Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Peran Anggota Koperasi Kredit Simpan Pinjam Sangat Esensial

Peran Anggota Koperasi Kredit Simpan Pinjam Sangat Esensial

Peran anggota koperasi sangat penting sesuai tujuan bersama untuk menyejahterakan anggotanya. Setiap anggota koperasi tentu memiliki tanggung jawab yang sama besarnya secara umum. Tanggung jawab yang dimaksud adalah membangun dan memajukan koperasi bersama-sama dengan hak serta kewajibannya masing-masing. Peranan dari tiap anggota dalam memajukan koperasi sangat besar. Tidak menutup kemungkinan jenis kontribusi anggota koperasi dapat berubah seiring perubahan dan dinamika kelembagaan koperasi, bahkan berubah sesuai dinamika pengelolaan koperasi yang digawangi oleh para pengurus koperasi yang memiliki periode masa bakti tertentu, antara lain :

Mengkontribusi modal koperasi Keanggota koperasi telah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Secara umum anggota koperasi tentu dibutuhkan kontribusinya secara materiil, dalam hal ini adalah memberikan sejumlah modal yang nantinya akan dihitung dari kontribusi anggota tersebut (tidak hilang), untuk selanjutnya akan dikelola sedemikian rupa untuk menjalankan usaha koperasi. Modal yang terkumpul dari anggota ini yang umumnya berupa simpanan wajib dan sukarela akan dihimpun dan digunakan atau disalurkan kembali dalam bentuk pinjaman bagi anggota koperasi simpan pinjam.

Koperasi yang lain misalnya Koperasi Serba Usaha, maka modal yang dihimpun dari anggota ini akan digunakan untuk mendirikan warung atau supermarket yang akan menjual barang-barang yang dibutuhkan anggota, mendirikan kantin, atau usaha lainnya.

Anggota koperasi yang menyadari akan peran penting ini akan dengan penuh kesadaran memberikan modal kepada koperasi, karena hal ini akan ditatalaksanakan dengan baik, sekaligus akan mempengaruhi perhitungan Sisa Hasil Usaha (SHU) sesuai banyaknya modal dan aktivitas anggota tersebut untuk kemajuan koperasi.

Merekrut banyak orang Bagi jenis koperasi tertentu yang anggotanya adalah masyarakat umum, maka peran anggota koperasi yang sangat penting adalah, bagaimana anggota tersebut mengajak orang lain untuk menjadi anggota koperasi untuk memperkuat modal dan usaha koperasi. Istilah umum sering kita dengar misalnya member get member. Kenapa melakukan seperti itu?

Orang-orang yang direkrut oleh anggota koperasi itu akan dijadikan anggota koperasi. Tiap orang yang masuk menjadi anggota koperasi tentu harus mematuhi aturan main yang diberlakukan, salah satunya perihal pembayaran simpanan. Misalnya, simpanan wajib, simpanan pokok, dan simpanan sukarela. Anggota baru koperasi perlu membayar simpanan yang sudah disepakati bersama. Uang hasil pembayaran tersebut akan masuk ke dalam kas koperasi untuk dijadikan modal bersama. Modal itu nantinya akan dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam berbagai unit usaha yang ada. Dengan begitu, koperasi akan semakin maju dan berkembang karena makin banyak orang bergabung menjadi anggotanya.

Selain itu semakin banyaknya anggota koeprasi, maka akan terdapat tambahan ragam kebutuhan anggota koperasi. Dengan mengedepankan bahwa koperasi adalah organisasi yang digunakan untuk kemanfaatan anggota bersama, maka kebutuhan baru anggota ini berpotensi menjadi bisnis baru atau usaha baru bagi koperasi.

Meningkatkan kesejahteraan anggota Koperasi didirikan untuk kepentingan anggota. Untuk hal ini maka anggota koperasi yang memahami benar perannya dalam organisasi akan memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan koperasi, karena seluruh upaya koperasi adalah juga untuk kepentingan dirinya. Anggota koperasi akan saling terkait untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

Membantu program pemerintah Peran lain dari anggota koperasi adalah bahwa dirinya atau dengan menjadi anggota koperasi, maka seseorang secara tidak langsung telah membantu program pemerintah, membantu menggerakkan ekonomi kecil di sekitarnya.

Program pemerintah apa yang dapat dibantu dengan berdirinya sebuah koperasi? Program pengentasan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran. Dua masalah yang hingga sekarang masih menjadi kendala pembangunan bangsa Indonesia. Selama dua masalah itu masih belum teratasi, maka bukan tidak mungkin Indonesia belum bisa keluar dari kategori negara berkembang.

Koperasi hadir di tengah masyarakat untuk membantu menyelesaikan dua masalah tersebut. Pasalnya, koperasi membantu masyarakat di kelas kecil dan menengah untuk bisa bangkit dari keterpurukan. Salah program yang ditawarkan, yaitu peminjaman modal dengan bunga kecil. Bahkan, ada juga koperasi kemasyarakatan yang tidak memungut biaya apapun ataupun memberikan bunga pada uang yang dipinjam oleh anggotanya. Tentu saja ada aturan main yang harus dipahami dan ditaati terlebih dulu.

Begitu juga kaitannya dengan mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Koperasi akan membantu permodalan bagi masyarakat umum yang ingin serius merintis sebuah bisnis atau usaha di berbagai bidang. Kemandirian finansial menjadi tujuan yang diharapkan, sehingga tidak tergantung lagi dengan orang atau pihak lain.

Koperasi memang sangat membantu masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah dalam bidang perekonomian. Semua itu tidak akan berjalan sukses tanpa ada peran anggota koperasi yang bekerja dengan penuh semangat dan setulus hati.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post