Alina Said, S.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
 Metode Foxfire  melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek

Metode Foxfire melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek

 

 

 

 

 

            Dalam pembelajaran kurikulum 13 kita mengenal berbagai model pembelajaran, seperti model pembelajaran Saintifik, Discovery learning, Inquiry learning, Comperatif learning, Problem Based Learning dan Berbasis Proyek. Model-model ini digunakan oleh pendidik sebagai strategi untuk mentransformasikan kompetensi dasar  agar tercapainya tujuan dari pembelajaran sesuai dengan program per-jenjang pendidikan.

 

 

                Di samping model-model pembelajaran di atas, kita juga mengenal nama yang disebut dengan metode. Jelas antara keduanya sangat berbeda. Dalam hal ini penulis hanya akan mengkaji tentang suatu metode yang digunakan pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni metode Foxfire. Metode Foxfire adalah suatu metode yang sangat unik digunakan oleh pendidik dan sangat mungkin dapat dicoba untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar. Karakteristik ”siswa aktif” amat menonjol dan sangat kelihatan dalam metode ini. Demikian juga dengan karakteristik ”menyenangkan”. Pendek kata metode ini dapat diterapkan di dalam proses belajar mengajar yang menggunakan pendekatan PAKEM.

 

 

                Metode Foxfire sebenarnya merupakan metode penugasan atau pemberian tugas kepada peserta didik untuk melakukan kajian kemasyarakatan ke suatu daerah, kemudian hasil kajian itu disusun dalam bentuk tulisan singkat, dan akhirnya diterbitkan sebagai bentuk laporan. Tentu saja, materi penugasan tersebut adalah yang berkaitan dengan materi pelajaran yang diajarkan, yang sesuai dengan program yang  terdapat dalam kurikulum. Pendidik bisa menyesuaikannya sendiri.  

 

                Lebih lanjut, adapun tujuan yang  akan dicapai dengan menggunakan metode ini adalah untuk (1) meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga warisan sosial dan budaya masyarakat, (2) meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pengumpulan data, dan (3) meningkatkan keterampilan menulis.

 

                Oleh sebab itu, apabila pendidik menerapkan metode foxfire ini. Pendidik mustinya dapat memenuhi dua persyaratan sehingga bisa metode ini jadi terlaksana, yakni :

 

 1). Pendidik  bersedia bekerja sama dengan siswa untuk membimbing dan memberi petunjuk kepada siswa.

 

2). Hasil kegiatan pengumpulan data harus diadministrasikan dengan baik untuk memudahkan pekerjaaan pendidik dan siswa.

 

                Ada beberapa  kelebihan dalam menerapkan metode foxfire ini yang sangat luar biasa.

 

1). Siswa akan memiliki keterampilan dalam proses pengumpulan data dari lapangan.

 

2)  Siswa akan memiliki keterampilan dalam menulis.

 

3). Adanya  kerja sama yang bersinergis antara sekolah dengan penerbit.

 

4). Memberikan bekal keterampilan kepada siswa untuk dapat memperoleh penghasilan melalui menulis.

 

5). Hasil karya siswa tersebut dapat diterbitkan dan laku dijual, maka kegiatan siswa ini akan dapat menghasilkan pendapatan yang luar biasa (generate income).

 

 

                Untuk selanjutnya bila ada kelebihan tentu ada juga kelemahannya. Kelemahan dari metode ini adalah ;

 

1). Memerlukan waktu yang cukup lama.

 

2). Menyulitkan Waka Kepala Sekolah Bidang Kurikulum untuk membuat jadwal  pelaksanaan metode ini.

 

3). Diperlukan pendidik yang  berkemampuan untuk membimbing siswa untuk dapat menulis.

 

 

                Berhubung karena menggunakan waktu yang cukup lama dan juga melibatkan berbagai pelaku pendidikan lainnya. Maka metode foxfire ini hanya bisa dilaksanakan dalam bentuk model penugasan proyek. Waktu yang digunakan adalah di luar jam belajar siswa. Metode ini sangat relevan  dengan pembelajaran kurikulum 13 berkenaan karena ada kompetensi dasar yang mengarah kepada penggunaan metode ini. Bahkan sangat dianjurkan sekali khususnya guna dalam penekanan karakteristik siswa untuk lebih meningkatnya rasa keaktifan dalam berkreatifitas dan berinovatif sesama teman sebaya.

 

                Untuk langkah-langkah pelaksanaannya, kita buka saja link  **(censored)**

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang keren, Bun. Makasih ilmunya

26 Oct
Balas

Ulasan menawan nan informatif. Sehat dan suksess elalu Bu cantik

26 Oct
Balas

Ulasannya keren banget dan bermanfaat, makasih Bu atas berbagi pengetahuannya

26 Oct
Balas

Luar biasa ulasannya bunda semoga kita dapat menerapkan metode pembelajaran di kelas yang menarik serta inovatif juga sesuai kebutuhan dan perkembangan anak salam sukses selalu bun

26 Oct
Balas

Benar Bunda sesuai dengan kebutuhan. Terima kasih salam literasi Bunda.

27 Oct

Mantap. Ulasan yang informatif dan menginspirasi.Sukses seklalu bunds

26 Oct
Balas

Mantap. Ulasan yang informatif dan menginspirasi.Sukses seklalu bunds

26 Oct
Balas

Terima kasih ulasannya, Bu. Informatif dan mencerahkan. Salam sukses.

26 Oct
Balas

Metode ini bagus sekali bun mungkin ke tempat wali songo untuk mendalami kiprah para wali saat menyebarkan ilmu agama islam dan siswa jadi paham tentang banyak hal misalnya ajaran pokok yang di sampaikan para wali lalu di diskusikan tentu seru sekali

26 Oct
Balas

Bisa juga Bun. Bagaimana budaya hidup para wali dalam kesehariaannya. Mungkin ada keistimewaan yang sangat perlu ditirui.Terimakasih masukkannya.

26 Oct

Bagus ulasannya Bunda, bermanfaat menambah pengetahuan, salam sukses selalu

26 Oct
Balas

Keren sekali tayangannya, mantap, sehat dan sukses selalu Bu cantik

26 Oct
Balas

Metode baru yang menginspirasi. Sukses untuk Bunda Alina. Barakallahu fiikum

26 Oct
Balas

wah jadi tambah pengetahuan tentang metode yang dapat meningkatkan minat literasi siswa salam sukses bun

26 Oct
Balas

Benar Bunda tapi Ini cuma metode Bunda. Tidak musti dipaksakan. Karena menulis bisa tentang apa saja dan di mana saja. Kita musti sesuaikan dengan kondisi.

27 Oct

Ulasan yang sangat keren dan informatif bu Alna semoga sukses selalu

26 Oct
Balas

sangat mencerahkan dan informatif ulasannnya. sehat selalu bunda Alina Said.

26 Oct
Balas

mantap keren cadas... ulasan keren menewen, mencerahkan... salam literasi sehat sukses selalu mbak Alin

26 Oct
Balas

Ulasan yang mantap dan informatif...salam sehat dan sukses selalu Bu Alins

26 Oct
Balas

Ulasan keren, menambah pengetahuan

26 Oct
Balas



search

New Post