Amalia Rahma Dona

Mahasiswi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi UNISSULA Sri Dewi Wahyundaru Email: [email protected] ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengujian Pengendalian Pada Kas

Pengujian Pengendalian Pada Kas

Kas adalah uang tunai yang dapat digunakan untuk transaksi setiap saat. Idealnya perusahaan tidak menyimpan uang tunai, karena uang tunai yang disimpan merupakan modal mati. Namun demikian, perusahaan selalu perlu menyimpan uang tunai karena beberapa alasan atau motif, yaitu motif transaksi, motif penjagaan, dan motif spekulasi. Disamping ketiga motif tersebut penyediaan uang tunai juga bermanfaat untuk memperoleh potongan tunai (cash discount), dan meningkatkan posisi kredit (credit standings).

Pengendalian kas atau cash control adalah Kegiatan atau proses untuk mengendalian uang tunai yang dimiliki perusahaan agar jangan terlalu kecil, sehingga membahayakan likuiditas atau terlalu besar sehingga menurunkan kemampulabaannya. pada dasarnya, tujuan pengendalian kas adalah mencapai kas yang optimal.

Pengujian pengendaliana membantu auditor dalam mengevaluasi apakah pengendalian atas transaksi sudah cukup efektif guna mendukung pengurangan penilaian risiko pengendalian, sehingga mengurangi pengujian substantif, serta menjadi dasar laporan auditor dalam hal penerapan pengendalian internal auditan.

Pemahaman Struktur Pengujian Pengendalian Internal siklus adalah pertimbangan lingkungan pengendalian, informasi dan komunikasi (system akuntansi), penaksiran risiko pemantauan dan aktivitas pengendalian.

a. Lingkungan Pengendalian

Titik tolak pemahaman struktur pengendalian intern siklus kas adalah pemahaman lingkungan pengendalian atas kas. Pemahaman dapat diperoleh dari :

1. Pengajuan pertanyaan

2. Mempelajari bagan organisasi

3. Menelaah deskripsi tugas

Pemegang kas dan pengelola kas dibank harus memiliki pengalaman dan kompetensi yang memadai untuk mengelola kas.

b. Penaksiran Risiko

Penaksiran risiko entitas untuk tujuan pelaporan keuangan adalah pengindentifikasi, menganalisis, dan pengelolaan risikoyang relevan dengan penyusunan laporan keuangan yang disajikan secara wajar sesuai dengan prinsip akuntansi. Karena kas merupakan aktiva yang paling likuid, maka manajemen perusahaan harus benar-benar mempertimbangkan fungsi yang terlibat dalam siklus kas.

c. Informasi dan Komunikasi (Akuntansi)

Akuntansi harus memahami kompetensi personil akuntansi dan bagian EDP yang bertanggungjawab atas pengelolaan transaksi kas. Jadi kaitannya dengan informasi dan komunikasi mencakup metode dan catatan yang digunakan untuk :

1. Mengidentifikasi dan mencatat semua transaksi yang terkait dengan siklus kas dan setara kas .

2. Menjelaskan pada saat yang tepat transaksi dalam siklus kas secara cukup, rinci, dan memungkinkan adanya penggolongan masing-masing transaksi itu untuk pelaporan.

3. Mengukur nilai transaksi dari siklus kas dengan tepat.

4. Menyajikan transaksi dalam siklus kas dengan semestinya dan pengungkapan yang berkaitan dengan laporan keuangan.

d. Aktivitas Pengendalian

Aktivitas pengendalian yang relevan dengan audit atas transaksi dalam siklus kas dapat digolongkan menjadi beberapa kebijakan dan prosedur yang berkaitan dengan :

1. Review kinerja

2. Pengelolaan informasi

3. Pengendalian fisik

4. Pemisahan tugas.

Waktu Pengujian pengendalian dapat dilaksanakan pada dua saat, yaitu:

a. Selama pekerjaan interim

b. Pada saat mendekati akhir tahun

Dalam menentukan risiko pengendalian, auditor perlu:

a. Mengidentifikasi salah saji potensial yang dapat terjadi untuk asersi tersebut.

b. Mengidentifikasi pengendalian yang dapat mencegah atau mendeteksi salah saji.

c. Menghimpun bukti dari pengujian pengendalian apakah rancangan dan operasi

pengendalian relevan adalah efektif.

d. Mengevaluasi bukti yang diperoleh

e. Menentukan risiko pengendalian.

Referensi :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pengendalian_kas#:~:text=Kas%20adalah%20uang%20tunai%20yang,yang%20dapat%20digunakan%20setiap%20waktu.&text=Namun%20demikian%2C%20perusahaan%20selalu%20perlu,motif%20penjagaan%2C%20dan%20motif%20spekulasi

https://ukirama.com/id/blogs/ketahui-cara-pengendalian-internal-terhadap-kas

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post