Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Faktor Resiko Kerja Pada Koperasi

Faktor Resiko Kerja Pada Koperasi

Manajemen risiko mampu membantu proses mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, mengendalikan dan berusaha mengindari, meminimalkan atau bahkan menghilangkan risiko. Risiko di sini berkaitan dengan pendekatan atau metodologi dalam menghadapi ketidakpastian dalam bisnis.

Di bawah ini adalah faktor risiko kerja di koperasi:

Risiko kredit yang didefinisikan sebagai risiko kerugian sehubungan dengan pihak peminjam tidak bisa dan tidak mau memenuhi kewajiban untuk membayar kembali dana yang dipinjam secara penuh pada saat jatuh tempo. Risiko likuiditas yang disebabkan koperasi tidak mampu memenuhi kewajibannya yang telah jatuh tempo. Risiko operasional sebagai risiko kerugian atau ketidakcukupan proses internal sumber daya manusia dan system yang gagal atau dari peristiwa eksternal. Risiko bisnis adalah yang terkait posisi persaingan antara koperasi dan prospek keberhasilan koperasi dalam perubahan pasar. Risiko strategic adalah risiko yang terkait keputusan jangka panjang yang dibuat pengurus dan pengelola. Risiko reputasional yang terjadi karena adanya kerusakan pada koperasi yang diakibatkan dari opini publik yang negatif atau citra koperasi yang buruk di mata masyarakat. Risiko legal yang terkait dengan masalah hukum atau pelanggaran hukum yang menimpa organisasi. Risiko politik yang terjadi karena masalah politik, seperti pengurus terseret masalah politik sehingga koperasi terkena akibatnya. Risiko kepatuhan yang terjadi karena terlalu patuh pada aturan tertentu yang menghambat perkembangan koperasi.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post