Ali Muttaqin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membangun Kecakapan Public Speaking Melalui Muhadharah

Membangun Kecakapan Public Speaking Melalui Muhadharah

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, bahwa komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi baik itu berupa pesan, ide, atau gagasan dari pihak pemberi kepada pihak penerima. Seseorang yang memiliki keterampilan berbicara mudah dalam menyampaikan pesan, ide, dan gagasan kepada orang lain, keberhasilan menggunakan pesan, ide, dan gagasan itu dapat diterima oleh orang yang mendengarkan atau yang diajak bicara. Sebaliknya seseorang yang tidak memiliki keterampilan berbicara akan mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide gagasannya kepada orang lain.

Di era globalisasi seperti sekarang ini kemampuan untuk berbicara sangat dibutuhkan baik berbicara dalam konteks resmi maupun tidak resmi, karena seseorang mampu menyampaikan apa yang dikehendakinya melalui bicara. Kemampuan seseorang untuk berbicara biasanya tidak sama, tergantung bagaimana seseorang tersebut mampu berfikir secara kritis dalam menghasilkan kata-kata sehingga masih banyak orang yang sulit untuk berbicara di depan umum dalam menyampaikan sesuatu. Namun, banyak orang yang menganggap hal tersebut tidak penting. Padahal sangat penting untuk menguasai bahasa agar dapat menyampaikan pesan, ide, dan gagasan kepada orang lain. Apalagi tidak mudah untuk mahir berbicara di depan umum tanpa adanya pengalaman dan wawasan yang luas. Untuk itu perlu adanya dorongan motivasi agar lebih berani untuk tampil berbicara di depan umum.

Untuk mencapai keberhasilan berbicara di depan umum tersebut maka diperlukan adanya pengembangan potensi yang terus menerus dilakukan kepada para generasi muda. Dan salah satunya dengan mengadakan pengembangan potensi peserta didik yang tak lain adalah para geberasi muda Islam sejak dini. Pengembangan potensi peserta didik ini dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler, yakni kegiatan muhadharah.

Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh MAN 1 Murung Raya dan sudah berjalan sejak beberapa tahun yang lalu. Kegiatan ini dilaksanakan secara periodik satu kali dalam seminggu yakni setiap hari Rabu pagi sebelum pembelajaran dimulai. Pelaksana kegiatan muhadharah adalah setiap kelas secara bergiliran dan pada hari Rabu, 26 Januari 2022 diawali dari kelas XII MIPA 1. Tempat pelaksanaan kegiatan muhadharah ini adalah di halaman madrasah tepatnya di depan ruang kantor guru.

Dalam Muhadharah para siswa siswa MAN 1 Murung Raya dituntut untuk berbicara serta berpidato dengan penguasaan teknik, materi, dan gaya bahasa dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa adalah kecakapan public speaking. Melalui kegiatan muhadharah diharapkan siswa MAN 1 Murung Raya terbentuk rasa percaya dirinya sehingga mampu berbicara dan berkomunikasi dengan baik ketika berada didalam maupun luar kelas, ketika pembelajaran maupun ketika berhadapan dengan orang banyak di luar kelas.

Puruk Cahu, 26 Januari 2022

Ali Muttaqin, S.Pd.I

Guru MAN 1 Murung Raya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post