Ali Santoso

Nama saya Ali Santoso, saya lahir di Kota Lumajang. Saat ini saya tinggal di Jakarta menekuni bisnis kuliner bersama istri dan teman-teman. Menulis jadi h...

Selengkapnya
Navigasi Web
RX KING MENJADI WASILAH BERANGKAT KE MAKKAH
sumber : kreativ.com

RX KING MENJADI WASILAH BERANGKAT KE MAKKAH

# Tantangan gurusiana Hari Ke – 12

Kebanggaan seorang pemuda pada masa itu adalah memiliki sebuah motor yang bisa menjadi alat transportasi untuk mengantarkan ibu belanja ke pasar. Nongkrong bareng teman teman dengan saling memamerkan motor yang dimilikinya. Pada masa itu motor bekas dengan harga Rp 1 juta ditahun 1990 sudah tergolong lumayan apik. Moto yamaha merek RX King saat itu lagi naik daun , entah kenapa , apabila seorang anak muda dengan penampilan necis dan memiliki sebuah motor Yamaha RX King , sudah menjadi sorotan tajam dari segi pandang masyarakat kampung kala itu.

Bermula dari sini penulis bercerita tentang sesosok anak muda yang enggan melanjutkan sekolah SMA dikarenakan nilai NEM nya kurang mendukung saat itu, disamping juga karena trauma terhadap pelajaran matematika yang saat itu guru tersebut seorang psikopat . Tukang tampar siswa bila ada siswanya yang suka kliru atau lupa mengerjakan PR matematika. Akhirnya pemuda tersebut sampai saat ini masih trauma terhadap masalah hitung menghitung. Itulah alasan pemuda ini tidak melanjutkan sekolahnya ke sekolah tingkat atas atau SMA. Keseharian pemuda ini hanya menemani ibunya memasak didapur dan kesawah ketika orang tuanya lagi menanam cabe rawit. Disawah anak muda sebatangkara ini melakukan aktifitasnya membersihkan gulma ditanaman cabe tersebut . Disela sela istirahat melepas kecapekan pemuda ini sambil menghafal Al Qur’an Surat Yaasin . Sambil mengurus tanaman itulah menghafal Al Qur’an surat yaasin dalam waktu satu bulan setengah pemuda ini khatam dan hafal surat yaasin.Cabe rawit tanaman pemuda ini tumbuh subur dan lebat buahnya , salah satunya mungkin akibat dari tanaman setiap hari diajak bicara dan mendengarkan sang perawatnya melantunkan ayat ayat suci, itulah mungkin yang dinamakan keberkahan dari Sang Maha Pencipta Kehidupan.

Tidak lama kemudian pemuda ini menghilang selama enam tahun melanglang buana menuntut ilmu dari pesantren ke pesantren lainya yang ada di pulau jawa . Sepulang dari perantauan si pemuda ini menikah dan dikaruniai empat anak perempuan yang cantik cantik. Pekerjaan si pemuda ini adalah pengrajin emas dan perak , berlanjut memiliki toko emas dengan modal awal menjual motor RX King yang dicintainya. Dalam kurun waktu sebelas tahun pemuda ini bisa memiliki tiga buah toko emas yang berlokasi di Pasar Desa Pringgowirawan kecamatan Sumber baru Kabupaten Jember. Dua toko di pasar Batu urip dan satunya lagi di pasar Bantaran Kabupaten Probolinggo.

Disamping beraktifitas di toko emas pemuda ini juga ada kegiatan lain selepas pulang dari tokonya ,yakni membantu mengajar di sebuah pesantren yang pengasuhnya atau kiyainya alumni dari Kota Makkah , beliau bernama Kh Hasanuddin Bakri Rasyid. Pesantren ini dinamakan Pondok pesantren Al Haromain. Disini pemuda ini mentranfer ilmu ilmu yang dia dapatkan dari mondoknya terdahulu. Dari pukul 17:00 wib sampai pukul 21 : 30 wib dia menemani para santri dalam belajar ilmu agama islam . Begitu seterusnya dia menjalani kehidupanya dari pasar hingga ke pesantren dekat rumahnya berjalan dalam kurun waktu hampir duapuluh tiga tahun.

Pemuda ini diberikan kesempatan oleh Allah SWT pergi ke tanah suci pada tahun 2005 pas terjadinya tragedi Gelombang Sunami Aceh saat itu. Pada saat di Kota Makkah dia bertemu dengan putra pengasuh pondok pesantren tempat dia mengajar. Namanya Lora Muhammad bin Kyai Hasanuddin Bakri Rasyid, pemuda ini diberi amanah oleh lora Muhammad yakni untuk selalu terus menerus membantu abahnya dalam mengelola pondok. Dalam pembicaraan mengenai perkembangan pondok Al Haromain , tiba tiba beliau mengulurkan sebuah sorban warna cokelat yang sangat bagus sekali. Lora Muhammad berbisik “ ini sorban kenang kenangan syech Toliqh guru aku, mohon dipakai saat mengisi khutbah jumat,” Baik Lora kata si pemuda itu.

Sepulang dari Makkah amanah itu terus dia jaga sampai sekarang, tetapi apa yang diinginkan manusia tidak sama dengan apa yang dikehendaki oleh Sang Maha Penciptanya, diawal tahun 2014 ketiga tokonya dilanda musibah , aset asetnya habis terjual , ketiga tokonya habis , keluarganya berantakan akibat pengkhianatan istrinya melarikan diri dengan laki laki lain saat itu. Naudzubillahimindzalik, tsumma naudzubillahimindzalik semoga kejadian ini jangan sampai menular ke orang lain , cukup pemuda ini saja yang mengalami ujian berat semacam ini. Semoga Allah memberikan kesabaran kepada pemuda ini, dan digantikan oleh yang lebih baik dari sebelumnya.

Pada akhirnya pemuda ini merantau ke kota Bandung , Jakarta dan Papua Barat , dengan modal harta yang masih tersisa dia berusaha melangkah dari titik Nol lagi. Bersyukur kepada Allah SWT pemuda ini akhirnya bisa menemukan pengganti ibu dari keempat putrinya yang masih kecil . Beliau seorang guru di Ibukota Jakarta yang baik , penyabar , perhatian ke anak anak, dan seorang mutivator kelas wahid di dunia pendidikan. Perjalanan kisah nyata ini semoga menjadi bagan renungan bagi para pembaca bahwa, harta yang melimpah tidak semerta merta bisa membahagiakan sang pemiliknya , ketika kedua pemilik harta tersebut berkhianat, lupa diri dan lupa sholat ,puasa ,zakat dan lain sebagainya. Sholat adalah ibadah tingkat akhir yang wajib dilakukan oleh umat muslim sehingga mengakibatkan kehidupanya bahagia di dunia dan bahagia diakhirat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah

26 Jan
Balas

Tema kita sama pak, tentang perjalanan

26 Jan
Balas

Siiipp

26 Jan
Balas



search

New Post