Alvin Siregar

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Metodologi pembelajaran
Suvervisi tindakan kelas

Metodologi pembelajaran

Metodologi dalam pembelajaran siswa itu sangatlah penting, sehingga seorang guru mungkin harus bisa menyesuaikan situasi kondisi kelas agar seorang anak yang menerima apa yang disampaikan seorang guru meresap dengan sempurna sehingga murid dapat di katakan paham dalam menerima ilmu yang telah diberikan oleh guru.

Saya adalah seorang guru di sebuah sekolah yang terletak di perkampungan, yang minoritas muridnya dapat dikatakan terjerat dalam comfort zone (zona nyaman) yang sulit untuk di kembangkan dalam segi belajar apalagi bahasa asing. Yang ternilai dari mereka adalah "ahh ribet bahasanya, masa ucapan dengan tulisan berbeda (b.inggris)".

Maka disinilah tugas saya bagaimana metode pembelajar yang harus diterapkan terhadapnya. Pada akhirnya yang pertama kali saya lakukan adalah bagaimana caranya agar mereka senang belajar bahasa asing, di situlah tugas utama saya untuk mengajak mereka agar memiliki hasrat mencintai/senang terhadap bahasa asing. Karena kita bisa mendapatkan sesuatu itu awalnya penasaran kemudian suka akhirnya mencari tau, dari sinilah kita terkadang tidak sadar bahwasannya kita bisa karena suka/senang terhadapnya....

Terkadang juga kelemahan keluhan mereka adalah ketika diberikan tugas praktik yang ia ucapkan "maaf pak saya tidak bisa cara bicaranya sulit" maka tugas saya kemudian harus memberi semangat terus agar membuat mereka percaya bahwa mereka pasti bisa "kalian tidak perlu takut karena kaliankan sedang belajar, ketika salah ya wajar, kan ada guru yang akan membimbing untuk membenaran yang salah"

Maka dari itu hasrat dan keberanian itu penting bagi saya untuk menerapkan metode pembelajaran bahasa asing pelajar kampung....

#sahabat_literasi

#curhatan_hati_seorang_guru_bahasa_asing

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post