Ali Muttaqin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kami Sambut Pagi dengan Ibadah Shalat Dhuha

Kami Sambut Pagi dengan Ibadah Shalat Dhuha

Umat Islam memiliki kewajiban melaksanakan salat fardu yaitu subuh, zuhur, ashar, magrib dan isya, di samping itu ada kalanya juga mengerjakan salat sunah, seperti salat sunah dhuha. Salat yang dilaksanakan pada saat matahari sepenggalahan naik ini memiliki beberapa manfaat yang cukup baik bagi umat Islam yang mengerjakannya. Bahkan shalat Dhuha merupakan salah satu di antara shalat-shalat sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Banyak penjelasan para ulama, bahkan keterangan Rasulullah Saw yang menyebutkan berbagai keutamaan dan keistimewaan shalat Dhuha bagi mereka yang melaksanakannya.

Salah satu di antara manfaat itu adalah untuk membukakan pintu rezeki. Selain itu, bagi sebagian orang meyakini bahwa shalat dhuha dapat membantu dalam mendapatkan kesuksesan. Namun pada dasarnya kesuksesan juga tidak bisa didapatkan hanya dengan berdoa tanpa ada usaha. Oleh karena itu agar lebih seimbang dan juga menjadi berkah, semuanya harus dilakukan yaitu dengan berusaha dan ditunjang dengan berdoa, dan salah satu wasilah dalam berdo’a adalah dengan melaksanakan salat dhuha.

Selain itu salat dhuha yang dilakukan pada saat pagi hari sampai dengan menjelang dhuhur, di mana pada jam-jam tersebut merupakan waktu yang sangat baik untuk berolahraga. Oleh karena itu melakukan salat dhuha sama saja dengan berolahraga karena nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang serta otot karena setiap persendian bergerak, mulai dari tangan, siku sampai dengan lutut dan kaki. Manfaat gerakan salat memang dapat memberikan efek olahraga tanpa kita sadari.

Berdasarkan riset yang dilakukan para penliti, salat dhuha juga dapat meningkatkan kesehatan, kecerdasan dan kecantikan. Manfaat salat dhuha dari segi kecantikan karena air wudhu dapat menjaga kebersihan dan kesegaran kulit wajah. Pada saat berwudhu tentu saja kulit akan kencang sehingga tidak mudah kendur dan memberikan manfaat agar awet muda.

Atas dasar itulah MAN 1 Murung Raya yang berada di jalan KH Ahmad Dahlan Puruk Cahu telah memprogramkan salat dhuha berjamaah setiap pagi Kamis mulai pukul 06.40-07.00 WIB sebelum memulai proses pembelajaran. Semua siswa khususnya laki-laki dan perempuan yang tidak berhalangan diwajibkan untuk melaksanakan shalat dhuha berjama’ah yang bertempat dihalaman madrasah. Kegiatan shalat dhuha ini dipimpin oleh dewan guru yang telah dijadwalkan oleh wakamad bagian kesiswaan, untuk hari pertama pelaksanaannya di tahun ajaran 2021/2022 dipimpin oleh Bapak Ali Sadikin.

Puruk Cahu, 27 Januari 2022

Ali Muttaqin, S.Pd.I

Guru MAN 1 Murung Raya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masyaallah adem dan teduh melihat para siswa tertib menjalankan ibadah sholat. Salam dan Semangat selalu pak guru. Izin follow

27 Jan
Balas

inggih terima kasih bu, salam sehat dan salam literasi.

27 Jan

Pembiasaan yang baik, menyejukkan mata saat melihatnya

27 Jan
Balas

Trm kasih Bu, semoga kami istiqamah.

27 Jan

Aamiin, semoga

27 Jan



search

New Post