tidak boleh ada kata menyerah. Harus ada tekat yang bulat dan kemauan yang kuat dalam menghadapi berbagai permasalahan.

Guru berkarya, guru berjaya. Kalimat ini akan mengantarkan kita untuk berkontemplasi bahwa melalui karyanya, seorang guru akan dapat menghidupkan ide-ide dan kreativitasnya. Karya-karya guru akan tetap hidup selamanya. Generasi pelanjut akan dapat merasakan jiwa dan pengaruh guru melalui karya-karyanya. Oleh karena itu, guru haruslah terus selalu berkarya. Karena dengan berkarya guru akan semakin berjaya.

PENULIS

Drs. Ali Mokhamad. Guru SMAS Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Lahir di Lumajang, Jawa Timur, 1 Februari 1968. Menamatkan pendidikan SD sampai SMA di Kab. Lumajang dan menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Hasanuddin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Sosiologi. Penulis telah menerbitkan dua buku tunggal yaitu “Berselancar di Atas Awan: Kumpulan Artikel dan Cerita Inspiratif” dan “Pangkep Boledong: Esai-Esai Kehidupan tentang Pembentukan Karakter Melalui Kearifan Lokal”.

Kontak dengan penulis bisa melalui HP/WA: 082119449474, email: [email protected], dan blog Gurusiana http://alimokhamad.gurusiana.id

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Top.keren smg lolos lomba.

20 Nov
Balas



search

New Post