Amalia Damaianti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Naskah Drama Pesan Badai

Tantangan hari ke 6 #

Berdasarkan puisi Perahu Kecil.

ADEGAN 1

Seorang laki-laki sedang membersihkan jaring dan tempat ikan di teras rumah. Istrinya mengantarkan sarapan.

Istri

Belum selesai?

Suami

Sebentar lagi.

Istri

Ini, makan dulu!

Suami

Iya, sebentar lagi kumakan. Letakkan di belakangku!

Istri

Nanti keburu dingin, Mas.

Suami

Iya, iya, Bu.

ADEGAN 2

Laki-laki itu duduk di kursi, bersebelahan dengan istrinya. Ia cepat mengambil makanannya, kemudian dimakan.

Istri

Mas.

Suami

Iya. (mengunyah makanan)

Istri

Kapan kehidupan kita kembali seperti dulu?

Suami

Sabar! (menelan makanannya)

Istri

Padahal kita sudah berusaha memperbaiki, ya, Mas. Tapi masih saja begini.

Suami

Ya, mungkin ibadah kita perlu ditingkatkan lagi.

Istri

Selama ini aku juga sudah ibadah, tetap saja begini. Selalu kurang, tidak pernah lebih.

ADEGAN 3

Laki-laki itu meletakkan piring di bawah kursinya. Istrinya lekas mengambilkannya segelas minuman.

Suami

Mengembalikan keadaan semula itu tidak bisa instan, Bu.

Istri

Tapi katamu, aku harus berusaha dan berdoa. Itu sudah aku lakukan.

Suami

Ya, seperti itu harus rutin. Tidak hanya pas kita susah, Bu.

Istri

Apa Tuhan terlalu marah dengan kita, ya, Mas?

Suami

Tuhan itu malah sayang dengan kita, Bu. Lihatlah! Kita masih diberi kesempatan menikmati kehidupan ini di gubuk kita.

Istri

Iya, ya, Mas. Sampai-sampai aku tidak sadar.

Suami

Sabar dan lakukan yang terbaik. (membelai rambut istrinya)

Istri

Iya, Mas. Terima kasih, sudah mengingatkanku.

Suami

Pasti, Bu.

ADEGAN 4

Laki-laki itu mengelap sepeda milik istrinya.

Istri

Nanti siang pulang kan, Mas?

Suami

Ya, pulang, Bu. Tapi hanya numpang salat di rumah Warno, terus melaut lagi. Tidak pulang ke rumah.

Istri

Biar kubawakan makan siang, nanti, Mas.

Suami

Lah, kamu tidak jadi ke kantor pos?

Istri

Jadi, Mas, sekalian mau ambil uang jual ikan kemarin di Mbak Lastri.

Suami

Wah, terima kasih. Kalau begitu, Mas berangkat dulu. (mengangkat jaring)

Istri

Hati-hati, Mas. (mencium tangan suaminya)

Suami

Assalamualaikum.

Istri

Walaikumsalam.

Laki-laki itu berjalan membawa peralatan melautnya.

ADEGAN 5

Matahari sama sekali tidak menyengat. Langit hitam pekat. Sepertinya akan turun hujan. Perempuan itu tiba di rumah Warno. Ia tidak canggung, masuk ke dalam rumah.

Istri

Sedang apa, Mbak?

Mbak Lastri

Ini, masak buat Mas Warno. Tapi, kok, belum pulang juga. Biasanya kan sama suamimu.

Istri

Loh, belum pulang? Kupikir sudah melaut lagi. Tadi saya antri panjang di kantor pos, Mbak. Jadi, baru ke sini. Ini, juga kubawakan makan siang untuk suamiku.

Mbak Lastri

Tidak biasanya mereka belum pulang. Sebentar lagi asar.

Istri

Saya jadi khawatir, Mbak.

Mbak Lastri

Sudah, doakan saja.

ADEGAN 6

Seorang laki-laki tergopoh-gopoh menuju rumah Warno. Ia pun langsung masuk.

Jalu

Assalamualaikum.

Mbak Lastri

Walaikumsalam. Kenapa kamu panik begini?

Jalu

Begini, Mbak. (panik)

Istri

Kenapa? (penasaran)

Jalu

Ada badai di laut. Tapi Mas Warno dan Mas Badai belum juga mendarat. Sudah kuperingatkan untuk pulang, tapi mereka masih melanjutkan tangkapan.

Mbak Lastri

Kenapa kamu baru bilang? Biarkan aku menyusyul.

Jalu

Berbahaya, Mbak. Lebih baik di sini saja. Doakan mereka. Biar kami yang mencari.

Istri

Ujian apa lagi, ya Tuhan.

Mbak Lastri

(memeluk perempuan itu) Sabar, Mbak. Kita doakan saja.

Jalu

Sabar, Mbak. Ya, sudah saya pamit. Saya mau membantu warga mencari mereka. Assalamualaikum.

Mbak Lastri

Walaikumsalam. Hati-hati. (berteriak)

Satu bulan berlalu, belum ada yang menemukan mereka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post