Ali Muttaqin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mewujudkan Siswa Yang Berkarakter

Mewujudkan Siswa Yang Berkarakter

Pendidikan tidak sekedar membentuk manusia yang cerdas secara intelektual, tetapi juga membentuk manusia yang santun secara moral dan shaleh secara spiritual. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Undang-Undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 yang menyatakan bahwa “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan darinya, masyarakat, bangsa dan Negara”.

Berdasarkan penjelasan di atas, pendidikan pada dasarnya menekankan pentingnya penanaman karakter, baik itu karakter sikap social maupun sikap spiritual. Penanaman karakter ini semakin penting untuk diperjuangkan dalam upaya tindakan prefentif mengantisifasi dekadensi moral atau kemerosotan akhlak.

Memiliki karakter yang baik dan akhlak terpuji merupakan modal dasar untuk hidup baik dalam skup yang kecil seperti dalam berkeluarga maupun dalam skup yang besar yakni bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karakter merupakan pondasi dasar bagi setiap individu dalam berhubungan dengan sesama manusia atau hablum minannas maupun hubungan dengan sang pencipta atau Hablum Minallah.

Sebagai salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, maka MAN 1 Murung Raya menanamkan pendidikan karakter yang menyentuh ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, dengan menggalakkan kegiatan tadarus Al Qur’an. Tadarus Al-Qur'an salah satu program utama Madrasah dalam membangun karakter spiritualitas siswa.

Sebanyak 600 lebih siswa Madrasah Aliyah Negeri I Murung Raya menjadikan Tadarus Al Quran sebagai kegiatan atau program rutin mingguan yang dilaksanakan setiap hari selasa pagi mulai pukul 06.30 sampai pukul 06.50 WIB (sebelum proses belajar mengajar dimulai) ini untuk menambah ibadah pada Allah SWT serta untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan ladang pahala bagi siswa. Pada tahun ajaran 2021/2022 kegiatan tadarus Al Qur’an perdana dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Januari 2022 dihalaman madrasah dan dipimpin oleh Hasim Muzadi dan Al Fajri dari kelas XII Keagamaan.

Tadarus Al-Quran merupakan salah satu kegiatan Islami yang berasal dari kata "Tadrusun" yang artinya mengkaji atau mempelajari, jadi tadarus Al Qur'an artinya mengkaji dan mempelajari atau memahamu Al Qur'an. Tujuan kegiatan Tadarus Al-Quran ini selain untuk mempertebal keimanan dan ketaqwaan siswa, mengasah jiwa spiritual, juga dalam rangka menjadikan MAN 1 Murung Raya sebagai madrasah yang religius dan berakhlak mulia di Kabupaten Murung Raya bahkan Provinsi Kalimantan Tengah. Pada akhirnya semua siswa siswi lulusan dari MAN 1 Murung Raya ini diharapkan telah lancar membaca Al Qur’an sehingga setelah lulus nanti tidak hanya kompeten dalam bidang ilmu keahlian sesuai jurusan masing-masing tetapi juga menjadi manusia yang taat pada agama Islam dengan menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman dalam bersikap dan bertindak.

Puruk Cahu, 25 Januari 2022

Ali Muttaqin, S.Pd.I

Guru MAN 1 Murung Raya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya pak

25 Jan
Balas

Terima kasih pak, salam literasi.

25 Jan



search

New Post