Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mars Penggerak Merdeka Belajar (PENDEKAR) BBGP Jawa Timur
Alvonsus Glori

Mars Penggerak Merdeka Belajar (PENDEKAR) BBGP Jawa Timur

Pentingnya Lagu Mars PENDEKAR (Penggerak Merdeka Belajar BBGP Provinsi Jawa Timur

Kurikulum merupakan satu sistem yang bertujuan untuk pemajuan kualitas pendidikan, dan tidak bisa dilepaskan dengan komponen penggerak didalamnya. Pendekar merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan Indonesia, diluncurkan BBGP Jawa Timur dengan tujuan memberikan kemerdekaan belajar bagi para guru, siswa dan komunitas pendidikan. Seiring dengan diluncurkannya program penggerak merdeka belajar ini, sebuah lagu mars berjudul "Mars Pendekar (Penggerak Merdeka Belajar) " diciptakan untuk menyemangati para Penggerak Merdeka Belajar BBGP Provinsi Jawa Timur dalam menjalani proses pembelajaran yang mengarah pada pemajuan kualitas pendidikan

Lagu "Mars PENDEKAR (Penggerak Merdeka Belajar) " memiliki peran penting dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Berikut beberapa alasannya:

1. Menanamkan Semangat Merdeka Belajar

Lirik lagu ini penuh dengan semangat dan optimisme yang menumbuhkan rasa ingin tahu dan motivasi belajar para penggerak pendidikan. Lagu ini mengajak semua komponen penggerak untuk menjadi pembelajar yang aktif dan kreatif, serta tidak takut untuk mencoba hal-hal baru.

2. Memperkuat Pemahaman tentang Kurikulum Merdeka

Lagu ini menjelaskan beberapa poin penting tentang Kurikulum Merdeka, seperti fokus pada pengembangan karakter dan profil pelajar Pancasila, pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan peran guru sebagai fasilitator.

3. Membangun Rasa Solidaritas dan Semangat Juang

Lagu ini dinyanyikan bersama-sama, sehingga dapat membangun rasa solidaritas dan semangat juang di antara para penggerak pendidikan yang langsung berhadapan dengan para siswa. Hal ini penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan kondusif.

4. Media Sosialisasi Kurikulum Merdeka

Lagu "Mars Pendekar (Penggerak Merdeka Belajar) " dapat menjadi media sosialisasi yang efektif untuk memperkenalkan pola pembelajaran Merdeka kepada masyarakat luas. Lagu ini mudah diingat dan dinyanyikan, sehingga dapat menjangkau berbagai kalangan masyarakat.

5. Meningkatkan Motivasi dan Semangat Penggerak

Lagu ini juga dapat menjadi sumber motivasi dan semangat bagi para guru dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka. Lagu ini mengingatkan para guru penggerak tentang pentingnya peran mereka dalam membimbing para siswa untuk menjadi pembelajar yang merdeka.

Kesimpulan

Lagu "Mars PENDEKAR (Penggerak Merdeka Belajar)" memiliki peran penting dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Lagu ini dapat menumbuhkan semangat belajar para penggerak pendidikan, memperkuat pemahaman tentang Kurikulum Merdeka, membangun rasa solidaritas dan semangat juang, menjadi media sosialisasi Kurikulum Merdeka, dan meningkatkan motivasi, semangat guru dan siswa. 

Ajakan

Mari kita bersama-sama menyanyikan lagu "Mars PENDEKAR (Penggerak Merdeka Belajar)" dan mewujudkan Merdeka Belajar di Indonesia.

Sumber:

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia: https://www.kemdikbud.go.id/ Lagu Mars Pendekar (Penggerak Merdeka Belajar) - YouTube: https://youtu.be/Hzeuad3ZgLE?si=j7G_3YTEtJyYAaSn
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam kenal balik, salam semangat pemajuan pendidikan

02 Apr
Balas

Salam kenal dari jember

02 Apr
Balas

Mantap

02 Apr
Balas

Terima kasih komandan

05 Apr

Sama sama

05 Apr



search

New Post