Ami Yuliastuti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ku Suka WIRON
Jajan Tradisional

Ku Suka WIRON

Wiron adalah istilah jawa yang berarti wiru atau lipatan. Nama wiron diberikan untuk jajanan tradisional yang bentuknya wiru-wiru atau lipatan-lipatan menyerupai kipas. Bentuknya yang unik ini diciptakan dengan keahlian khusus. Hanya tangan-tangan terampil yang ahli membentuknya, karena sampai saaat ini belum ada alat untuk mencetak wiron.

Wiron merupakan jajan tradisional khas Desa Sukomoro, Bibis dan Tambakmas. Didesa-desa ini banyak masyarakat yang ahli membuat wiron. Meskipun keberadaan jajan ini ada di beberapa toko oleh-oleh Magetan tetapi hanya diproduksi secara lokal di desa tersebut. Wiron banyak hadir disetiap momen lebaran dan hajatan. Diluar itu jajan ini jarang diproduksi jika tidak ada pesanan.

Wiron ini memiliki cita rasa gurih manis. Tak cukup satu kalo makan wiron. Banyak yang ketagihan dengan kelezatannya. Rasanya yang lezat siapa disangka bahan dasarnya cukup sederhana yaitu campuran tepung ketan dan telur. Jajan ini sebenarnya layak bersaing dengan berbagai jenis jajan tradisional lainnya. Dan sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Namun sayang sekali. Di beberapa sumber internet WIRON belum terdaftar sebagai jajan khas Magetan.

Mudah-mudahan tulisan ini dapat memperkenalkan jajan tradisional lezat dari Magetan yaitu WIRON.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post