Amin Sakir

Saya adalah guru di SDN Kertagena Laok 1 Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Kemarin, Hari ini, dan Esok

Kemarin, Hari ini, dan Esok

Penulis : Amin_S

Kita sering mendengar kalimat "Biarlah waktu yang menjawabnya" atau "Hanya waktu yang bisa menyembuhkan". Dan masih banyak kalimat-kalimat lain yang serupa. Tapi, apa benar sebegitu hebatnya waktu?

Waktu adalah satu konsep abstrak sehingga menimbulkan banyak perdebatan dalam mendefinisikannya. Namun pada tulisan ini, saya akan menggunakan pengertian waktu sebagai sebuah rangkaian masa (kronos). Oleh karena waktu merupakan rangkaian, maka setiap waktu sebelumnya akan memberi pengaruh pada waktu sesudahnya. Secara kronologis, kita punya tiga titian waktu. Kemarin, hari ini dan besok.

Kemarin adalah waktu yang telah kita lewati dan tak mungkin bisa diulang. Tapi, hari kemarin bukan sekedar waktu yang lewat lalu kita lupakan. Masa yang sudah kita lampaui kemudian lupa kita toleh kembali. Hari kemarin adalah cermin. Tidak salah jika sejenak menoleh ke belakang. Mencermati jejak langkah yang telah kita lewati. Kita telaah warna warninya. Adakah jejak positif yang sudah kita torehkan dan bagian mana yang belum sempurna kita lakukan.

Hari kemarin adalah ladang tempat mengaca. Melihat potret diri dengan segala lebih dan kurangnya. Hari kemarin adalah potret diri yang paling jujur. Bukan seperti kamera selfi di handphone, setelah gambar diambil, kemudian diatur, dipercantik, dan dipoles sedemikian rupa. Gambar tak sesuai aslinya.

Hari ini adalah hari dimana kita berada. Sedang menghela napas, mendengar, melihat, tertawa, tidur, beribadah, bekerja, atau malah sedang bengong karena tidak tahu apa yang harus dilakukan. Apa yang kita hadapi hari ini bukan sesuatu yang berdiri sendiri. Bukan keadaan yang benar benar baru. Tapi merupakan dampak dari apa yang terjadi kemarin. Sekarang kita merasa bahagia karena kemarin dapat rejeki tidak terduga. Hari ini kita merasa bersemangat lantaran kemarin baru dapat bonus dari atasan. Atau sebaliknya, sekarang kita merasa sedih karena kemarin mengalami rugi dalam bisnis. Hari ini kita (khususnya jomblo) merasa hilang gairah karena kemarin baru nembak cewek tapi ditolak. Nah, bijaknya, setelah melakukan refleksi, hari ini harus lebih baik dari kemarin. Apa yang kemarin salah bisa dikoreksi. Apa yang kemarin belum sempurna bisa diperbaiki hari ini. Kalau kita guru, mungkin kemarin siswa kita nampak kurang bergairah saat belajar, hari ini kita bisa gunakan metode belajar yang lebih menarik. Kalau kemarin ada siswa yang murung karena tidak bisa mengerjakan tugas. Hari ini kita klarifikasi apa sebab dan bagaimana solusinya.

Hari esok adalah dunia harapan dimana kita bisa memancang keinginan setingginya-tingginya. . Hari esok adalah magnet kesuksesan yang merangsang kita untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif dan memilih cara kerja yang lebih efektif. Hambatan dan tantangan pasti ada dan mesti kita lewati. Tapi, dengan bekal yang sudah kita lakukan kemarin dan hari ini, kita bisa menatap masa depan dengan optimis. Menyusun langkah-langkah baru, memetakan hambatan yang mungkin terjadi, memprediksi tantangan, dan memperbaiki strategi.

Laju waktu tidak mungkin kita cegah. Waktu akan mengalir sesuai hukumnya sendiri. Tapi, kita bukanlah penari yang meliuk pasrah dalam dendang iramanya. Kitalah sang pengatur waktu. So, lupakan kalimat soal kehebatan waktu di awal tulisan. Karena waktu tidak akan pernah menyelesaikan apapun jika tidak kita isi dengan gerak perubahan. Semoga kita menjadi manusia yang pandai memanfaatkan waktu, sehingga setiap detiknya membawa kita pada arah kebaikan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post