Ali Muttaqin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengapa Harus Debat?

Mengapa Harus Debat?

Kata debat mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan ketika memasuki musim pemilihan umum baik pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah seperti pemilihan bupati/ wakil bupati, gubernur/ wakil gubernur bahkan pemilihan presiden dan wakil presiden. Dan ternyata kegiatan debat juga telah merambah pada kegiatan pemilihan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terutama dalam rangka pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS tidak terkecuali pada MAN 1 Murung Raya Kalimantan Tengah.

 

Secara umum debat merupakan kegiatan yang mengadu argumentasi antara dua pihak atau lebih dan bersifat perorangan maupun kelompok, serta bertujuan mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), debat adalah pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

 

Dalam rangka pemilihan Calon Ketua dan Wakil Ketua Osis MAN 1 Murung Raya periode 2021/2022, panitia telah mengagendakan kegiatan debat yang dilaksanakan pada tanggal 21 januari 2022 yang lalu. Di mana debat ini merupakan agenda terakhir sebelum dilakukannya pemilihan yang diikuti oleh empat pasang kandidat yakni kandidat nomor urut 1 atas nama Weka Athaya Alkanu WS dan Yurilla Audia Putri, kandidat nomor urut 2 atas nama M. Siha Muzakky dan Ummu Atiyah, kandidat nomor urut 3 atas nama Ramzi dan Dhea Fatehah Razzmi serta kandidat nomor urut 4 atas nama Nazzar Raihan dan Dina Juniarti. Adapun moderator dipimpin oleh Bapak Ali Muttaqin, S.Pd.I, M.Pd.

 

Dalam kegiatan debat tersebut moderator membagi kepada tiga sesi yakni sesi pertama pertanyaan yang diajukan moderator kepada semua kandidat dengan dua pertanyaan yang sama. Kemudian sesi kedua yakni sesi saling debat antar kandidat di mana kandidat saling bertanya dan saling menanggapi. Sesi ketiga adalah sesi pertanyaan yang diajukan oleh perwakilan dewan guru dan juga perwakilan siswa. Terakhir adalah pernyataan penutup dari masing-masing kandidat.

 

Debat terbuka kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS MAN 1 Murung Raya periode 2021/2022 ini disambut dengan antusias oleh seluruh warga madrasah baik guru maupun siswa. Hal ini terlihat dengan semangat semuanya menyimak visi, misi, dan program kerja yang disampaikan oleh masing-masing kandidat, serta merespon positif setiap hal yang disampaikan dalam debat. Hal tersebut karena seluruh warga MAN 1 Murung Raya mengharapkan adanya kemajuan yang bisa ditorehkan oleh kepengurusan OSIS periode yang akan datang.

 

Dengan diadakannya debat terbuka ini diharapkan seluruh warga MAN 1 Murung Raya mengetahui bagaimana para kandidat dalam mengemban tugas dan tanggung jawab mereka terhadap jabatannya nanti, sehingga dalam pemilihan ketua, wakil ketua, yang dilaksanakan tanggal 24 Januari 2022 dapat berjalan dengan lancar, dan terpilih kandidat yang terbaik diantara yang baik.

 

Tujuan dari debat ini adalah untuk memberikan orasi tentang visi dan misi calon kandidat serta menyampaikan berbagai macam solusi saat masalah-masalah yang mungkin akan muncul ketika terpilih menjadi ketua OSIS. Harapannya debat ini memberikan pertimbangan bagi calon pemilih untuk menentukan calon ketua OSIS yang terbaik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post