Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Manfaat Teknologi Bagi Mahasiswa dan Dosen, mana yang penting!
Alvonsus glori

Manfaat Teknologi Bagi Mahasiswa dan Dosen, mana yang penting!

Peran TI sebagai pemberdaya civitas akademika perguruan tinggi berkaitan erat dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan yang berlangsung cepat. Perkembangan sains mendatangkan tantangan tersendiri bagi dosen dan mahasiswa.

Penting sekali bagi dosen dan mahasiswa untuk beradaptasi agar mampu menghadapi kecepatan tersebut dan mempertahankan daya saing yang dimiliki.

Internet menjadi “senjata” penting yang efektif dan efisien bagi civitas akademika perguruan tinggi karena memberikan akses terhadap pembaruan-pembaruan khususnya di bidang ilmu pengetahuan yang dipelajari.

Pemanfaatan search engine seperti Google membantu dosen dalam menyediakan materi ajar mutakhir dan berkualitas bagi mahasiswanya. Untuk memudahkan proses pencarian, dosen dapat menggunakan kata kunci yang relevan sesuai kebutuhan materi ajar.

Sementara itu, mahasiswa mampu memberdayakan dirinya dengan memanfaatkan situs-situs web di internet yang menyediakan berbagai jenis sumber atau referensi ilmiah. Mulai dari jurnal, artikel, e-book, atau lainnya.

Terlepas dari kemudahan ini, mahasiswa tetap harus cermat dalam menyaring referensi. Misalnya hanya mengambil publikasi ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan sebagai rujukannya.

Internet tidak hanya menyediakan sumber-sumber dalam format teks. Ada banyak referensi pengetahuan yang dikemas dalam format multimedia secara menarik, diantaranya:

Rekaman audio/video berisi kuliah yang disampaikan oleh dosen dari berbagai perguruan tinggi dunia. Ini memungkinkan mahasiswa mempelajari materi berkualitas melalui kuliah virtual tanpa terbatas ruang dan waktu. Animasi 2D/3D tentang fenomena ilmu pengetahuan mempermudah dosen maupun mahasiswa mendapatkan ilustrasi yang lebih konkret. Rekaman audio/video yang memaparkan hasil penelitian, pendapat ahli, debat akademik, atau lainnya. Film mengenai hasil olahan dari lembaga-lembaga penelitian yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja yang membutuhkannya.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post