Ali Muttaqin

Saya adalah Guru MIS KP Puruk Cahu Kalimantan Tengah Sejak Tahun 2012 hingga sekarang. MIS KP adalah sekolah paling muda di Kabupaten Murung Raya yang berdiri t...

Selengkapnya
Navigasi Web
Komitmen MIS KP Membangun Generasi Yang Berakhlak

Komitmen MIS KP Membangun Generasi Yang Berakhlak

Kebahagiaan dan kebanggaan menyelimuti keluarga besar MIS Karya Pembangunan Puruk Cahu. 6 tahun lebih sudah madrasah termuda yang ada di Kabupaten Murung Raya mengarungi perjalanannya mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Suka dan duka, sedih dan senang dan segenggam prestasi telah kita raih dan kita persembahkan, semoga ke depan MIS KP semakin maju dan jaya. MIS KP sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Karya Pembangunan akan terus konsisten untuk memegang teguh akhlakul karimah dalam menjalankan kurikulum ditingkat pendidikan dasar.

Akhlakul karimah bukan lagi menjadi wacana dan retorika namun sudah menjadi kewajiban dan keharusan bagi MIS KP dalam membentuk karakter peserta didik sebagai bekal di kehidupan mereka mendatang untuk menjadi generasi yang kokoh dan tidak mudah goyah dengan tantangan zaman yang semakin sulit dan kompleks.

Anak-anak kita adalah anak-anak yang akan hidup di zaman yang berbeda dengan kehidupan kita saat ini. Tantangan tekhnologi yang sudah tidak terbendung lagi akan menggerus akhlak anak-anak kita, apabila kita tidak memberikan dan menyemai bekal pendidikan yang cukup. Oleh karena itu pendidikan akhlak harus menduduki rangking pertama dalam kehidupan.

Pendidikan akhlak akan membentuk keutamaan perangai, tabiat yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan oleh anak sejak masa kecil hingga mereka telah siap mengarungi lautan kehidupan. Ia tumbuh dan berkembang dengan berpijak pada landasan iman kepada Allah dan terdidik untuk selalu kuat, ingat bersandar, meminta pertolongan dan berserah diri kepada Allah, maka ia akan memiliki potensi dan respon yang instingtif di dalam menerima setiap keutamaan dan kemuliaan hidup.

Pendidikan akhlak yang kuat akan berimplikasi pada beberapa aspek kehidupan anak. Karena kita sebagai orangtua tentunya sangat tidak menginginkan anak-anak kita tumbuh cerdas akademiknya namun bobrok akhlak dan perilakunya. Akhlak inilah yang kelak kemudian akan menjadi bekal yang nyata dalam kehidupan mereka.

Pendidikan akhlak yang telah tertanam dalam diri anak maka akan menumbuhkan kebiasaan berakhlak mulia, membiasakan anak bersikap rela, optimis, percaya diri, tahan menderita dan sabar. Selain itu akhlak yang kuat akan membimbing anak ke arah sikap yang sehat dan dapat membantu mereka berinteraksi sosial yang baik, mencintai kebaikan untuk orang lain, suka menolong, sayang kepada yang lemah dan menghargai orang lain.

Bapak/ibu selaku orangtua bisa memilih kendaraan yang terbaik untuk menopang mobilitas, memilih rumah yang terbaik untuk tempat berlindung, maka sudah semestinya kita selaku orangtua juga memilihkan tempat pendidikan yang terbaik untuk bekal mereka dalam kehidupannya kelak.

MIS KP berusaha menjadi bagian dari solusi terbaik yang akan menanamkan dan menyemai akhlak yang baik kepada anak-anak dengan metode keteladanan, memberikan tuntunan, memberikan dorongan dan nasehat untuk terus dan senantiasa berbuat baik dalam kesehariannya. Selain itu banyak kegiatan dan pembiasaan yang terus ditanamkan oleh madrasah terhadap anak-anak seperti berdo’a sebelum masuk kelas dan keluar kelas, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, muraja’ah hafalan do’a dan surah, shalat duha berjama’ah, jum’at takwa dan jum’at sehat, shalat zuhur berjama’ah dan lain sebagainya.

Semoga berbagai macam upaya yang dilakukan dalam rangka menyemai akhlak yang baik terhadap anak-anak senantiasa melekat dalam diri mereka hingga kelak mereka menginjak usia remaja dan dewas. Karena merekalah investasi yang sesungguhnya, tabungan yang tiada batas, investasi dunia dan akhirat yaitu menjadi anak yang shaleh dan shalehah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pak...!

09 Dec
Balas

hehe

10 Dec



search

New Post