Ana Yudha

Guru...

Selengkapnya
Navigasi Web

Musim Nggak Enak Badan (Tagur 308 dan 290)

Musim berganti, hujan mulai terus turun. Begitu pula dengan daya tahan tubuh kita. Terkadang fit dan terkadang drop. Apalagi seperti saat ini, tubuh mudah terserang penyakit. Terutama flu dan batuk terkadang juga demam dan panas.

Ada yang mengatakan lagi musim tidak enak badan. Sebenarnya minggu ini sudah lumayan tidak separah beberapa waktu yang lalu. Saya lupa bulan apa akan tetapi di hari itu teman-teman mengatakan "Rabu bekasan". Rabu bekasan merupakan hari dimana balak banyak diturunkan. Dan terasa saat itu memang hawanya lebih tidak enak dan banyak yang terserang penyakit. Terutama flu, batuk dan pilek.

Musim tidak enak badan ini memang seharusnya badan yang harus diperkuat. Daya tahan tubuh kita yang harusnya dapat melawan segala macam penyakit.

Banyak usaha yang dapat kita lakukan untuk tetap menjaga tubuh kita fit dan segar bugar. Bisa jadi dengan berolahraga ringan setiap hari, dengan melakukan hobi kita dengan begitu tubuh kita terus bergerak dan ada juga yang meminum obat vitamin ataupun minuman dari herbal.

Semenjak covid 19 beberapa waktu yang lalu, obat herbal menjadi obat yang murah dan banyak digunakan oleh masyasakat luas. Masih ingat saat itu ibu saya membuat minuman herbal dari campuran kunyit, temu lawak dan campuran tanaman obat yang lain. Hampir tiap hari kami minum ramuan tersebut.

Memang beda, tubuh lebih merasa nyaman dan enteng serta segar bugar. Oleh sebab itu kami rutin meminumnya untuk membuat tubuh kami fit.

Beberapa waktu yang lalu saya juga mencoba meminum teh bunga telang. Kebetulan di depan rumah saya menanam bunga telang. Akhirnya kami panen. Dan saya minum sebagai minuman herbal.

Awalnya saya iseng melihat bunga berwarna ungu kebiru-biruan di depan TPA anak saya. Setiap kali menjemput dan menunggu saya berhenti di tempat yang sama sambil melihat keindahn bunga telang tersebut. Akhirnya ketika melihat bijinya banyak yang kering, saya ambil beberapa dan saya tanam di depan rumah. Tidak perlu waktu lama, dia tumbuh subur dan dan berbunga banyak.

Ketika melihat bunga tersebut, tetangga saya senang sekali karena ternyata bunga tersebut yang selama dia cari untuk mengobati mata cucunya. Saya suruh ambil aja sebanyak-banyaknya karena memang saya hanya menanam dan menikmati keindahan bunganya saja.

Setelah saya cek di youtube dan google ternyata bunga tersebut banyak manfaatnya. Akhirnya saya coba untuk membuat teh dan meminumnya. Benar saja, saya merasa tubuh saya lebih segar dari biasanya. Dan yang cukup enak juga mata saya yang selama ini mudah capek ketika di depan laptop atau HP, ternyata sekarang lebih kuat dan tidak mudah lelah.

Ternyata bunga tersebut memiliki banyak manfaat. Tapi tetap saya merasa kewalahan dengan cepatnya bunga dan cepat mengering. Jadi saya ambil saja secukupnya untuk menggunakan bunga tersebut menjadi minuman dingin yang menyegarkan tubuh dan mata.

Sweethome, 18/10/2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post