Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemanfaatan Teknologi dalam penelitian ilmiah
Alvonsus glori

Pemanfaatan Teknologi dalam penelitian ilmiah

keberadaan teknologi informasi yang terus berkembang dengan cepat menyediakan kemudahan baru. Sehingga penyelenggaraan beragam penelitian dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Dalam proses penelitian, teknologi informasi menunjang banyak hal, antara lain:

a. Sumber Daya Referensi

Membantu menyediakan sumber daya referensi lebih banyak secara mudah, cepat, tepat, dan efisien. Ini berkat adanya referensi digital seperti e-book, e-journal, e-library, dari seluruh dunia yang dapat diakses kapan saja melalui internet.

b. Komunikasi Virtual

Mempermudah kolaborasi antar peneliti dengan dukungan fasilitas teknologi dan komunikasi seperti email, chat group, video conference, dan sebagainya. Sehingga peneliti dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berinteraksi, bertukar pikiran, berkoordinasi secara virtual.

c. Implementasi E-Laboratory

Laboratorium memainkan peranan penting dalam pelaksanaan riset. Saat ini, sebagian besar laboratorium berupa perangkat digital yang dipersenjatai berbagai aplikasi canggih, kompleks, dan mahal. Implementasi e-laboratory yang diwujudkan melalui teknologi internet dan jaringan memudahkan peneliti dalam mengakses serta menggunakan laboratorium secara jarak jauh.

d. Publikasi

Di era digital, karya tulis atau jurnal akademik tidak harus dipublikasikan melalui konferensi yang memakan waktu lama serta biaya cukup besar.

Kini peneliti dapat menerbitkan karya tulis atau jurnal ilmiah ke seluruh dunia secara cepat, tepat, dan efisien. Ini dapat dilakukan dengan mempublikasikan e-book atau e-journal ke berbagai situs terkemuka sehingga dapat segera dimanfaatkan secara luas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap! Terimakasih sharingnya!

11 Apr
Balas



search

New Post