Ana Rohdiana, M.Pd.

Penulis adalah seorang Guru Bahasa Inggris di SMPN Unggulan Sindang Indramayu Jawa Barat. Lulusan Pasca Sarjana Univ Negeri Surabaya tahun 2017, penerima beasis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wisuda ke-90 Universitas Negeri Surabaya

Wisuda ke-90 Universitas Negeri Surabaya

Alhamdulilah ya Rabb akhirnya kami para guru SMP se Indonesia yang meraih beasiswa S2 atau program pasca sarjana di Universitas Negeri Surabaya bisa mengikuti wisuda ke -90 di Unesa Surabaya pada 28 dan 29 Oktober 2017 yang dilaksanakan di GOR Bima Unesa.

Hari yang sangat ditunggu oleh para mahasiswa, setelah menempuh perkuliahan dengan segala suka dan dukanya. Perjalanan panjang kami dimulai pada bulan Oktober 2015 pada saat kami mengikuti tes seleksi beasiswa S2 atau Program Pasca Sarjana dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Dari ribuan pendaftar kami harus lulus seleksi secara administratif barulah kemudian kami dipanggil untuk mengikuti tes berupa tes potensial akademik atau TPA dan tes Bahasa Inggris. Sekitar 2000 an guru pendaftar hanya 500 orang yang terpanggil tes dan 300 orang yang dinyatakan lulus dari tempat tes Jogjakarta. Kami yang dinyatakan diterima akan ditempatkan untuk mengikuti perkuliahan di 4 PTN yaitu Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI Bandung) dan Universitas Negeri Surabaya. Suatu kebanggan bagi kami bisa menjadi mahasiswa program pasca sarjana di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris. Kami berasal dari seluruh kota/ kabupaten di Indonesia. Indramayu, Mojokerto, Tangerang, Banjar, Yogyakarta, Bandung, Jambi, Aceh, Toraja, Medan, Lampung, NTB, Madura, Magelang, Cilacap, Palembang, Riau, Kalimantan dan Sulawesi. Sungguh beruntung bisa mengenal rekan-rekan guru dari berbagai latar belakang budaya dan keberagaman Indonesia.

Selama kurang dari 2 tahun kami harus berpisah dengan suami atau istri tercinta dan anak-anak kami untuk melaksanakan tugas belajar ini. Perjuangan yang begitu berat akhirnya mengantarkan kami pada cerita indah prosesi wisuda. Wisuda bukan akhir dari sebuah perjalanan kami tapi merupakan awal perjalanan kami khususnya para guru SMP untuk mengamalkan ilmu yang telah didapat untuk kemajuan anak didik di sekolah kami dan kemajuan pendidikan di daerah kami masing-masing. Wisuda ke-90 Universitas Negeri Surabaya sendiri, kali ini mengambil tema " Wisudawan Universitas Negeri Surabaya siap Menjadi generasi cerdas berintegritas. Tema wisuda tersebut diambil sebagi bentuk partisipasi Unesa terhadap pembangunan nasional. Seperti yang disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Surabaya Prof.Dr. Warsono, M.S. dalam sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa dalam proses belajar mengajar ada satu faktor atau variabel yang sangat menentukan keberhasilan studi yaitu motivasi para mahasiswa. Jika mahasiswa memiliki motivasi yang kuat untuk belajar dan maju, akan menjadi ( kekuatan) untuk berhasil. Motivasi untuk terus belajar dan maju ini harus tertanam kuat dalam setiap jiwa wisudawan. Dengan demikian wisudawan Unesa siap berpartisipasi untuk kemajuan bangsa, sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Wisuda ke -90 diikuti oleh 2900 lulusan yang terdiri dari Ahli Madya , Sarjana, Magister dan Doktor.

Penulis adalah salah satu wisudawan dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra jurusan Bahasa Inggris dan guru Bahasa Inggris di SMPN Unggulan Sindang Indramayu Jawa Barat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post