Ana Yudha

Guru...

Selengkapnya
Navigasi Web

Let's go to Jogja or Bali bersama English Camp (Tagur 301 dan 283)

English Camp, salah satu program dari Prodi Bahasa MTs N 1 Probolinggo yang baru launching pada awal tahun pelajaran 2022/2023. Program ini merupakan program yang di fokuskan pada kegiatan pembelajaran intensif bahasa Inggris dengan target siswa dapat berkomunikasi berbahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari.

Pembelajaran bahasa Inggris yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Meliputi pemahaman penggunaan kosa kata yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari serta menerapkan 4 model setoran hafalan. Diharapkan dengan metode ini siswa dapat dengan mudah mengingat phrase dan dapat mempraktikkannya.

Dan diakhir kegiatan English Camp ini siswa melakukan praktik lapangan langsung ke Bali atau Jogja untuk bertemu langsung dengan foreigner atau English native speaker.

Kegiatan English camp dilaksanakan 4 hari dalam satu minggu. Kegiatan ini dilaksanakan secara intensif agar siswa dapat menyerap lebih banyak serta menghafal dan mempraktikkannya dengan teman sejawat. Dan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa, test dilaksanakan setiap minggu sekali yaitu di hari minggu beserta materikulasi berupa grammar, pronounciation dan structure.

Metode yang digunakan untuk memorizing phrase cukup simple yaitu dengan metode memorizing check dengan beberapa steps. Checking one sampai dengan checking four dimana pada masing-masing checking ini memiliki guideline sendiri. Sehingga dengan metode checking ini siswa tidak merasa jika mereka sedang menghafal baik kalimat positif, negatif ataupun kalimat tanya dengan partnernya.

Secara natural siswa langsung menghafal kalimat tersebut dengan susunan kalimat yang benar kemudian pada saat metrikulasi inilah baru siswa diperkenalkan atau mengetahui pola grammar dan structurenya.

Jadi memorizing yang digunakan bukan menghafal satu persatu berupa setoran yang terkadang membuat siswa dan trainersnya merasa bosan. Serta bukan pula menghafal rumus-rumus grammar dan structure yang terkadang cenderung membuat kita menjadi malas untuk belajar grammar.

Trainers atau guru pendamping adalah guru MTs N 1 Probolinggo sendiri dan consultantnya salah seorang pendiri sekaligus owner dari salah satu english course yang ada di kampung English Pare Kediri. Sehingga dari kerja sama ini diharapkan nantinya dapat membawa hasil yang maksimal. Karena diharapkan siswa tidak hanya dapat mengahafal saja akan tetapi nantinya siswa dapat menggunakan bahasa inggris secara natural dan dapat perform baik berupa English Speech, ataupun story telling.

Nah, untuk praktik lapangan ke Bali atau ke Jogja merupakan salah satu cara untuk praktik secara langsung dengan foreigner. Sebagaimana yang kita ketahui di kedua daerah tersebut banyak turis asing yang sedang berwisata. Maka siswa siswi MTs N 1 Probolinggo di akhir program nantinya juga dapat berwisata menikmati keindahan alam Bali atau Jogja sekaligus dapat bercakap-cakap langsung dengan touris asing tersebut.

So, let's join English Camp then..... go to Bali or Jogja!!!!!!!

Sweet Home, 11/10/2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

11 Oct
Balas



search

New Post