Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Keunggulan, Keterbasan dan Masalah Yang Sering Dihadapi Koperasi Simpan Pinjam

Keunggulan, Keterbasan dan Masalah Yang Sering Dihadapi Koperasi Simpan Pinjam

Keunggulan Koperasi Simpan Pinjam Semua jenis KSP memiliki tujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat di sekitarnya, sesuai prinsip dasar koperasi dalam UU No 17 Tahun 2012. Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka, berazaskan gotong-royong dan hubungan kuat antar anggota. Jumlah simpanan wajib dan pokok tidak memberatkan karena disesuaikan dengan kemampuan setiap anggota. Pengelolaan koperasi dilakukan secara demokratis, di mana setiap anggota koperasi memiliki suara yang sama saat pengambilan keputusan. Laba yang dihasilkan digunakan untuk pembagian sisa hasil usaha (SHU) pada akhir periode, dengan adil sesuai peran jasa masing-masing. Badan usaha bersifat mandiri. Pelaksana demokrasi ekonomi pada masyarakat ekonomi lemah. Memiliki kemudahan dalam memberikan pinjaman modal usaha. Secara langsung maupun tidak, memberikan pendidikan perkoperasian. Kerjasama kuat antar koperasi. Keterbatasan Koperasi Simpan Pinjam Tidak meratanya kesadaran berkoperasi para anggota. Daya saing lemah. Keterbatasan dan kesulitan mendapatkan modal. Terbatasnya kapabilitas tenaga profesional dalam pengelolaan. Kadang terjadi konflik kepentingan antar anggota. Masalah yang Sering Dihadapi Koperasi & Manajemen Risikonya

Meskipun koperasi mampu berkembang dengan baik, ada beberapa masalah klasik yang sering dihadapi sebuah koperasi seperti:

Lemahnya partisipasi anggota Kurangnya pemodalan Pemanfaatan Pelayanan yang kurang maksimal Lemahnya Pengambilan keputusan Lemahnya pengawasan, dan Manajemen risiko

Masalah-masalah di atas memiliki potensi risiko yang tampak dan terindentifikasi, sehingga berangkat dari permasalahan umum tersebut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post