Aminudin, S. Kom

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
LEGENDA LANCABUYUR (25) Agro Sayur Dan Argo Sawah

LEGENDA LANCABUYUR (25) Agro Sayur Dan Argo Sawah

#Tantang Tulis hari ke 34 dari 60

Selain tersedianya fasilitas pada Objek Wisata Lancabuyur yang telah tersebut, juga tersedia akses menuju Sawah Si Janggleng. Di Sawah Si Janggleng sangat cocok untuk Wisata Agro Sayur dan Agro Sawah.

Wisata Agro Sayur meliputi wisata edukasi argo sayur dan manfaat wisata edukasi sehingga anak-anak dapat mengenal alam, mengenal kegiatan pertanian, menghargai orang lain, pandai bersyukur.

Wisata Agro Sawah meliputi wisata edukasi argo sawah meliputi jenis dan tekstur tanah, mengenal alat pertanian sehingga tahu kegunaan alat pertanian dan cara menggunakannya.

Wisata Edukasi Agro Sayur

Anda tentunya mengetahui, bahwa makanan empat sehat manusia berasal dari tumbuhan. Buah, sayur, biji dan umbi yang dihasilkan diolah kemudian menjadi makanan butuh waktu lama dan proses panjang. Berawal dari mengolah tanah, menanam, merawat, memanen, sampai memasak membutuhkan waktu berbulan-bulan. Memasaknya pun membutuhkan waktu.

Manfaat Wisata Edukasi

Generasi muda, khususnya anak-anak sekarang seharusnya mengetahui proses tersebut. Walaupun secara praktek tidak melakukan proses tersebut semua. Cukup beberapa di antaranya. Paling tidak secara teori banyak mengetahui tentang proses tersebut. Karena manfaat mengetahui bagaimana makanan sampai terhidang di meja banyak manfaatnya.

Manfaat Wisata Edukasi Agro Sayur yang dapat diambil antara lain :

Mengenal Alam

Proses mengolah tanah, menanam dan merawat tanaman hingga panen serta merawat hewan yang tenaganya dijadikan bantuan dalam menggerakan alat pertanian merupakan bagian dari kegiatan alam.

Anak-anak yang tinggal di kota, kegiatan tersebut hampir bisa dipastikan tidak pernah ada di wilayah kota besar.

Sesungguhnya alam mengajarkan banyak hal. Dari alam kita bisa membaca dan berpikir kreatif, pengalaman berpetualangan dan imajinasi ada di dalamnya.

Tentunya suatu hal yang mengasikan jika kita mengajak anak berwisata alam sekaligus belajar akan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Mengenal Kegiatan Pertanian

Proses menjadikan tanaman menjadi makanan hingga terhidang di meja makan dan siap santap adalah merupakan kegiatan pertanian. Diantara kegiatan pertanian yaitu berkebun dan menanam di sawah, peternakan, dan perikanan.

Mengenal kegiatan pertanian meliputi perkebunan, persawahan, peterakan dan perikanan menambah wawasan anak tentang berbagai profesi, seperti petani, nelayan, dan peternak.

Kita harus berterimakasih kepada orang yang berprofesi bermanfaat bagi banyak orang dan tidak boleh dipandang kecil atau remeh.

Menghargai Orang Lain

Dengan mengetahui kegiatan pertanian membuat anak menjadi ada rasa terimakasih dan lebih menghargai orang lain dan pekerjaannya. Juga menghargai segala sesuatu yang dimakannya.

Setelah anak mengetahui proses pertanian yang telah tersevut, harapannya anak tidak sembarangan lagi membuang makanan yang dimilikinya.

Kita harus menanamkan bahwa semua makanan diperoleh dengan proses lama dan pengorbanan besar.

Pandai Bersyukur

Terpenting lagi mengetahii manfaat yang paling penting dari semua kegiatan adalah anak menjadi pandai bersyukur. Pandai mensyukuri dengan segala yang dimiliki sekarang yang telah didapat. Dengan sikap yang mensyukuri apa yang telah dimiliki akan membentuk berbagai sikap lain, seperti saling menghargai, jujur, dan bertanggung jawab.

Wisata Agro Sawah

Bentuk tekstur tanah dan kebon keduanya berbeda. Tanah kebon bentuknya gembur sedangkan tanah sawah bentuknya ulet seperti lempung.

Mengenal Peralatan Pertanian

Ada banyak peralatan kerja seperti peralatan tukang batu, tukang kayu, tukang cukur, bengkel kendaraan, pertanian dan lain-lain.

Peralatan pertanian bisa jadi anak sudah tahu sebagian, bisa jadi belum tahu sama sekali. Contoh alat pertanian yaitu cangkul, arit, berang, bendo, ani-ani, brujul, wluku, garu dan lain-lain.

Kegunaan Peralatan Pertanian

1. Cangkul untuk mencangkul tanah

2. Arit untuk membabat tanaman padi dan rumput liar

3. Bendo untuk membelah dan memotong kayu dan bambu

4. Berang untuk membabat rumput, memotong dan membelah kayu dan bambu

5. Ani-ani untuk memotong padi

6. Brujul untuk membajak sawah

7. Wluku untuk membuat tanah sawah jadi leleran

8. Garu untuk mengeriuk sampah

Cara Menggunakan Peralatan Pertanian

Anak bisa dijelaskan cara penggunaan peralatan pertanian dan dengan melihat cara menggunakannya atau praktek secara langsung.

Program Wisata Edukasi Argo Sayur Dan Argo Sawah

Objek Wisata Lancabuyut dengan konsep Pendidikan dan Rekteasi menjadikan kegiatan pertanian menjadi salah satu wahananya. Apalagi memang tempat wisata ini dikelilingi kebun dan sawah milik penduduk. Belum lagi aliran Sungai Tuk Jimat sangat membantu kegiatan pertanian. Kegiatan wisata ini melibatkan penduduk sekitar Lancabuyur.

Bersambung...

Tegal, 26 Juni 2020

Aminudin Sumbaga

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

makin inspiratif, semoga makin sukses dalam berkarya untukmu teman gurusianer

27 Jun
Balas



search

New Post