Ali Mokhamad

Ali Mokhamad. Guru SMA Semen Tonasa, Pangkep, Sulsel. Lahir di Lumajang, 1 Februari 1968. Menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Hasanuddin Fakultas ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perpustakaan, Gerbang Menuju Peradaban Baru

Perpustakaan, Gerbang Menuju Peradaban Baru

Perpustakaan, Gerbang Menuju Peradaban Baru

Oleh Ali Mokhamad (Guru SMAS Semen Tonasa Pangkep)

Peranan perpustakaan sekolah dalam proses belajar-mengajar sangat penting. Hal ini selain tergantung pada kemampuan perpustakaan dalam menjalankan fungsinya, juga adanya usaha siswa untuk memperoleh informasi melalui perpustakaan. Di sinilah adanya hubungan timbal balik antara siswa dan perpustakaan tersebut. Siswa mempunyai kebutuhan dalam memperoleh informasi dan informasi itu dapat diperoleh dan dipenuhi oleh perpustakaan. Selain itu perlunya perhatian sekolah untuk memberdayakan perpustakaan sekolah dengan segala penunjang yang dibutuhkan.

Guru sebagai fasilitator, perlu banyak memotivasi siswa untuk menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, baik dengan memberikan tugas terstuktur yang datanya didapat dari buku referensi yang ada di perpustakaan, maupun dengan cara membuat anak menjadi terampil membaca dan menuliskan resume dari buku yang dibacanya. Dengan demikian akan menumbuhkan minat baca siswa sehingga mereka dapat bekerja menjadi individu yang gemar menggali informasi dari buku sebagai jendela dunia.

Oleh karena itu, untuk menunjang hal tersebut harus ada perpustakaan yang efektif, yaitu perpustakaan yang mempunyai koleksi bahan pustaka yang memadai bagi siswa untuk mencari informasi. Buku-buku tersebut harus sesuai dengan kurikulum sekolah dan bacaan yang sesuai dengan selera para pembaca yaitu para siswa yang ada di sekolah tersebut. Sesuai dengan UU Perpustakaan No 43 Tahun 2007 menjelaskan bahwa koleksi perpustakaan diseleksi, diolah, disimpan, dilayankan, dan dikembangkan sesuai dengan kepentingan pemustaka dengan memperhatikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, selain koleksi yang harus diperhatikan adalah suasana perpustakaan yang menarik perhatian siswa, nyaman, mempunyai tempat yang cukup untuk siswa dalam membaca, menulis dan jika memungkinkan ada juga fasilitas komputer.

Lokasi perpustakaan juga harus berada pada tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan. Luas ruang perpustakaan juga harus memadai dengan penerangan yang bagus, tempat duduk yang nyaman untuk membaca. Buku-buku hendaknya tersusun dengan rapi dan terpajang di rak buku. Untuk itu diperlukan pustakawan yang benar– benar seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan atau pernah mengikuti pelatihan dalam perpustakaan. Pustakawan mempunyai hak otonom dalam hal mengatur, mengolah koleksi cetak dan elektronik. Pustakawan juga harus bersikap ramah dan luwes dalam memberikan pelayanan kepada pembaca dan memberikan informasi berkaitan dengan koleksi perpustakaan dengan pelayanan yang baik. Kondisi yang demikian akan membuat pembaca merasa senang dan rajin untuk mengunjungi perpustakaan tesebut. Sehingga minat baca pada siswapun menjadi meningkat. Sehingga perpustakaan juga bisa berfungsi sebagai perlengkapan pendidikan yang memiliki kemampuan dalam menjembatani proses transfer ilmu pengetahuan kepada siswa.

Mengacu pada hal tersebut di atas, maka hal ini sejalan dengan tujuan perpustakaan sekolah dalam proses pendidikan sepanjang hayat. Perpustakaan sekolah diharapkan juga mampu untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan dan upaya menumbuhkan minat baca. Dengan meningkatnya minat baca pada siswa akan berimbas pada kemajuan pendidikan di Indonesia serta mampu mengarahkan pada tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu diperlukan kerja sama antara pemerintah, kepala sekolah, guru, pustakawan serta komite sekolah dalam membuat program kerja untuk memberi layanan yang maksimal kepada pemustaka. Hal ini agar perpustakaan sekolah dapat memberikan peranan sebagai penunjang proses belajar dan mengajar dan juga dapat meningkatkan mutu bagi pendidikan di Indonesia.

Jika semua hal tersebut terpenuhi, maka peradaban baru akan segera terwujud. Siswa dan semua elemen sekolah bersatu padu memanfaatkan perpustakaan secara efektif dan efisien. Suasana pendidikan di sekolah menjadi dinamis dengan segala laka-likunya yang diwarnai dengan suasana membaca yang kondusif dan menyenangkan. Semoga!

PROFIL PENULIS

Drs. Ali Mokhamad. Guru SMAS Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Lahir di Lumajang, Jawa Timur, 1 Februari 1968. Menamatkan pendidikan SD sampai SMA di Kab. Lumajang dan menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Hasanuddin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Sosiologi.

Kontak dengan penulis bisa melalui HP/WA: 082119449474, email: [email protected], dan blog Gurusiana http://alimokhamad.gurusiana.id

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi!

14 Oct
Balas

Keren pak ulasannya

27 Oct
Balas

Sangat menarik dan sangat bermanfaat semoga sukses dan lolos untuk kesekian kalinya

14 Oct
Balas

Top slmt smg dpt msk meja juri dan lolos bersama penulis 2 hbt lainnya.

14 Oct
Balas



search

New Post