AMINI

Guru Bahasa Indonesia di SMPN1 Nganjuk.., lulusan Fak Sastra Univ Jember.., suka menulis puisi, sajak, syair.., padahal jurusan kuliahnya lebih bergelut dgn lin...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Tiada Henti
Tantangan gurusiana

Belajar Tiada Henti

Menulis itu mengasyikkan. Sarana berekspresi tentang apa saja. Yang dilihat, yang didengar, yang dirasa, yang diharap, yang dialami, atau yang lainnya.

Ekspresi itu bisa diwujudkan dalam berbagai jenis tulisan. Bisa puisi, bisa pentigraf, bisa cerpen, bisa cerbung, atau yang lainnya.

Kebebasan berekspresi inilah sejatinya arti dari seorang penulis. Tulis saja ide yang muncul, dalam bentuk apa saja. Turuti kata hati dan tuangkan dalam tulisan. Biarkan ide itu mengalir begitu saja, apa adanya, jangan dihentikan sebelum rasa hati ingin berhenti. Dan jangan pula dilanjutkan jika kata hati ingin berhenti.

Setelah kata hati dirasa sudah tertuang semua, bacalah hasil tulisannya. Dari sana kita bisa melakukan penyuntingan kalimat sendiri. Jika kurang, tambahkan. Jika berlebih, kurangi. Jika dirasa kurang pas, sesuaikan. Niscaya tulisan akan mengalir menuruti kata hati.

Dari waktu ke waktu kualitas tulisan akan terjaga dengan baik. Apalagi jika diikuti dengan menambah referensi dari buku atau karya penulis yang lain. Dari sana kita bisa belajar, terus-menerus memperbaiki kualitas, sekaligus menambah konten tulisan menjadi lebih berisi lagi.

Begitulah proses yang terus-menerus dilakukan untuk meningkatkan kualitas tulisan. Perkara dihargai atau tidak, diapresiasi atau tidak oleh penulis lain, ciptakan mainstream bahwa itu bukan urusan kita. Yang menjadi tugas kita adalah terus dan terus meningkatkan kualitas tulisan kita. Jenis bacaan kita pun bisa ditambah. Seiring waktu, tulisan kita akan menemukan takdirnya. Kalau tidak hari ini, ya besok. Kalau tidak di sini ya di sana. Dan itu pasti. Insyaallah.

#Nganjuk12122020

#tantanganharike-323

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Super bunsay, sepakat dgn apa yg diuraikan, kembalikan ke niat awal menulis utk melatih diri agar berproses mnjd lbh baik, entah kini, besok, disini atau d lain tempat tulisan kita suatu hari akan mnjd jejak yg akan trs diingat

12 Dec
Balas

Ya Bun, karena sesungguhnya hanya berusaha melakukan yg terbaik, dgn benar, maka kebaikan dan kebenaran itu pd akhirnya akan menghampiri kita.

12 Dec

Super bunsay, sepakat dgn apa yg diuraikan, kembalikan ke niat awal menulis utk melatih diri agar berproses mnjd lbh baik, entah kini, besok, disini atau d lain tempat tulisan kita suatu hari akan mnjd jejak yg akan trs diingat

12 Dec
Balas

Terima kasih support dan apresiasinya. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

Sepakat, Adik! Selama masih punya kesempatan, teruslah menulis dan berharap tulisan kita bermanfaat. Ulasan keren dengan penutup yang mantap. Semoga sukses selalu

13 Dec
Balas

Aamiin... Terima kasih support dan apresiasinya, Enin sayang. Kegiatan menulis sekarang lebih terarah. Alhamdulillah, Barakallah..

13 Dec

Sepakat Bu. Mari selalu menulis. sehat dan sukses selalu

12 Dec
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

Keren banget..menulis ibarat merangkai sejarah kehidupan diri sendiri... terima kasih sudah berbagi ilmu yang bermanfaat. Salam semangat Bunda cantik.

14 Dec
Balas

Menulis meciptakan dunia baru sesuai yang diharapkan. Keren ulasannya semoga sukses selalu buat Ibu Amini

12 Dec
Balas

Terima kasih apresiasinya Pak. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

Setuju, Bu. Terus menulis, menulis dan menulis... Sehat dan sukses selalu untuk Ibu...

12 Dec
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

Sangat perlu buat referensi

12 Dec
Balas

Benar

12 Dec

Kalimat closingnya keren banget tuh. Sepakat jeng

12 Dec
Balas

Terima kasih apresiasinya Umi cantik. Semoga bermanfaat.

12 Dec

ulasan yang luar biasa bucan, terus semangat menulis dan salam literasi

12 Dec
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda. Semoga bermanfaat. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

Artikel yang renyah padahal daging semua. Super sekali, Bunda...

12 Dec
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

benar ibu cantik... Setuju dengan ibu.. Sukses selalu buat ibu cantik yang keren, hebat dan lembut hatinya.... Salam santun

12 Dec
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda cantik. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

Setuju Bun, meski kadang bingung saat kehilangan mood dan ide. Sehat selalu bunda, terimakasih tulisannya

12 Dec
Balas

Sama-sama Bunda. Semoga bermanfaat. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

Mantap bunda. Sukses selalu.

12 Dec
Balas

Terima kasih apresiasinya Bu Ros. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

Tulisan yang bermanfaat Bund. Semoga Kita tetap bersemangat utk belajar.

12 Dec
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

Setuju bunda ... Terus belajar untuk mengasah kemampuan menulis. Salam sukses selalu.

12 Dec
Balas

Terima kasih Bunda, semoga bermanfaat. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

Setuju sekali bunda. Keren bunda. Sukses salalu yap

12 Dec
Balas

Terima kasih apresiasinya Bunda cantik. Salam sehat dan sukses selalu.

12 Dec

Menulis untuk menuagkan ide Lanjutkan

12 Dec
Balas

Terima kasih Pak.

12 Dec

Menilis juga belajar untuk lebih baik.

12 Dec
Balas

Benar sekali Bunda.

12 Dec



search

New Post